Ayo Menabung, Ini Dia Tips Membeli Mobil Baru Secara Cash

Jika anda berencana untuk membeli mobil baru impian anda dengan cara cash, maka tips membeli mobil baru secara cash ini patut untuk anda ikuti. Zaman sekarang ini ada banyak orang yang tidak mau membeli mobil dengan cara kredit karena berbagai macam alasan. Mungkin alasan mereka adalah karena biaya kredit mobil yang dibayarkan jauh melebihi biaya membeli mobil secara tunai, mungkin juga mereka tidak ingin menjalani hidup dengan dibebani cicilan mobil yang harus secara rutin dibayarkan.

Jika anda ingin segera memiliki mobil tanpa harus mencicil, berikut ini ada tips membeli mobil baru secara cash yang patut untuk anda coba. Simak ulasan tipsnya berikut ini.

  • Sesuaikan mobil yang ingin anda beli dengan kemampuan ekonomi anda saat ini

Tips membeli mobil baru secara cash - Sesuaikan mobil yang ingin anda beli

Ini adalah langkah awal yang harus anda pertimbangkan saat anda ingin membeli mobil baru. Hitung dulu kemampuan ekonomi serta budget anda disesuaikan dengan harga mobil baru yang dapat anda beli dengan budget tersebut. Memang semua orang ingin mempunyai mobil mewah nan mahal, namun demikian anda tetap harus bersikap realistis dengan budget yang anda miliki. Lihatlah penghasilan anda setiap bulan dan pengeluaran apa saja yang harus anda bayar setiap bulannya. Setelah anda menghitung kemampuan budget anda, pilihlah mobil baru dengan harga yang dapat dibeli dengan tabungan anda. Dengan mengikuti tips membeli mobil baru secara cash ini, maka anda akan lebih mempunyai rencana yang terarah untuk membeli mobil baru dengan cepat dan tepat.

 

  • Pangkaslah pengeluaran harian serta uang belanja anda

Tips membeli mobil baru secara cash - Pangkaslah Pengeluaran harian

Tips membeli mobil baru secara cash yang kedua ini adalah dengan meminimalisir pengeluaran anda untuk kebutuhan sehari-hari. Setidaknya kurangi budget belanja harian anda dan hindari membeli sesuatu  yang tidak penting. Seperti contoh, anda bisa memotong uang yang anda gunakan untuk membeli rokok sehingga uang tersebut anda tabung sebagai tabungan untuk membeli mobil baru secara cash. Hal ini sangat erat hubungannya dengan bagaimana anda mengatur manajemen keuangan anda dengan baik.  Jadi mulai sekarang hindari membeli barang apapun yang tidak ada manfaatnya serta kurangi pengeluaran belanja harian sehari-hari.

(Baca Juga: Daftar Mobil Baru Murah Dibawah 100 Juta Beserta Review Singkatnya)

  • Hemat itu adalah pilihan. Hiduplah dengan hemat!

Tips membeli mobil baru secara cash - Hemat

Poin nomor tiga ini sangat erat kaitannya dengan poin ke 2 diatas. Jika anda ingin tips membeli mobil baru secara cash maka anda perlu untuk belajar hidup hemat. Jangan salah paham dulu ya, hidup hemat disini bukan berarti anda hidup sebagai orang pelit. Anda bisa tetap hidup hemat namun tetap membeli kebutuhan yang harus dibeli jika hal itu memang perlu. 

Bagaimanakah caranya agar kita bisa hidup lebih hemat? Anda dapat mengubah hal-hal kecil yang anda lakukan yang membutuhkan pengeluaran uang namun sebenarnya dapat diminimalisir. Seperti contoh jika anda suka makan diluar, maka anda bisa menggantinya dengan makan dirumah atau membawa bekal ke kantor. Selain itu masak sendiri itu lebih hemat dan sehat dan juga sisa uang belanja bisa anda menabung untuk membeli mobil secara cash.

  • Monitor selalu pengeluaran anda secara rutin

Tips membeli mobil baru secara cash - Monitor Selalu Pengeluaran

Tips membeli mobil baru secara cash ini sama dengan tips yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya. Dengan memantau uang yang anda keluarkan setiap harinya akan membuat manajemen keuangan anda menjadi lebih terarah, sehingga tabungan dapat dialokasikan untuk dapat membeli mobil. 

Mulai sekarang ambillah sebuah buku tulis kosong dan buatlah monitor atau daftar pengeluaran yang anda lakukan setiap harinya. Dengan memantau pengeluaran anda setiap harinya, maka anda akan dapat mengevaluasi aktivitas manakah yang sering membutuhkan pengeluaran yang banyak. Selain itu, dengan memantau pengeluaran uang secara rutin akan membantu anda untuk dapat menggunakan uang secara bijaksana.  Sebagai tambahan, jika anda kurang suka menulis di buku, anda dapat menuliskan pengeluaran anda melalui ponsel. Ada banyak aplikasi yang dapat anda unduh di playstore yang kegunaannya untuk memonitor budget sehari-hari.

(Baca Juga: Hindari Kerugian dengan Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas)

  • Sisihkan uang anda untuk ditabung setiap harinya

Menabung setiap hari merupakan sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Jika anda sudah mengerti harga mobil idaman yang ingin anda beli, sekarang adalah saatnya untuk mulai eksekusi plan atau rencana. Sisihkan uang untuk anda tabung tidak peduli seberapa kecilnya nominal uang itu. Jika anda menabung setiap hari maka hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan membuat anda semakin mudah untuk menyisihkan uang untuk ditabung. 

Dengan melakukan tips membeli mobil baru secara cash ini, anda tidak hanya dapat membeli mobil baru yang anda inginkan, tetapi anda juga akan memiliki kebiasaan menabung untuk membeli hal-hal yang lain.

 

  • Buatlah rekening tabungan yang khusus untuk menyimpan tabungan anda

Menabung di rumah tidaklah masalah. Akan tetapi, mungkin anda tanpa sadar akan memakai uang tersebut untuk keperluan yang lain. Hal ini juga pernah saya alami sebelumnya. Ketika saya menabung di rumah, terkada timbul godaan untuk membeli sesuatu yang pada akhirnya mengurangi jumlah tabungan saya. Namun saat saya menaruh tabungan saya di bank, godaan untuk membeli sesuatu yang lain akan hilang. 

Jadi intinya anda disarankan untuk membuka rekening yang hanya dikhusukan untuk menyimpan tabungan untuk membeli mobil baru. Jika anda mencampurkan tabungan mobil anda dengan tabungan anda yang lain maka anda akan kesulitan untuk menghitung tabungan anda yang seharusnya anda gunakan untuk membeli mobil. Lebih gawatnya lagi mungkin tabungan tersebut anda keluarkan untuk kepentingan yang lain. Karena alasan-alasan tersebut diatas, kami menyarankan anda untuk membuka rekening tabungan khusus untuk membeli mobil agar anda dapat segera membeli mobil baru secara cash.

 

  • Carilah penghasilan uang tambahan

Poin selanjutnya tentang tips membeli mobil baru secara cash ini adalah mencari sumber penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama anda. Mungkin anda dapat melakukan pekerjaan tambahan diluar jam kerja utama anda atau ketika hari libur. Contoh penghasilan tambahan yang dapat anda lakukan adalah dengan membuka bisnis dengan skala kecil-kecilan atau menjadi seorang pekerja lepas (freelancer). Jaman sekarang ini ada banyak sekali hal yang dapat anda lakukan dengan bermodalkan koneksi internet untuk mencari pundi-pundi penghasilan tambahan, seperti contoh: Menjadi seorang YouTuber, membuat website dan memasan iklan, menawarkan jasa/skill yang anda miliki dan lain-lain sebagainya. Uang yang terkumpul dari pekerjaan tersebut nantinya bisa untuk ditabung sehingga anda dapat membeli mobil baru yang sudah anda incar. Selain itu, manfaat yang didapat dari mencoba hal baru tersebut adalah dapat membantu anda mendapatkan pengalaman baru.

 

  • Menyimpan bonus uang yang anda terima

Ketika anda mendapat tambahan uang seperti THR (Tunjangan Hari Raya), anda pastinya akan merasa gembira dan ingin untuk segera menggunakan uang tersebut untuk membeli barang yang anda inginkan. Akan tetapi jika anda ingin segera membeli mobil baru secara cash, maka anda disarankan untuk menyimpan bonus yang anda terima seperti THR. Sehingga anda dapat segera membeli mobil baru yang anda inginkan.

Total
8
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts