Yuk Pahami, Tips membeli mobil bekas untuk pemula

Tips membeli mobil bekas untuk pemula

Bagi anda yang masih awam masalah jual beli mobil dan berniat beli mobil bekas, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli bekas tertentu. Hal ini dibutuhkan agar tidak mudah tertipu ketika membeli mobil tersebut. Mobil-mobil bekas tentunya memiliki banyak kekurangan dibandingkan mobil baru, sehingga dibutuhkan kecermatan dan pemahaman yang baik ketika ingin membeli mobil bekas, apalagi bagi calon pembeli pemula yang belum pernah membeli mobil bekas dan tidak memiliki pengetahuan baik mengenai mesin. Oleh karena itu, Anda yang masuk ke kategori ini bisa mempertimbangkan beberapa tips membeli mobil bekas untuk pemula dibawah ini:

Pasaran mobil second atau bekas di Indonesia lumayan terbilang kompetitif. Karena harganya yang murah, mobil bekas juga bisa dikatakan cocok bagi pembeli pemula yang ingin memiliki memiliki mobil pertamanya.

Sebelum memahami lebih jauh tentang bagaimana cara membeli atau tips membeli mobil bekas untuk pemula, ada beberapa hal penting yang perlu dipahami terlebih dahulu. Salah satunya masalah brand juga mempengaruhi mobil seperti apa yang Anda inginkan. Berikut ada beberapa mobil bekas yang perlu dipertimbangkan bagi pembeli pemula:

Toyota Avanza

Tips membeli mobil bekas untuk pemula - Toyota Avanza

Disebut sebagai mobil sejuta umat, mobil bekas Toyota Avanza cukup bisa direkomendasikan pagi pemula. Meskipun dikategorikan sebagai mobil Low MPV, mobil ini telah populer sejak awal-awal tahun 2000-an dan memberi jaminan keselamatan dan kenyamanan yang baik.

Mengenai harga, mobil bekas Toyota Avanza rata-rata dibanderol dengan rentan harga 60 sampai 85 juta rupiah tergantung dengan tahun pembelian, tipe, dan kondisinya.

Daihatsu Xenia

Tips membeli mobil bekas untuk pemula - Daihatsu Xenia

Rekomendasi untuk mobil bekas lainnya adalah Daihatsu Xenia, yang disebut sebagai saudara dari Toyota Avanza. Mobil MPV ini cukup laris di pasar Indonesia, karena memiliki mesin yang baik dengan tipe 1.0 liter dan ada juga 1.3 liter dan menggunakan VVT-I Dohc sebagai teknologinya.

Range rata-rata harga mobil ini untuk bekas nya adalah antara 60-an dan 70-an juta tergantung dengan tipe, tahun dan kondisinya.

(Baca Juga: Daftar Mobil Baru Murah Dibawah 100 Juta Beserta Review Singkatnya)

Toyota Kijang Innova

Tips membeli mobil bekas untuk pemula - Toyota Kijang Innova

Mobil bekas Toyota Kijang Innova masuk ke kategori Mid MPV dan memiliki kelas dan fitur di atas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dengan kapasitas mesin diesel 2.5 L, mobil ini mempunyai kabin yang luas dan lega. Bagi yang ingin mencari mobil besar yang nyaman, mobil ini sangat bisa direkomendasikan. Untuk harganya tergolong lebih mahal dibanding Avanza dan Xenia yakni di kisaran 100 juta hingga 200 juta rupiah.

Honda Jazz

Tips membeli mobil bekas untuk pemula - Honda Jazz

Mobil bekas Honda Jazz bisa dipertimbangkan bagi Anda yang ini mencari mobil hatchback. Honda Jazz merupakan mobil perkotaan yang sporty dan elegan dan juga memberi kenyamanan yang baik bagi pengemudinya. Ada 2 tipe yang ditawarkan, yaitu 1.2 L dan 1.4 L. Kisaran harga untuk mobil bekas Honda Jazz adalah 80 hingga 100 juta rupiah.

Honda Brio

Tips membeli mobil bekas untuk pemula - Honda Brio

Saat ini Honda Brio menjadi mobil yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Penjualan mobil baru nya melebihi penjualan mobil Toyota Avanza yang biasanya mendominasi pasar penjualan mobil. Modelnya yang elegan dan harganya yang relatif lebih murah dibanding Low MPV membuat mobil ini menjadi opsi utama untuk banyak pembeli pemula. Harga mobil bekas Honda Brio rata-rata berada di kisaran antara 70 jutaan dan 90 jutaan rupiah.

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

Setelah mengetahui beberapa jenis mobil berdasarkan brand yang bisa menjadi pilihan Anda untuk membeli mobil bekas, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips membeli mobil bekas untuk pemula:

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Budget Anda

Kita harus menyesuaikan budget atau penghasilan yang kita punyai dengan kebutuhan akan mobil tersebut. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli mobil dengan harga di atas kemampuan atau penghasilan, karena nanti akan menyulitkan apalagi ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Juga harus diperhatikan bahwa mobil bekas akan membutuhkan perhatian yang lebih sehingga kemungkinan kita akan mengeluarkan biaya-biaya perbaikan yang lebih besar dibandingkan dengan membeli mobil baru.

Belilah Mobil dari Tangan Pertama

Anda disarankan untuk membeli mobil dan mendatangi langsung pembeli pertamanya. Memang apabila Anda pergi ke showroom, Anda akan melihat banyak pilihan mobil. Akan tetapi, ini akan membuat harga mobil tersebut lebih mahal dibandingkan dengan membeli langsung ke tangan pertama.

Kelebihan lain dari membeli mobil dari tangan pertama adalah orang pertama tersebut akan memahami dengan baik kondisi mobilnya. Negosiasi dengan orang pertama tersebut bisa dibilang bisa lebih mudah dibandingkan dengan negosiasi dengan pihak showroom.

Anda Perlu Mengecek Rangka dan Eksteriornya

Pengecekan terhadap bodi fisik adalah sangat penting. Kita sebaiknya bisa memastikan bahwa komponen utama tertentu seperti kap mesin, kaca, dan pintu mobil masih orisinil. Jika kita mengalami keraguan, bisa kita tanyakan ke teman yang paham tentang mobil itu. Selain itu, kita juga perlu memastikan kondisi cat mobil apakah baik atau tidak. Rangka utama mobil tersebut harus dipastikan kokoh.

Mobil sebaiknya tidak ada bekas perbaikan atau kecelakaan. Kalua pun ada bekas tersebut, kita bisa coba memastikan bagaimana kondisi rangkanya setelah mengalami kecelakaan tersebut.

(Baca Juga: Tips dan Cara Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan)

Pastikan Kondisi Interior terutama AC dalam Kondisi Baik

Salah satu tips membeli mobil bekas untuk pemula adalah memastikan AC nya dan fitur interior lainnya di mobil tersebut dalam kondisi baik. Selain AC, yang perlu diperhatikan juga adalah switch lampu dan audio nya apakah normal atau mengalami gangguan. Anda perlu mencoba duduk di setiap kursinya dan memastikan apakah nyaman atau tidak. Kemudian, Anda juga perlu memeriksa karpet, plafon dan dashboard mobil tersebut apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Memastikan Kondisi Mesin Mobil dengan Cara Test Drive

Ini merupakan hal yang sangat penting dalam tips membeli mobil bekas untuk pemula. Ketika di-starter, Anda harus pastikan mesin bersuara dengan baik dan tidak ada suara getaran kasar. Perhatikan juga apabila ada kebocoran di komponen mesin. Pastikan juga kondisi transmisi, rem dan kaki-kaki-nya pada mobil tersebut.

Cek Surat-surat Mobil dan Dokumen Mobil lainnya

Tips membeli mobil bekas untuk pemula lainnya adalah Anda perlu memastikan mobil tersebut dilengkapi dokumen dan surat-surat yang lengkap, seperti BPKB, STNK dan faktur. Jika mobil bersifat built-up, pastikan untuk menanyai Form A nya. Setelah itu, Anda perlu mencocokan antara nomor mesin dan nomor rangka dengan surat-surat atau document yang diperlihatkan oleh penjual. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa nama yang tertera di dokumen tersebut sesuai dengan nama asli dari pemilik. Oleh karena itu, Anda juga perlu untuk melihat kartu identitas dari si penjual.

Survey Pasar

Salah satu tips membeli mobil bekas untuk pemula lainnya adalah survey pasar. Sebelum membeli, Anda perlu mengetahui dengan pasti kisaran harga mobil tersebut di pasaran, mulai dari variabel tahun pembeliannya dan juga kilometer yang sudah ditempuh.

 

Berikut diatas tips membeli mobil bekas untuk pemula yang dicoba. Semoga bermanfaat…

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts