Hindari Kerugian dengan Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas 

Tips memilih mobil bekas berkualitas memang sangat dibutuhkan jika Anda hendak membeli mobil bekas, hal ini untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Mobil bekas sendiri banyak dijadikan sebagai alternatif ketika belum bisa membeli mobil baru. Membeli mobil bekas pun tentunya harus yang masih bagus, dalam artian mesin mobil dan kondisinya masih sangat baik.

Mobil bekas biasanya dijual dengan harga yang lebih murah, namun jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Ada banyak hal uang harus diperhatikan saat hendak membeli mobil tersebut, hal ini sering kali dilupakan oleh pembeli awam. Sehingga mendapat kerugian setelah membeli, yakni mobil tersebut memiliki banyak kekurangan dan kerusakan yang membuat Anda menjadi rugi. 

Ada banyak jenis mobil yang bisa Anda pilih dengan harga yang lebih bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Sama halnya seperti akan membeli mobil haru, Anda juga akan merasa sulit dalam memilih jenis mobil yang akan dibeli. Sebaiknya pilih mobil yang sesuai dengan fungsinya untuk meminimalisir rasa bingung pada diri Anda. 

 

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas dan Harga Terjangkau

Ada banyak pertimbangan yang dilakukan dalam memilih mobil bekas yang berkualitas. Sebaiknya hindari rasa percaya karena melihat bagian luar mobil yang tampak baik-baik saja dengan kondisi yang masih sangat bagus. Hal ini karena bisa saja, mesinnya memiliki banyak kerusakan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli mobil bekas. 

Pilih Showroom Besar dan Terpercaya

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas - Pilih Showroom Besar dan Terpercaya

Saat membeli mobil  memang lebih baik datang langsung ke showroom baik itu mobil bekas atau baru, sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam memilih. Umumnya showroom besar memiliki lebih banyak unit mobil dengan berbagai jenis yang berbeda, yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Pastikan showroom yang Anda pilih sudah tepat dan terpercaya. 

(Baca Juga: Daftar Mobil Baru Murah Dibawah 100 Juta Beserta Review Singkatnya)

Pada tips memilih mobil bekas berkualitas ini Anda harus lebih aktif dalam bertanya, agar informasi yang didapat lebih jelas dan transparan. Jangan terburu-buru dalam memilih dan mengambil keputusan untuk membeli mobil tersebut. Anda juga bisa mendatangi showroom lainnya untuk melakukan riset dan pengamatan yang nantinya bisa Anda bandingkan, baik itu dari segi harga, kondisi dan sebagainya. 

Cari Tahu Latar Belakang Mobil

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas - Cari Tahu Latar Belakang Mobil

Saat Anda ingin membelinya dari tangan pertama langsung maka, tanyakan beberapa hal yang mungkin perlu untuk ditanya. Hal tersebut dilakukan untuk mencari tahu latar belakang mengenai mobil tersebut seperti, apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan? Dan pertanyaan lainnya. Sebaiknya Anda membeli mobil dari tangan pertama dan belum pernah mengalami kecelakaan. 

Biasanya pertanyaan tersebut diajukan pada saat Anda bertemu dengan penjual secara langsung, sebelum mulai mengeceknya. Ada banyak manfaat  yang bisa didapatkan dengan memberikan pertanyaan tersebut, salah satunya adalah informasi mengenai pemakaian dan segala sesuatu yang jelas. Tips memilih mobil bekas berkualitas seperti ini terkesan sederhana namun sangat penting. 

Cek Bodi Mobil

Tips memilih mobil bekas berkualitas - Cek Bodi Mobil

Tips memilih mobil bekas berkualitas berikutnya adalah dengan mengecek bodi mobil. Jika dirasa telah puas dengan jawaban yang diberikan oleh penjual atau petugas showroom Anda bisa mulai mengecek bodi mobil tersebut. Saat pengecekan fisik dan mesin Anda akan mengetahui kejujuran yang diberikan oleh penjual tersebut. Perhatikan dengan detail setiap bodi mobil mulai dari cat mobil, mulus atau terdapat goresan, titik-titik karat, penyok, hingga bekas tambalan dan hal lainnya. 

Bagian atas mobil juga sangat penting, plafon yang masih baik-baik saja akan terasa lebih tebal, karena berfungsi melindungi suhu dalam mobil, terlebih pada siang hari. Perhatikan juga kondisi dari ban mobil tersebut, walaupun terdengar tidak penting namun jika ban sudah tidak bagus maka Anda akan mengeluarkan uang kembali untuk menggantinya. 

Periksa Bagian Dalam Mobil

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas - Periksa Bagian Dalam Mobil

Bagian yang tidak kalah penting juga adalah dengan memeriksa bagian dalam mobil yang akan Anda beli. Pastikan mesin mobil berfungsi dengan baik, begitu juga dengan AC dan fitur yang ada pada mobil tersebut. Jok dan sarung mobil juga harus terlihat baik-baik saja, tentunya tidak robek sedikit pun dan tetap nyaman. 

Periksa kembali odometer Anda untuk melihat jarak tempuh pada mobil tersebut, pada kondisi yang baik mobil akan memiliki jarak tempuh yang normal. Hal yang dimaksud yaitu tidak terlalu banyak dan tidak sedikit, biasanya jarak tempuh pengemudi rata-rata 16.000-24.000 Km dalam setahun. Mengecek lampu, CD, TV, sensor dan sebagainya merupakan tips memilih mobil bekas berkualitas yang juga perlu dilakukan. 

(Baca Juga: 10 Perbedaan Mobil Listrik dengan Mobil Konvensional)

Memeriksa Keadaan Mesin Mobil 

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas - Memeriksa Keadaan Mesin Mobil

Selain pengecekan di atas, cara ini merupakan bagian tersulit terutama untuk Anda yang tidak terlalu paham mengenai mesin mobil. Anda bisa meminta bantuan mekanik atau teman yang lebih mengerti untuk membantu Anda dalam memeriksa keadaan mesin mobil tersebut. Biasanya bagian yang harus diperiksa adalah bagian dalam kap mesin seperti selang dan lainnya. 

Pastikan tidak ada yang mengalami kebocoran ataupun korosi, Anda bisa membuka tutup botol pada oli mesin untuk dapat memeriksa adanya buih yang menjadi tanda adanya kebocoran. Cek kembali tongkat pengukur oli transmisi untuk melihat warna oli dan isi dalam oli. Selebihnya Anda bisa melakukan test drive mobil tersebut. 

Periksa Kelengkapan Surat dan Perkakas Mobil

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas - Periksa Kelengkapan Surat dan Perkakas Mobil

Setelah Anda melakukan test drive maka tips memilih mobil bekas berkualitas yang bisa Anda lakukan lainnya adalah meminta kelengkapan surat dan juga perkakas mobil. Pada alat perkakas atau (tool kit)  ini berupa kunci, obeng dan sebagainya, hal ini berguna jika Anda mengalami mogok ditengah jalan. 

Kelengkapan surat-surat merupakan hal yang sangat penting, diantaranya adalah memeriksa STNK, BPKB dan juga surat pendukung lainnya yang berkaitan dengan mobil Anda. Dalam memastikan keabsahan surat tersebut bisa dilakukan pengecekan secara online, untuk mengetahui tidak adanya masalah pada kendaraan, sehingga aman dan jual beli Anda lebih jelas. 

Jika dirasa ragu, ada baiknya untuk memeriksa keaslian cap dan juga tanda pengesahan pada STNK serta BPKB tersebut. Biasanya, pemeriksaan yang mudah dilakukan adalah dengan mengecek hologram yang terdapat pada surat pengesahan dibawah sinar matahari. Periksa juga kesamaan  NOKA dan NOSI pada STNK dan BPKB yang terdapat pada kap mesin bisa dijadikan sebagai  tips memilih mobil bekas berkualitas tambahan.

Tanyakan Mengenai Asuransi Mobil

Tips memilih mobil bekas berkualitas Mengenai Asuransi Mobil - Tanyakan Mengenai Asuransi Mobil

Tips memilih mobil bekas berkualitas yang terakhir adalah menanyakan tentang asuransi mobil. Setiap barang tentunya memiliki asuransi, begitu juga dengan mobil, tidak ada salahnya dalam bertanya mengenai asuransi. Jika mobil tersebut telah diasuransikan maka akan memberikan nilai tambah tersendiri untuk Anda dalam membeli kendaraan tersebut. Anda dapat meminta dokumen atau surat-surat yang menyatakan bahwa mobil tersebut telah diasuransikan. 

Anda juga perlu melakukan perlengkapan data diri melalui surat-surat serta dokumen jual beli yang telah Anda sepakati secara lengkap dan legal yakni bermaterai. Proses balik nama sendiri dapat dilakukan kapan saja selama dokumen dan pernyataan surat jual beli yang lengkap. Dengan menggunakan tips memilih mobil bekas berkualitas ini tentunya akan membantu Anda dalam mendapatkan mobil bekas sesuai keinginan Anda.

 

Itulah beberapa tips memilih mobil bekas berkualitas yang bisa anda jadikan referensi jika ingin membeli mobil bekas dan ingin mendapatkan mobil terbaik. Selamat Membaca!

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts