Yuk Simak, Tips Merawat Motor Tua Agar Tetap Prima

tips merawat motor tua

Mengetahui tips merawat motor tua adalah sebuah kewajiban bagi pengendara. Apalagi jika motor tunggangan sudah berusia tua. Biasanya pemilik memilih kendaraan tua karena ada kenangan pribadi atau menyukai hal antik.

Perawatan yang dibutuhkan untuk motor dengan usia lanjut tentu saja sangat berbeda. Layaknya manusia yang sudah masuk masa tua, motor juga membutuhkan perawatan yang kurang lebih serupa.

Pemilik wajib memanjakan kendaraan agar dapat difungsikan kembali dan tetap prima. Berbeda dengan kendaraan baru yang masih tangguh, terkadang kendaraan dengan usia lanjut membutuhkan perhatian lebih.

Kemampuan mesin yang sudah tidak sama dengan aslinya membuat pemilik wajib memahami kebutuhannya. Jika mesin tua masih tetap dipaksa dan kurang perawatan maka potensi kerusakan siap mengintai pemiliknya.

Beberapa perawatan rutin seperti pengecekan oli, kelistrikan, bahan bakar perlu diperhatikan oleh pemilik. Tiga aspek itu saja sudah sebuah standar perawatan minimal bagi kendaraan tua.

Berbeda lagi kasusnya jika Anda ingin restorasi kendaraan tua agar dapat fungsional lagi. Perawatan akan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan menjaga agar mesin tetap fungsional saja.

Pemilik juga perlu memperhatikan pemakaian pada mesin tua, karena sekali lagi daya tahannya sudah tidak prima. Jarang sekali kendaraan tua digunakan untuk keperluan sehari-hari, biasanya hanya dijadikan pajangan atau digunakan pada event tertentu.

Sebenarnya jika pengguna ingin tetap mengendarai mesin tua setiap hari bisa saja. Namun perawatan pastinya juga harus lebih teliti dan kompleks. Sehingga kemampuan mesin tetap terjaga dan bisa berusia lebih lama.

Tips Merawat Motor Tua Agar Mesin Tetap Bertenaga

tips merawat motor tua - merawat motor tua agar lebih bertenaga

Apabila pemilik menginginkan motor tua tetap memiliki tenaga untuk dikendarai terdapat beberapa rutinitas yang wajib dilakukan. Berikut ini adalah beberapa perawatan wajib bagi pemilik agar motor tetap bertenaga.

  • Rutin Mengganti Oli

Apabila motor baru membutuhkan penggantian oli setiap 2000 km sekali, maka mesin tua membutuhkan frekuensi dua kali lebih sering. Setidaknya setiap 1000 km oli mesin harus sudah diganti.

Alasannya terletak pada terdegradasinya efisiensi mesin pada kendaraan tua. Suhu tinggi yang dihasilkan pada saat pembakaran sudah lebih tinggi sehingga membutuhkan pelumas dengan kualitas prima sepanjang waktu.

  • Memilih Oli Terbaik

Jenis oli mesin yang digunakan juga harus premium. Apabila pemilik menginginkan performa tetap prima dan bertenaga maka selalu pilih oli mesin terbaik. Memang harganya akan lebih mahal dibandingkan standar.

Namun hasilnya terlihat lebih nyata saat mesin menggunakan pelumas dengan kualitas bagus. Ini juga berguna untuk mencegah mesin aus akibat kurangnya efektivitas mesin.

(Baca Juga: Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel)

  • Perhatikan Pemilihan Bahan Bakar

Ada beberapa mitos yang menyebutkan bahwa penggunaan jumlah oktan tinggi akan membuat tenaga motor tua kembali. Tentu saja ini tidak benar karena efisiensi pembakaran tergantung pada kompresi mesin.

Apabila mesin Anda tidak membutuhkan bahan bakar oktan tinggi maka tidak perlu menggunakannya. Penggunaan bahan bakar oktan tinggi sesekali dapat digunakan untuk membantu membersihkan saluran pembakaran.

Ketiga hal tersebut wajib dilakukan oleh pemilik agar kinerja motor tetap terjaga. Hal dasar tersebut bisa membuat motor tetap prima meskipun memiliki usia tua. Jadi jika pengguna ingin mempertahankan koleksinya, tips ini sangat berguna.

Tips Merawat Motor Tua yang Tidak Digunakan

tips merawat motor tua - merawat motor tua yang tidak digunakan

Motor tua memang lebih sering menjadi pajangan atau koleksi dari pemiliknya. Tentunya cara perawatan membutuhkan perhatian berbeda. Pemilik jangan sampai menyamakan perawatan motor aktif dan pasif.

Pada kendaraan koleksi pemilik tidak disarankan untuk mengisi bahan bakar dalam keadaan penuh. Isi bahan bakar agar kendaraan tetap dapat dinyalakan agar sistem kelistrikan tidak terganggu karena aki mati.

Penggunaan oli mesin juga sangat sensitif untuk kendaraan koleksi. Memilih oli kualitas prima adalah tips merawat motor tua agar kondisi mesin tidak terdegradasi, meskipun kendaraan sudah tidak aktif.

Perlu diketahui meskipun kendaraan tidak digunakan untuk sarana transportasi namun penggantian oli perlu dilakukan. Jika kendaraan hanya dipajang saja dan sekedar dinyalakan satu minggu sekali maka penggantian memang tidak perlu terlalu rutin.

Setidaknya setiap 6 bulan sekali oli mesin tetap harus diganti. Alasannya adalah agar kadar pelumas pada oli tidak mengendap. Apabila terbentuk endapan dari cairan pelumas tersebut maka akan berpengaruh signifikan pada performa.

Inilah yang jarang disadari dari para pemilik kendaraan koleksi. Biasanya pemilik membiarkan oli mesin tidak terganti selama bertahun-tahun dengan alasan kendaraan tidak dijalankan.

Padahal, berjalan atau tidaknya kendaraan tetap akan membuat kadar oli terdegradasi. Jadi penggantian secara rutin tetap wajib dilakukan. Apabila pemilik ingin memiliki koleksi yang tetap bisa dinyalakan maka hal tadi wajib dilakukan.

Tips Merawat Motor Tua dengan Kelistrikan Bermasalah

tips merawat motor tua - motor tua dengan kelistrikan bermasalah

Masalah kelistrikan merupakan hantu paling mengerikan bagi pemilik kendaraan koleksi. Karena jarang bahkan tidak pernah dinyalakan maka sering terjadi gangguan pada sistem kelistrikan kendaraan.

Apabila pemilik masih menginginkan koleksi memiliki sistem kelistrikan bekerja maka perlu diperhatikan beberapa faktor. Pertama adalah menjaga kelembaban ruangan tempat menyimpan kendaraan tersebut.

Kelembaban sangat krusial bagi kendaraan berusia tua karena dapat berdampak besar pada sistem kelistrikan. Memang motor atau mobil keluaran tua masih menggunakan teknologi terbatas dalam sistem kelistrikannya.

Jadi pemilik wajib memperhatikan kelembaban tempat penyimpanan agar tidak terjadi korsleting listrik pada saat dinyalakan. Memang hampir tidak ada kasus kendaraan koleksi meledak akibat korsleting.

Namun kasus kerusakan aki dan sistem kelistrikan sering terjadi akibat kelembaban ruangan yang tidak terjaga. Tips merawat motor tua ini wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan motor dan pemiliknya.

Jika kelistrikan motor memang sudah bermasalah, pemilik disarankan untuk merombak ulang instalasi listrik. Hal ini bertujuan agar keamanan pemilik tetap terjaga pada saat menghidupkan kendaraan.

Satu hal lagi, dengan dirombaknya sistem kelistrikan maka kendaraan akan lebih mudah dinyalakan. Jadi pemilik tidak perlu sering melakukan jumper pada aki untuk melakukan boost agar mesin dapat menyala.

Pada kendaraan usia tua perombakan kelistrikan tidak terlalu memakan biaya. Karena sistem kelistrikan masih sederhana sehingga banyak bengkel dapat mudah melakukan reparasi agar instalasi kembali prima.

Tips Merawat Motor Tua Agar Kuat Ditunggangi Setiap Hari

tips merawat motor tua - motor tua untuk sehari hari

Bagi Anda penggemar kendaraan tua dengan berbagai alasan tentu saja terdapat tips agar mesin tetap tangguh ditunggangi setiap hari. Kunci utama agar hal tersebut dapat terwujud adalah perawatan rutin.

Agar kendaraan mampu digunakan setiap hari maka perawatan mesin harus dijaga. Mulai dari penggantian oli secara rutin, pengecekan kelistrikan, dan perawatan suspensi. Motor tua memang lebih manja jika dibandingkan keluaran baru.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana penggantian oli dan pengecekan kelistrikan. Tidak terlalu banyak hal berbeda dari kedua poin tadi, tetap pilih oli terbaik, dan lakukan pengecekan kelistrikan secara rutin.

Tips merawat motor tua yang penting agar dapat ditunggangi sehari-hari adalah perawatan suspensi. Suspensi pada kendaraan berusia lanjut memang cukup sensitif sehingga lebih baik dijauhkan dari medan berat.

Biasanya shockbreaker pada motor tua akan lebih cepat mati karena masih menggunakan teknologi terdahulu. Mengganti dengan shockbreaker terbaru yang masih kompatibel dapat menjadi solusi paling mudah.

Namun bagi pemilik yang ingin mempertahankan keaslian dari tunggangan dapat melakukan beberapa hal. Pertama bisa dengan memodifikasi shockbreaker agar lebih tahan terhadap getaran ketika ditunggangi.

Kedua bisa dengan memodifikasi tabung shockbreaker agar mampu meredam getaran lebih efektif. Namun sayangnya trik kedua ini bisa membuat suspensi sedikit lebih keras dibandingkan dengan sebelumnya.

(Baca Juga: Tips Berkendara Aman Saat Hujan Cepat Sampai Tujuan)

Tips Merawat Motor Tua Paling Mudah Dilakukan

Apabila pemilik tidak ingin kerepotan merawat motor tua maka bisa menggunakan cara ini. Perlakukan kendaraan Anda seperti layaknya tunggangan baru, namun dengan durasi perawatan lebih sering.

Jika Anda memiliki kendaraan baru dengan jadwal ke bengkel setiap dua atau tiga bulan. Maka tunggangan tua harus masuk ke bengkel setiap satu atau dua bulan sekali agar performanya tetap prima.

Beberapa merk motor tua memang masih cukup tangguh untuk model perawatan seperti itu. Jadi pemilik tidak perlu terlalu kerepotan dan khawatir akan terjadinya degradasi pada kinerja kendaraan.

Memang ini tidak terlalu disarankan, karena secara umum daya tahan kendaraan lanjut usia sangat rendah. Akan lebih baik jika pemilik menggunakan transportasi lebih baru untuk keperluan sehari-hari.

Sedangkan tunggangan antik Anda masih dapat digunakan untuk gathering setiap satu minggu sekali. Akan sangat disayangkan jika kendaraan koleksi harus dipaksa bekerja ekstra keras pada usia lanjut.

Apabila terdapat suku cadang yang rusak pemilik juga akan kesulitan mencari penggantinya. Bagi pemilik awam, memperlakukan mesin tua seperti layaknya mesin baru memang sedikit berisiko.

Apabila lupa melakukan perawatan potensi terjadinya kerusakan akan lebih tinggi terhadap mesin tua. Oleh karena itu pemilik wajib mengupayakan perhatian lebih agar barang koleksi tetap memiliki performa tinggi.

Berbagai tips tadi dapat Anda aplikasikan agar motor tua tetap terasa lebih muda. Dengan menggunakan tips merawat motor tua tadi pemilik awam diharapkan lebih teliti terhadap barang koleksinya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts