Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet

Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet
Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet

Merawat suspensi motor harus dilakukan agar suspense menjadi lebih awet. Jika komponen ini tidak dirawat dengan baik, maka pemilik motor akan mengalami ketidaknyamanan ketika sedang berkendara.

Baca juga: Robot Trading Fahrenheit, Tipu Korban Hingga 5T Hilang

Suspensi motor lebih dikenal dengan nama yang populer yaitu shockbreaker. Peredam getaran ini memang sangat penting agar Anda merasa empuk ketika sedang melewati jalanan yang bergetar atau tidak rata.

Apa Itu Suspensi Motor?

Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet_Apa Itu Suspensi Motor?
Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet_Apa Itu Suspensi Motor?

Sebelum Anda mencari tahu tentang bagaimana cara merawat suspensi motor dengan baik, maka ketahui terlebih dahulu tentang komponen ini. Masing-masing motor memiliki jenis suspensi yang berbeda-beda.

Penumpang maupun pengendara motor akan merasakan empuk jika shockbreakernya dirawat dengan baik. Dalam Setiap sepeda motor, terdapat masing-masing suspensi depan dan suspensi belakang.

  • Shockbreaker bagian depan

Suspensi bagian depan biasa disebut dengan Front Suspension. Ini merupakan shockbreaker yang diletakkan pada bagian motor depan. Jenis ini diletakkan pada sepeda motor jenis lawas.

Jenis suspensi depan yang kedua adalah Telescopic fork. Untuk jenis suspense satu ini biasanya digunakan oleh sepeda motor bebek jenis steering yoke. Bagian garpunya didesain untuk memanfaatkan getaran pegas dan oli minyak.

Upside down adalah jenis suspensi motor yang ketiga. Ini biasanya digunakan untuk jenis motor besar.

  • Suspensi belakang

Merawat suspensi motor depan maupun belakang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Untuk jenis shockbreaker bagian belakang biasanya disebut dengan rear suspension. Letak komponen satu ini adalah pada bagian roda belakang.

Bentuk komponen tersebut menyerupai huruf H. Pada dua sisinya memiliki komponen yang sangat bagus dan bisa berfungsi untuk meredam getaran. Komponen ini bisa digunakan untuk menahan beban.

Kelebihan dari shockbreaker bagian belakang adalah dapat bekerja dengan lebih stabil. Jadi, ketika motor sedang menikung bisa bekerja dengan lebih baik. Itulah mengapa jenis shockbreaker ini sekarang digunakan pada jenis motor balap.

Kedua suspense depan maupun belakang dipastikan pasti ada dalam sebuah sepeda motor. Dengan Begitu, setiap pengendara maupun penumpang tidak akan mendapatkan getaran yang parah ketika sedang mengendarainya.

Cara Merawat Suspensi Motor yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Untuk melakukan perawatan sepeda motor tidak harus dilakukan di bengkel motor. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Pemilik motor dapat melakukan perawatan khusus agar ketika berkendara bisa menjadi lancar dan nyaman.

Ketika suspense bobrok,maka tingkat kenyamanan akan menjadi berkurang. Motor tidak akan bisa menahan bantingan dan tidak stabil ketika dikendarai. Lalu, bagaimana cara merawat suspensi motor yang mudah dilakukan oleh setiap orang?

  • Melintaslah di jalan yang rata

Tidak dipungkiri lagi bahwa jalan yang rusak dan berlubang merupakan hal yang membuat shockbreaker menjadi mudah rusak. Ketika berkendara di jalan rusak, kurangi saja kecepatan Anda. Maka, shockbreaker tidak akan mudah rusak.

Lain halnya jika Anda menerobos jalanan rusak dan berlubang dengan kecepatan tinggi. Guncangan yang cukup keras bisa membuat suspensi depan menjadi bocor dan bagian belakang dapat menjadi bengkok.

  • Membersihkan secara rutin dan berkala

Merawat suspensi motor yang mudah dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin dan berkala. Anda dapat membersihkannya dari debu. Gunakan saja oli suspensi agar lebih mudah.

Dengan rutin membersihkannya, maka tingkat kelenturan akan menjadi berkurang. Tidak Perlu membersihkannya setiap hari. Anda bisa membersihkannya 3 hari sekali. Dengan begitu, motor kesayangan tidak akan cepat rusak.

  • Ganti oli shock

Tips dalam merawat suspensi motor selanjutnya adalah melakukan penggantian oli dengan tepat waktu. Anda bisa memilih oli yang berkelas sesuai dengan anjuran pabrik. Oli yang tidak diganti lama-kelamaan bisa mengental dan shock tidak bisa menyerap getaran.

Jangan Lupa untuk mengganti oli shock jika dirasa sudah saatnya. Belilah sesuai dengan spesifikasi yang tepat. Jika kurang paham tentang oli shock, Anda Bisa melakukan penggantian di bengkel yang terpercaya.

  • Bawa beban dengan kapasitas normal saja

Membawa beban berlebih bisa membuat shockbreaker menjadi cepat rusak. Masing-masing suspense memiliki tingkat kapasitas tersendiri. Ketika membawa beban secara berlebihan, maka efek buruk akan terjadi pada shockbreaker.

  • Bersihkan shock dari air hujan

Merawat suspensi motor juga bisa dilakukan dengan rutin membersihkannya dari air hujan. Cucilah motor menggunakan air bersih. Bagaimanapun juga, air hujan mengandung atmosfer dan banyak oksigen di dalamnya.

Unsur tersebut akhirnya membuat korosi pada logam. Jika tidak dibersihkan dengan air bersih, maka shockbreaker akan menjadi lebih cepat aus dan rusak.

Kapankah Anda Harus Ganti Suspensi?

Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet_Kapankah Anda Harus Ganti Suspensi?
Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet_Kapankah Anda Harus Ganti Suspensi?

Selain merawat suspensi motor dengan baik, Anda Juga perlu memperhatikan beberapa ciri kapan Anda harus menggantinya. Ketika Anda lupa menggantinya, maka berkendara akan menjadi tidak nyaman.

Berikut beberapa gejala yang mungkin muncul dan menandakan bahwa shockbreaker Anda Harus segera diganti.

  • Menekan setang motor ke bawah

Anda dapat mengetahui kapan shockbreaker harus diganti dengan cara menekan setang motor ke bawah. Anda bisa memperhatikan komponen tersebut dengan sebaik mungkin. Jika setang ditekan dan kembalinya cepat, ini menandakan harus segera ganti.

Ketika komponen ditekan dan kembali dengan pelan-pelan, maka shockbreaker masih ada kompresi. Ini tandanya Anda Dapat merawat suspensi motor dengan baik.

  • Seal shock

Seal shock berada pada suspensi bagian depan. Anda bisa memperhatikannya dengan sebaik mungkin. Periksalah seal shock bagian depan apakah ada rembesan oli atau tidak. Jika ada, berarti seal shock harus segera diganti.

Jika Anda Sudah tahu bahwa ada rembesan oli namun tidak segera menggantinya, maka pantulan shock untuk bagian depan akan menjadi terasa lebih keras. Hal tersebut dikarenakan oli shock sudah berkurang volumenya.

  • Mengendarainya secara langsung

Langkah terakhir untuk mengecek shockbreaker masih bagus atau perlu diganti, kendarailah dengan saksama. Jika Anda merawat suspensi motor dengan baik, pasti rasanya akan nyaman ketika dikendarai.

Semakin sering terjadi pantulan, ini menandakan shockbreaker harus segera diganti. Jika komponen tersebut bisa berfungsi dengan baik, maka akan bisa meredam kejutan.

Metode Pengecekan Shockbreaker Paling Mudah

Merawat suspensi motor sangat penting untuk dilakukan semua pemilik motor. Jika Anda akan melakukan pengecekan apakah harus segera diganti atau belum, Anda bisa melakukannya dengan memakai dua metode.

Pastinya, Anda Harus meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan pada komponen peredam kejut tersebut. Metode yang bisa dilakukan dengan mudah adalah sebagai berikut.

  • Melihatnya secara langsung

Metode melihat secara langsung adalah cara merawat suspensi motor yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa melihat dengan jelas shockbreaker bagian depan dan bagian belakang.

Mengecek secara langsung akan membuat Anda melihat jika kondisi benar-benar sudah buruk atau belum. Ini juga bisa memperingatkan diri Anda apakah shockbreaker Anda masih bisa berfungsi dengan sempurna atau belum.

  • Tes kondisi

Melakukan tes kondisi shockbreaker bisa pula dilakukan dengan tes kondisi secara langsung. Ini akan langsung membuat Anda Merasakan nyaman dan tidaknya motor tersebut.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan memboncengkan seseorang agar fungsi dari shock bisa terasa dengan baik. Rasakan bantingan shockbreaker bagian belakang. Jika terlalu mantul-mantul, maka bocoran oli mungkin saja akan menjadi lebih parah.

Ulir dari per yang bekerja sebagai pegas sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda merawat suspensi motor dengan baik, hal ini mungkin saja tidak akan terjadi. Perawatan rutin akan memperpanjang usia pemakaian.

Sebenarnya, pemakaian shockbreaker sendiri tidak ada patokannya. Ada yang dipakai dalam waktu yang lama dan sebentar tergantung penggunaan dan pemakaian. Asalkan Anda Bisa merawatnya dengan baik, maka umur pemakaian akan menjadi lebih lama.

Perawatan yang mudah bisa dilakukan oleh siapa saja. Membersihkannya dari komponen seperti debu, kotoran, maupun lumpur bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus membawanya ke bengkel.

Bersihkan ketika motor kehujanan dan gantilah oli shock agar semua komponen bisa berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan komponen ini memang memiliki peranan penting untuk membuat motor tidak bergetar dengan hebat ketika sedang di jalan.

Komponen yang diperlukan oleh setiap motor ini memang memiliki peranan yang sangat penting. Karena Anda menggunakannya setiap hari, maka Anda harus merawatnya dengan rutin dan teratur.

Baca juga: Klitih Itu Apa? Inilah Penjelasan Teror Seram Klitih Tersebut

Kinerja Shockbreaker selalu berbanding dengan perawatannya baik pada komponen maupun pada olinya. Jika Anda merawatnya secara rutin, maka Anda Bisa menggunakannya dalam waktu panjang. Merawat suspensi motor tidak sulit dilakukan, yuk lakukan sendiri di rumah.

Total
32
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts