Terbesar dan Sangat Meriah, Inilah Turnamen Balapan Otomotif Terbaik dan Terbesar Dunia

turnamen balapan otomotif

Menonton turnamen balapan otomotif adalah pilihan terbaik bila bosan sama olahraga bertema bola. Disini kita dapat melihat aksi pembalap kelas dunia. Persaingan begitu ketat sehingga menegangkan dari awal sampai akhir.

Tentu namanya otomotif pasti berhubungan dengan roda dua maupun roda empat. Keduanya lebih sering dilombakan dibanding jenis kendaraan lain. Apalagi lebih profesional sehingga tim-tim terbaik terus bermunculan menimbulkan era baru.

Daftar Turnamen Balapan Otomotif Mobil

Di dunia ini kejuaraan berhubungan sama balapan roda empat sangat besar peminatnya. Tidak heran banyak perusahaan besar ikut andil mengembangkannya. Saat ini beberapa kejuaraan tersebut bahkan dilengkapi hadiah jutaan dollar.

1. Nascar

turnamen balapan otomotif - nascar

Untuk turnamen balapan otomotif pertama yang disarankan ditonton yakni Nascar. Memang kalau orang Indonesia mungkin cukup asing karena lebih disukai Amerika Serikat. Nascar punya keunikan dari segi lintasannya. 

Dalam kejuaraan Nascar ini nantinya bakal menggunakan mobil pabrikan biasa. Tapi tidak langsung diikutkan melainkan melewati proses dimodifikasi supaya cocok untuk balapan. Apalagi ketangguhan harus dimiliki karena melewati 500 lap. 

(Baca Juga: Mobil Matic Atau Manual Mana yang Lebih Unggul?)

2. F1

turnamen balapan otomotif - F1

F1 sebenarnya mulai banyak disenangi orang Indonesia terutama karena ditayangkan pada stasiun televisi lokal. Kalau kita perhatikan memang memiliki bentuk seperti Gokar. Tapi lebih tinggi kualitasnya karena punya teknologi super.

Desain uniknya membuat kendaraan F1 bisa melaju cepat seperti kilat. Ditambah lagi sekarang kompetisi di bawahnya seperti F2 tidak kalah diminati. Tidak heran mengundang sponsor dengan nilai kontrak triliunan rupiah.

3. Rally

turnamen balapan otomotif - Rally

Rally selanjutnya menjadi balapan mobil yang disukai karena cenderung ekstrim. Setiap race yang dijalankan bakal melewati jalanan tidak biasa dan sulit. Bahkan sering diberi rute melewati wilayah berlumpur atau bersalju.

Tidak itu saja, kadang Rally dilakukan pada daerah daerah gurun sehingga tambah sulit. Begitu juga waktu dilangsungkan di pegunungan. Kadang terjadi crash sehingga seru saat pembalap berjuang melewat rintangan.

4. Touring

turnamen balapan otomotif - Touring

Selanjutnya ada turnamen balapan otomotif terbaik seperti Touring. Mungkin kalau dilihat secara langsung tidak terlalu beda sama Nascar. Bedanya proses modifikasi lebih besar sehingga kendaraan lebih bagus. 

Tapi tetap masih menggunakan pabrikan kelas biasa. Misal paling umum menggunakan kendaraan dari Toyota, Honda atau Ford. Touring ini seringkali diadakan menggunakan mobil super juga seperti Lamborghini, Porsche atau Ferrari.

  • Persaingan Kejuaraan MotoGP Kelas Dunia

Untuk balapan motor, pastinya paling bagus dan sudah diakui adalah MotoGP. Terlebih lagi perlombaan satu ini memiliki banyak seri yang semuanya seru. Kita juga bisa melihat Racer kemampuan luar biasa.

Selain itu dikenal dengan basis penggemar sangat besar dari seluruh belahan dunia. Apalagi jika kita melihat tim besar seperti Yamaha, Honda atau Ducati. Basis fans masing-masing rider juga cukup tinggi.

Khusus untuk kejuaraan MotoGP sendiri bakal memakai mesin 1000 cc. Maka dari itu rasanya dari segi kecepatan sulit disamai kendaraan biasa. Persaingan pembalap sangat seru karena bakal melewati 22 lap.

MotoGP sendiri kalau untuk penggemar sudah dianggap turnamen balapan otomotif wajib ditonton langsung. Bahkan hanya yang rela menabung dari lama. Terlebih banyak sering berdekatan sehingga mudah dikunjungi.

Selain kelas MotoGP, sekarang Moto2 atau Moto 3 tidak kalah diminati. Kelebihannya karena banyak menghasilkan pertarungan seru rider muda. Bahkan lebih menyenangkan karena Racing Star sering muncul disini.

Kurang lebih sama seperti MotoGP yakni World Superbike. Kita bisa melihat tidak berbeda jauh sama GP kalau melihat jenis kendaraan yang dipakai. Ditambah kapasitas mesin sama yakni 1000 cc.

Perbedaan lainnya yakni untuk kendaraan World Superbike itu sudah dijual secara bebas. Maka dari itu siapapun yang tertarik mendapatkannya bisa dibeli dengan mudah. Tapi karena spesifikasi tinggi, cukup mahal.

Keunikan World Superbike yakni tidak sebesar MotoGP. Tapi rider World Superbike punya peluang gabung ke tingkat atas. Banyak juga rider MotoGP malah memilih bergabung tim World Superbike.

  • Turnamen Motocross Terbaik Skala Internasional

Turnamen berupa Motocross sangat digemari dunia terutama Amerika Serikat. Meski tidak pernah mengendarai, tapi suka karena adrenalinnya sangat tinggi. Bahkan banyak penggemar membeli banyak koleksi kaos atau jersey. 

Untuk sirkuit yang dipakai masih berupa tanah alami ataupun buatan penyelenggara. Tapi kadang berlumpur atau dilengkapi sama rintangan kayu. Kesulitan ternyata sangat besar karena Crosser bukan hanya berjalan cepat saja.

Mereka wajib melakukan lompatan demi menghindari hambatan seperti lubang lumpur atau bebatuan. Ditambah lagi bakal menemukan atau menghadapi tikungan tajam. Karena rintangan inilah kemudian kecelakaan pasti selalu terjadi meski ringan.

Tidak jauh beda sama turnamen balapan otomotif sebelumnya yakni Supermoto. Perbedaan paling utama yakni pada modifikasi stang yang dibuat menyesuaikan medan. Lalu bagian ban diperbesar supaya lebih maksimal.

Balapan Supermoto tidak hanya dilakukan pada medan berlumpur atau tanah saja. Kita bisa melihat ada perlombaan dilakukan pada medan jalan raya dengan kombinasi. Jika diperhatikan seperti arena balapan besar.

Masing-masing pembalap Supermoto sebelumnya bakal melewati tes dulu. Terutama harus punya kelas masing-masing supaya lebih adil bertarung. Nantinya ada perbedaan rintangan atau kesulitan pada setiap kelas rider tersebut.

Masih memakai trail, selanjutnya ada Speedway Race yang menurut penonton cukup unik. Apalagi kalau dilihat secara sekilas saja terlihat sangat sulit dilakukan. Apalagi sirkuit dari tanah dan berbentuk bundar.

Para pembalap Speedway Race harus mampu membuat belokan tajam tanpa terjatuh. Kesulitan tinggi karena laju mesin sangat cepat. Umumnya sekali race ada banyak rider sekaligus sehingga persaingan sangat ketat.

(Baca Juga: Fitur Otomotif Masa Depan Paling Dinanti Warga Dunia)

  • Drag dan Road Race Pemacu Adrenaline Pembalap

Drag sangat diminati oleh orang apalagi jika melihat film seperti Fast and Furious atau Need for Speed. Terlebih Drag Race mobil sudah dilombakan. Dapat ditonton lewat televisi atau siaran streaming.

Salah satu unsur yang disukai penonton yakni karena disini hanya ada dua mobil yang bertarung. Di mana jalur berupa jalan lurus. Selanjutnya siapa yang tercepat sampai garis finish menjadi juara.

Meski terlihat sederhana, sebenarnya turnamen balapan otomotif cukup sulit. Pembalap harus tahu bagaimana cara memindahkan persneling dengan tepat. Selain itu perlu memiliki mesin dengan kekuatan besar. 

Sebenarnya tidak jauh berbeda sama Drag Race pada motor secara resmi. Bedanya hanya alat yang dipakai dalam race tersebut. Sementara itu jaraknya tersingkat mulai dari 200 m sampai 500 m. 

Selain itu bakal memakai motor modifikasi dengan peralatan keamanan lengkap. Berbeda sama Drag Race jalanan biasa yang malahan membahayakan bagi diri sendiri maupun pengendara lain.

Drag Race lebih sering dilakukan oleh orang Asia, sama seperti Road Race. Terlebih kita sangat senang karena melihat motor biasa dipakai buat balapan. Hanya 110 cc sampai 125 cc saja. 

Mengikuti Road Race sendiri bakal dilengkapi dengan perbedaan kelas masing-masing rider. Menyesuaikan sama kemampuan maupun kualifikasi. Dalam perlombaan Road Race terjauh mencapai jarak 20 km.

  • Balapan Jalanan Umum dan Drifting

Kalau berbicara mengenai race jalanan umum, tidak mungkin melupakan Isle of Man Tourist Trophy. Sesuai namanya diselenggarakan di pulau Isle di mana memakai jalan asli yang sering dipakai kegiatan sehari-hari.

Motor yang dipakai berupa superbike untuk kegiatan racing pada umumnya. Memang kecepatan dibawah MotoGP tapi cukup memacu adrenalin. Selain itu cukup berbahaya sehingga keamanan menjadi perhatian utama.

Isle of Man Tourist Trophy terbilang sangat asyik ditonton secara langsung. Apalagi semua penonton sangat dekat dengan balapan. Meski disebut rawan kecelakaan besar, nyatanya tetap aman kita saksikan.

Tidak kalah menarik yakni ada turnamen balapan otomotif Drifting. Sebenarnya sama-sama dilakukan di jalanan tapi berbeda sama drag. Drifting lebih banyak mengandalkan gerakan kelokan yang dilakukan dengan cepat.

Drifting sendiri tidak semudah terlihat pada film atau televisi di mana nyatanya sangat sulit. Tidak heran kalau pengemudi banyak mengalami kecelakaan saat berlatih. Tapi tetap dilakukan karena daya tarik besar.

Terakhir yakni ada Endurance di mana sesuai namanya balapan dengan cara mengadu ketahanan. Bahkan kegiatan balapan ini bisa dilakukan sampai 24 jam. Perjalanan sampai babak finish tanpa berhenti sama sekali.

Maka dari itu pada bagian mesin dibuat agar dapat bertahan lama. Selain itu pembalap wajib punya kekuatan jiwa dan raga yang sempurna agar bertahan. Jadi, banyak yang harus mengundurkan diri.

Lebih menyenangkan untuk kita sebagai penonton karena dapat kita saksikan dengan gratis. Apalagi setiap minggunya bisa melihat aksi dari pembalap kesayangan. Semua turnamen balapan otomotif bakal membuat adrenalin kita meningkat.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts