Pelaku Penyebar Hoax Uya Kuya Meninggal Akhirnya Dituntut

penyebar hoax Uya Kuya meninggal

Penyebar Hoax Uya Kuya Meninggal Akhirnya Dituntut – Uya kuya dan keluarganya baru saja sembuh setelah terjangkit virus Corona.Telah dikonfirmasi bahwa Uya Kuya dan juga istri beserta dengan putra bungsunya telah terpapar virus Corona pada tanggal 10 Januari tahun 2021. Sementara itu putri sulungnya yang bernama Cinta Kuya negatif terjangkit virus Covid-19.

Penyebar Hoax Uya Kuya Meninggal Akan Dituntut

penyebar hoax Uya Kuya meninggal

Disaat Uya Kuya sudah dapat sembuh dan berkumpul kembali dengan keluarganya, ternyata ada sebuah berita viral di Internet yang mengabarkan bahwa Uya Kuya telah meninggal dunia. Berita ini setelah ditelusuri ternyata berasal dari postingan di TikTok yang dibuat oleh pengguna dengan nama @KG1st.Mail. Dalam postingannya tersebut pengguna tersebut menampilkan foto dari Uya Kuya saat dia menjalani perawatan di rumah sakit. Tidak hanya itu, pengguna tersebut juga mengunggah foto lain dari Uya Kuya bersama dengan keluarganya.

Dalam postingannya dia menulis. “RIP Uya Kuya, semoga amalnya diterima disisinya. Masih nggak percaya” dalam sebuah caption.

Berita tentang kematian Uya Kuya akhirnya sampai juga kepada Astrid Kuya yaitu istrinya. Sebagai istri, Astrid merasa tidak terima atas berita hoaks yang menulis bahwa suaminya telah meninggal dunia. Ia akhirnya memberikan ancaman kepada si penyebar berita hoaks tersebut bahwa dia akan melaporkan masalah ini kepada pihak yang berwajib.

Tidak lama setelah berita itu menjadi viral, sang penyebar berita menyesatkan itu akhirnya muncul dan ia pun meminta maaf. Si penyebar hoax Uya Kuya meninggal dunia tersebut meminta maaf karena sudah menyebarkan berita hoaks yang tidak benar yang pada akhirnya mencemarkan nama baik Uya Kuya dan juga keluarganya.

(Baca Juga: Persiapan Pernikahan Atta Aurel Yang Begitu Kontroversial)

Di akun TikTok milik penyebar hoax Uya Kuya meninggal yang ia posting pada hari Minggu tanggal 21 Februari 2021, ia pun membuat postingan dengan menulis, “Mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk teteh Astrid beserta keluarga Uya Kuya”. ”Saya benar-benar tidak tahu dengan apa yang terjadi. Saya pertama kali melihat di akun sosial media milik @putriseptiana yang mengunggah dengan caption yang berkata Innalillah. Saya waktu itu berfikir kalau mas Uya sudah meninggal dunia.”

Pria penyebar hoax Uya Kuya meninggal tersebut juga merasa menyesal dan juga meminta maaf karena ia telah salah paham. Ia menulis, “Dan saya juga merasa menyesal sekaligus merasa sangat kecewa dengan konten di media sosial ini. Saya benar-benar tidak mengerti kalau ini adalah berita hoaks” tambahnya.

“Tetapi saya merupakan korban dari berita hoax juga. Mungkin karena saya yang tidak paham dengan maksud dari kata Innalillah,” ungkapnya. “Saya berpikir bahwa mas Uya sudah meninggal dunia. Saya mengucapkan doa sebesar-besarnya.”

Terkait dengan permintaan maaf dari pemuda penyebar hoax Uya Kuya meninggal, Uya beserta dengan Cinta Kuya memberikan balasan mereka melalui unggahan yang mereka posting melalui Instagram Stories milik mereka masing-masing. Uya Kuya memberikan jawaban yang santai dan disertai dengan nada pamer kalau profil Instagramnya jadi populer mendadak gara-gara masalah ini.

Berikut ini adalah postingan Instagram Stories yang Uya Kuya kirim.

penyebar hoax Uya Kuya meninggal

“Hmmm, gara-gara berita yang tidak jelas darimana, tiba-tiba akun Instagram gue visitornya naik menjadi 1.000%. Story Instagram gue kenapa jadi banyak orang yang mampir ya.”

Namun demikian, lain halnya dengan jawaban dari Cinta Kuya. Sepertinya remaja yang berusia 17 tahun itu masih merasa marah dengan si penyebar berita hoax Uya Kuya meninggal dunia ini. Dalam storiesnya Cinta berkata:

“Arti dari kata hoax adalah sebuah kabar, informasi tentang berita palsu atau berita bohong,”

Cinta Kuya merasa sangat kesal dengan penyebar hoax Uya Kuya meninggal tersebut dan juga kepada orang-orang yang mempercayai berita yang hoax tanpa memeriksa kebenarannya. Ia menambahkan di postingan storiesnya: “Masih ada aja di zaman sekarang ini orang yang termakan berita hoax.” Ia menulis postingan ini pada hari Minggu tanggal 21 Februari tahun 2021.

“Bacalah dahulu berita yang valid, bukan berita gosip, belajar, learn. Belajarlah untuk mencari tahu dahulu mana yang benar dan mana yang salah,” ungkapnya.

Pada akhir postingannya di Instagram Stories, Cinta Kuya terlihat bahwa dirinya dan juga keluarganya akan tetap menempuh jalur hukum atas masalah berita hoaks ini. “Menyebarkan sebuah berita bohong / hoax itu ada pasalnya loh, bisa berakhir di penjara lho, whoops.” Tambahnya.

penyebar berita hoax Uya Kuya meninggal dunia dituntut atas berita yang disebarkan melalui Internet. Istri Uya Kuya yang bernama Astrid akhirnya telah mengetahui siapa penyebar berita hoax Uya Kuya meninggal dunia yang telah memberikan klasifikasinya. Astrid dan juga keluarganya akan juga memberikan klarifikasi terkait dengan kasus berita hoax tersebut.

Sang Istri yang Ikut Angkat Bicara

penyebar hoax Uya Kuya meninggal

Astrid berkata, “Soal tentang itu akan kami omongin,” ungkap Astrid saat ditanya oleh wartawan pada hari senin tanggal 22 Januari 2021. Penjelasan dari sang istri dari Uya Kuya itu akan menyangkut rencana keluarganya untuk melaporkan si pengguna internet penyebar berita hoax Uya Kuya meninggal dunia tersebut ke kantor polisi.

“hal itu akan ada kabar tersendiri, nanti akan kami klarifikasi” jelas istri Uya Kuya.

Ibunda dari Cinta Kuya ini tidak ingin berbicara lebih lanjut tentang hal ini, termasuk saat ditanyai tentang reaksi keluarga Uya Kuya saat menerima fitnah tentang kematian Uya Kuya.

Astrid berkata. “Eh gimana ya, nanti akan aku bilangin saat waktu klarifikasi, akan diundang juga kok. Nanti akan ada klasifikasinya ya, mohon maaf ya,” ungkap istri Uya Kuya tersebut. Astrid berkata bahwa akan menjanjikan untuk memberikan klarifikasi yang akan dilaksanakan secepat mungkin.

Sementara itu Uya Kuya sendiri bercerita tentang kejadian tidak menyenangkan yang ia alami setelah adanya berita hoax viral tentang kematiannya. Uya Kuya sempat tidak peduli dengan hal tersebut, namun akhirnya dia pun merasa geram setelah menjadi perhatian publik.

(Baca Juga: Kabar Duka, 4 Hal Terkait Rina Gunawan Meninggal Dunia)

Ayah dari Cinta Kuya sekaligus suami dari Astrid Kuya ini mengaku kalau ia disoroti publik disaat dia sedang berjalan-jalan ke salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta bersama dengan putrinya. Ia sempat merasa bingung saat melihat reaksi publik terhadap dirinya, ia pun menyadari bahwa hal itu dipicu setelah viralnya berita hoaks tentang dirinya yang meninggal dunia.

Di kanal YouTube pribadi Uya Kuya, ia berkata, “Kemarin saat saya sedang jalan-jalan bersama dengan putri saya Cinta ke salah satu mall di jakarta, waktu itu semua orang pada ngeliatin saya, bahkan ada yang sampai kaget dan bengong, ada juga yang mengambil foto saya dari jauh. Kenapa bisa begitu? Itu karena berita hoax yang sudah menyebar. Orang-orang sudah mendengar kabar bahwa Uya Kuya telah meninggal. Saat mereka tiba-tiba melihat gue di tengah mall, mereka seperti melihat hantu,”

Kesabaran dari Uya Kuya akhirnya tidak dapat dibendung lagi saat isu hoaks tersebut sampai kepada keluarganya. Dia mengatakan bahwa mertuanya sempat kaget saat mendengar berita hoaks tentang Uya Kuya tersebut.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts