7 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Sebagai warga lokal, tidak sulit rasanya menemukan tempat wisata terbaik di Indonesia karena potensinya terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya wisata alam saja, Indonesia juga terkenal akan keragaman objek wisata budayanya.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Solo untuk Liburan Singkat

Setiap tempat-tempat tersebut akan menyuguhkan keunikan yang berbeda-beda sehingga wisatawan tidak akan bosan dengan berbagai pilihannya. Sangat cocok untuk bisa sedikit melupakan kepenatan akibat rutinitas pekerjaan.

Dari sekian banyak lokasi wisata Indonesia, kira-kira mana saja lokasi dengan kategori terbaik? Berikut ini kita sudah merangkum 7 tempat wisata yang layak kita sebut sebagai objek wisata terbaik negara kita.

7 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia

Seperti sudah kita singgung sebelumnya, Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata dengan pesona indah dan beragam. Jika harus memilih 7 wisata terbaik, maka pilihan tersebut akan jatuh pada beberapa tempat berikut ini:

Raja Ampat

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Tempat wisata terbaik di Indonesia pertama tentu saja adalah Raja Ampat. Keindahan alamnya bahkan sudah banyak diakui oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Banyak wisatawan beranggapan bahwa tempat ini adalah surga tersembunyi.

Terletak di ujung barat Papua, tempat wisata ini dihiasi oleh lanskap lautan yang menakjubkan dengan permukaan air jernih, terumbu karang memukau, dan keanekaragaman hayati bawah lautnya begitu beragam. 

Setidaknya, ada lebih dari 1.500 spesies ikan dan 75% dari seluruh jenis terumbu karang dunia bisa kalian temukan di lautan Raja Ampat. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia benar-benar menjadi surganya wisata alam bagi penduduk dunia.

Selain itu, keindahan tempat wisata terbaik di Indonesia ini juga terpancar dari pulau-pulau yang tersebar ke seluruh kawasan ini. Lembutnya pasir putih, hutan hujan berwarna hijau dan tebing-tebing karang tinggi menjulang membuat pemandangan semakin sempurna. 

Inilah kenapa Raja Ampat layak menjadi tempat wisata di Indonesia sampai kapan pun. Terlebih, banyak pulau di Raja Ampat sama sekali belum tersentuh oleh perkembangan pariwisata, menjadikannya tempat sempurna untuk menikmati keheningan.

Bali

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Adalah hal yang mustahil jika tidak memasukkan Bali sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Tidak hanya satu atau dua objek saja, hampir semua lokasi wisata Bali sangat menarik untuk kita kunjungi.

Salah satu yang membuatnya terkenal adalah keindahan pantainya dengan hamparan pasir putih lembut dan ombak deras untuk berselancar. Salah satunya adalah Pantai Kuta yang juga memiliki kehidupan malam cukup semarak. 

Selain pantai, ada juga Uluwatu dengan suguhan pemandangan tebing karang dan pertunjukan Tari Kecak pada bagian depan pura. Banyak wisatawan mancanegara begitu menikmati keindahan alam dan budaya tempat ini.

Tidak hanya itu saja, Bali juga populer dengan sawah teraseringnya, terutama sawah-sawah di daerah Ubud. Sawah terasering sendiri menjadi budaya pertanian Pulau Bali yang sudah terkenal sejak lama karena memiliki nilai keunikan tersendiri.

Kalian tentu akan setuju jika Bali termasuk surga wisata dengan perpaduan keindahan alam, seni budaya, dan keramahan penduduknya. Destinasi ini menawarkan pengalaman begitu beragam bagi setiap jenis pelancong, baik lokal maupun mancanegara.

Lombok

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Tidak hanya Bali saja, Lombok juga menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang juga dikagumi oleh publik dunia. Pulau ini telah menjadi permata lain bagi Indonesia yang memikat para wisatawan dengan keindahan alamnya. 

Salah satu daya tarik utama dari Lombok adalah pantai-pantainya yang sangat memukau. Salah satunya adalah Pantai Gili Trawangan yang benar-benar memanjakan mata para pelancong dengan hamparan pasir putih dan biru jernihnya air laut.

Pengelola pantai setempat juga telah menjaga tempat ini dari polusi dengan hanya memperbolehkan wisatawan menggunakan andong untuk menuju ke lokasi. Bisa kalian bayangkan, betapa bersihnya udara tempat ini.

Selain pantai, tempat wisata terbaik di Indonesia ini juga menawarkan petualangan alam yang tidak terlupakan di Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Pendakian ke puncaknya adalah pengalaman luar biasa yang menjadi tujuan banyak wisatawan.

Jika kalian ingin merasakan pengalaman berwisata dengan pesona alam luar biasa, ditambah dengan kearifan warga lokal yang selalu membekas, maka jangan pernah lewatkan Lombok untuk menjadi destinasi untuk kalian kunjungi.

Taman Nasional Komodo

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Taman Nasional Komodo adalah tempat wisata terbaik di Indonesia berikutnya yang juga harus masuk ke dalam daftar. Pasalnya, Pulau Komodo adalah bagian dari Taman Nasional Komodo yang juga merupakan Situs Warisan Dunia, UNESCO. 

Selain itu, Pulau Komodo juga menjadi salah satu tujuan wisata alam paling menonjol di Indonesia selain Borobudur dan Bali. Salah satu daya tarik utamanya adalah kesempatan untuk melihat komodo secara langsung pada habitatnya. 

Melihat komodo berjemur di bawah sinar matahari atau berburu mangsa adalah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Wajar jika akhirnya banyak orang sepakat jika Pulau Komodo termasuk tempat wisata terbaik di Indonesia.

Tidak hanya kehidupan liarnya saja, Pulau Komodo juga menawarkan pantai-pantai indah, terumbu karang yang spektakuler, dan serunya kegiatan menyelam. Pulau-pulau sekitar seperti Pink Beach dan Manta Point adalah tempat populer bagi penyelam.

Lebih daripada itu, ada juga pemandangan tidak tertandingi dari bukit-bukit di Pulau Komodo yang menawarkan panorama luar biasa. Pemandangan matahari terbenam dari bukit Padar sangat terkenal dan menjadi momen hunting foto para pelancong.

Candi Borobudur

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan situs bersejarah sekaligus destinasi wisata paling ikonik karena termasuk salah satu keajaiban dunia.

Borobudur sendiri merupakan candi Buddha terbesar dunia yang dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra. Strukturnya megah terdiri dari sembilan tingkat stupa dan teras, dengan total 2.672 relief berisi cerita dan petunjuk ajaran Budha. 

Di sekitar candi terdapat taman hijau dan pemandangan indah yang menghadap ke gunung-gunung di sekitarnya, termasuk Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Melihat pemandangan ini dari atas candi adalah salah satu momen terbaik di sini.

Momen menakjubkan lain di Candi Borobudur adalah saat bisa melihat matahari terbit. Banyak pengunjung datang pagi-pagi untuk menyaksikan matahari mulai memancarkan sinarnya di belakang relief-relief candi, menciptakan pemandangan spektakuler.

Selain keindahan arsitekturnya, Borobudur juga memiliki nilai spiritual tinggi bagi umat agama Buddha. Banyak peziarah datang dari seluruh dunia untuk melakukan persembahan dan meditasi, salah satunya pada Hari Waisak. 

Kawah Ijen

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Masih dari objek wisata alam, salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang akan membuat kalian takjub adalah objek wisata Kawah. Lokasi wisata ini terletak di ujung Timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi.

Kawah ini terkenal karena fenomena uniknya, yaitu produksi belerang serta fenomena “api biru” atau “blue fire” yang menyala pada malam hari. Fenomena itulah yang kerap membawa para pecinta alam untuk datang ke kawasan ini.

Kawah Ijen adalah sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif dan memiliki danau asam berwarna biru di dalamnya. Air danau ini sangat asam dan mengandung belerang, sehingga menghasilkan warna biru mencolok. 

Pengunjung dapat melakukan pendakian menuju kawah dengan bonus berupa pemandangan menakjubkan. Pemandangan dari atas gunung inilah yang nantinya akan menjadi momen terbaik untuk menikmati kawasan ini.

Sumba

Tempat wisata terbaik di Indonesia

Tempat wisata terbaik di Indonesia terakhir dalam daftar adalah Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tempat ini merupakan surga tersembunyi dengan suguhan berupa keindahan alam dan juga budaya. 

Sumba sangat terkenal dengan padang rumput luas, savana menakjubkan, serta pantai-pantai indah dengan ombak besar. Tempat ini menjadi destinasi sempurna bagi kalian pencari petualangan alam dan pengalaman budaya autentik.

Salah satu daya tarik utama Sumba adalah tradisi uniknya, terutama dalam seni ukir tenun ikat. Tenun ikat Sumba adalah karya seni berharga, buah karya manual dari penduduk setempat dengan teknik tradisional cukup rumit. 

Setiap desa memiliki desain dan motif tenun ikatnya sendiri sehingga mampu menciptakan keragaman warisan seni tenun.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Menarik dan Murah

Sebagai salah satu negara dengan destinasi wisata berlimpah, tidak susah bagi Indonesia untuk menemukan objek wisata terbaik. Tempat wisata terbaik di Indonesia yang sudah kita bahas ini hanya sebagian saja dari ratusan destinasi wisata lainnya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts