Jangan Terlewatkan, Ini 8 Rekomendasi Kuliner Solo Yang Wajib Dicoba

Rekomendasi kuliner Solo

 Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Jawa Tengah, tak ada salahnya untuk terlebih dahulu membaca mengenai rekomendasi kuliner Solo yang sayang untuk dilewatkan ini. Solo memang menjadi salah satu tujuan wisata yang layak untuk didatangi, ketika kamu berjalan-jalan ke daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Meskipun merupakan kota kecil, Solo memiliki beragam keunikan dan keistimewaan yang tak akan kamu jumpai di tempat lain. 

Dengan luas “hanya” 44.04 km², Solo menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Dengan budaya Jawa yang masih kental tak kalah dengan Yogyakarta dan sekitarnya, Solo memiliki beragam keunikan baik dari segi budaya, adat istiadat, maupun kehidupan penduduknya. Warga Solo yang ramah dan murah senyum, membuat siapa saja betah berlama-lama mengunjungi tanah kelahiran presiden Jokowi ini.

Selain wisata seperti air terjun Tawangmangu, Istana Mangkunegaran, Istana Surakarta Hadiningrat, Pasar Klewer atau Taman Balekambang; Solo juga jadi destinasi wisata favorit karena ragam kulinernya yang melegenda. Tak lengkap rasanya mengunjungi kota ini tanpa mencicipi rekomendasi kuliner Solo yang sudah masyhur, dan terkenal hingga ke berbagai penjuru negeri.

Jika kamu hendak berwisata ke kota ini, simaklah ulasan mengenai rekomendasi kuliner Solo yang wajib untuk dicoba dan dijamin, harganya tidak akan membuat kantong kamu bolong. Apa sajakah itu?

Rekomendasi Kuliner Solo yang Wajib Untuk Di Coba

Nasi liwet yang gurih dan melegenda

Rekomendasi Kuliner Solo - Nasi Liwet

Jika Jogja punya nasi gudeg, Solo juga memiliki kuliner yang hampir mirip cita rasanya. Adalah nasi liwet yang bisa Anda jumpai hampir di penjuru kota ini. Nasi liwet memiliki tekstur yang manis gurih, dengan lauk pauk seperti ayam, telur, sayuran dan sedikit sambel. Yang unik, Anda akan menjumpai areh atau santan kental gurih sebagai topping dari makanan ini. Cara menyantap nasi liwet Solo pun unik, yakni dengan piring dan sendok yang terbuat dari daun pisang. Harga satu porsi nasi liwet ini bervariasi, tergantung dari jenis lauk yang Anda pilih.

(Baca Juga: Wajib Untuk Dicoba 13 Rekomendasi Kuliner Pekanbaru)

Selat Solo, kuliner lokal dengan sentuhan Western yang unik

Rekomendasi Kuliner Solo - Selat Solo

Rekomendasi kuliner Solo selanjutnya yang wajib untuk kamu cicipi adalah selat Solo. Inilah kuliner khas yang memadukan citarasa Western dan lokal yang unik. Selat solo terbuat dari daging berbentuk seperti patty, yang dihidangkan dengan sayuran seperti wortel, kentang, buncis, selada, telur dan tomat yang disiram denga kuah kental dengan cita rasa manis, pedas dan gurih plus taburan ladam hitam diatasnya. Penyajian selat Solo ini mirip sekali dengan steak modern. Selat Solo sendiri biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp.16-20 ribu per porsinya.

Perpaduan cita rasa bakso dan soto dalam semangkuk timlo

Rekomendasi Kuliner Solo - Timlo

Timlo jadi salah satu kuliner khas Solo yang tidak boleh untuk kamu lewatkan. Apalagi jika kamu penggemar makanan berkuah dengan cita rasa yang unik, timlo sangat direkomendasikan untuk dicoba. Timlo berisi mie bihun dengan tambahan daging ayam suwir, irisan sosis solo, ati ampela ayam, telur pindang yang kemudian disiram dengan kuah dengan cita rasa segar dan gurih. Menyantap timlo ini, mengingatkan kamu akan perpaduan cita rasa soto dan bakso dalam satu mangkuk. Hidangan ini sangat cocok kamu nikmati saat malam hari atau ketika hujan mengguyur kota Solo.

Nikmati juga cita rasa khas dari seporsi tengkleng Solo 

Rekomendasi Kuliner Solo - Tengkleng Solo

Penggemar daging kambing, agaknya tak boleh untuk melewatkan kuliner yang satu ini. Adalah tengkleng yang jadi salah satu rekomendasi kuliner Solo, yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Tengkleng terbuat dari tulang kambing yang masih memiliki cukup banyak daging yang melekat. Dulunya, tengkleng ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan karena terbuat dari bahan yang mahal dan sulit didapat. Kini kamu bisa menikmati semangkuk tengkleng dengan kuah yang memiliki cita rasa segar dan gurih, hampir di seluruh pelosok kota Solo. Untuk menikmati seporsi tengkleng Solo ini, kamu harus merogoh kocek hingga Rp.25 ribu untuk setiap porsinya.

(Baca Juga: 6 Tempat Wisata Di Bali Yang Sejuk, Cocok Untuk Anda yang Ingin Liburan)

Sensasi pedas dari brambang asem yang menggoda lidah

Rekomendasi Kuliner Solo - Brambang Asem

Untuk kamu yang tidak begitu suka dengan cita rasa manis dominan dari kuliner khas Solo, bisa mencoba mencicipi brambang asem ini. Brambang asem memiliki cita rasa pedas gurih dari sambal yang terbuat dari brambang (bawang merah), asem (asam jawa), terasi, gula jawa dan cabai. Sekilas brambang asem ini mengingatkan kita pada pecel, lantaran adanya daun ubi rebus yang menjadi bahan utama sayurannya. Namun saat mencicipinya, Anda akan merasakan bedanya antara pecel dan brambang asem ini. Murah meriah, brambang asem ini bisa dibeli dengan harga hanya 3 ribu Rupiah untuk setiap porsinya. 

Serabi Notosuman yang legendaris

Rekomendasi kuliner Solo - Surabi Notusuman

Legendaris adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kuliner khas Solo, yang memiliki pelanggan setia sejak tahun 1920 silam ini. Serabi Notosuman menjadi rekomendasi kuliner Solo, yang cocok untuk buah oleh-oleh. Terletak di daerah Jayengan, serabi Notosuman ini memiliki cita rasa yang gurih manis, dengan berbagai topping seperti meses, keju atau nangka. Berpadu dengan adonan yang lembut dan meleleh di lidah, serabi ini cocok dinikmati saat sedang panas. Uniknya, kamu bisa melihat langsung cara tradisional yang masih dipertahankan pedagang untuk membuat serabi ini. Harga serabi Notosuman per-buahnya adalah sekitar Rp.1800.

Hilangkan dahaga dengan semangkuk es gempol pleret

 Rekomendasi kuliner Solo - Es Gempol Pleret

Tak hanya makanan, Solo juga punya minuman legendaris yang tak boleh untuk kamu lewatkan. Adalah es gempol pleret, minuman khas yang hanya bisa kamu jumpai saat datang ke Solo. Es yang cocok untuk pelepas dahaga saat panas ini dibuat dari gempol pleret, atau tepung beras yang di pleret dengan jempol tangan. Selain itu ada juga tambahan cendol, dawet, santan dan gula merah serta es batu di dalamnya. Untuk menikmati semangkuk es gempol pleret, kamu hanya perlu membayar Rp.3000 saja, murah bukan?

Sate buntel kegemaran presiden yang wajib dicoba

Rekomendasi kuliner Solo - Sate Buntel

Sate buntel ini jadi rekomendasi kuliner Solo selanjutnya yang wajib untuk dicoba. Inilah sate khas Solo yang juga jadi kuliner favorit presiden Jokowi. Sate buntel ini terbilang unik, karena terbuat dari daging kambing muda yang dicacah; kemudian dibungkus dengan selaput tipis yang terbuat dari lemak kambing. Setelah itu sate ini kemudian dibakar, dan dihidangkan bersama dengan tomat mentah, daun kol, perasan jeruk nipis, irisan cabai rawit dan sambal kecap diatasnya. Rasa daging yang lembut dan tidak melawan saat digigit, berpadu sempurna dengan lelehan lemak yang gurih. Kuliner Solo favorit presiden ini dibandrol dengan harga  sekitar Rp.35.000 per porsi.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner Solo yang wajib untuk dicoba saat kamu berkunjung ke kota ini. Dengan harga yang relatif murah dan bisa ditemukan dimana saja di berbagai pelosok kota, kuliner-kuliner ini sangat direkomendasikan untuk kalian coba. Selamat berburu kuliner!

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts