12 Destinasi Wisata Candi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata candi di Indonesia

Destinasi wisata candi di Indonesia merupakan salah satu alasan ikonik menggambarkan tempat-tempat keberagaman budaya. Bahkan data yang terdapat di Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat terdapat lebih dari 2000.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Menarik dan Murah

Dengan jumlah itu tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah, karena ada situs-situs belum ditemukan. Berwisata dengan mengunjungi situs-situs budaya akan menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan sebagai bentuk upaya menghargai peninggalan leluhur.

Salah satu nilai dapat kita pelajari pada destinasi wisata candi yaitu bentuk relief terukir pada dinding-dinding. Nilai yang terkandung dalam relief yaitu unsur seni dengan budaya, menggambarkan situasi kehidupan dan religi pada zaman berdiri.

4 Perbedaan Candi Budha dan Hindu

Destinasi wisata candi di Indonesia

Perbedaannya terletak pada bentuk, struktur, serta simbolisme yang menggambarkan ideologi masing-masing kepercayaan. Berikut perbedaan pada tempat keagamaan Hindu dan Budha yang dapat menjadi patokan ketika kita mengunjungi destinasi wisata candi.

Bentuk Candi

Perbedaan yang paling mudah kalian kenali yaitu bentuk. Pada candi Budha memiliki bentuk lebar dan pendek. Dengan bentuk arsitek cenderung sederhana, elegan, dan terfokus pada kesederhanaan serta keseimbangan.

Perbandingan pada Hindu yaitu mempunyai struktur bangunan yang ramping dan tinggi. Dengan bentuk arsitek yang sangat kompleks. Terdapat banyak ornamen serta ukiran yang mewakili simbol-simbol khusus.

Struktur Candi

Struktur bangunan destinasi wisata candi di Indonesia memiliki ciri khas pintu menghadap timur. Patung-patung atau arca terpahat berupa Dhyani-Buddha, Manushi-Buddha, serta Dhyani-Bodhisattva.

Bentuk bagian atas terbentuk lebih tumpul daripada, biasa disebut stupa. Perbedaan pada struktur tempat keagamaan Hindu yaitu pintunya menghadap barat. 

Sekitarnya terdapat pahatan patung dari dewa dan dewi terdapat pada ajaran Hindu seperti arca dewa trimurti seperti dewa siwa, wisnu, dan brahma. Bentuk pada bagian atas candi Hindu berbentuk runcing biasa disebut dengan ratna atau amalaka.

Fungsional

Selain pada bentuk dan strukturnya yang berbeda, fungsi antara tempat keagamaan Hindu serta Budha memiliki perbedaan. Kita dapat mengenalinya serta mengingatnya ketika sedang mengunjungi destinasi wisata candi di Indonesia.

Dengan mengetahui tujuan dari masing-masing, maka kita dapat menghargai dan menjunjung peraturan pada tempat suci bagi kalian beragama Hindu ataupun Budha. Jadi jika akan mengunjungi destinasi wisata candi, taati peraturan disana.

Candi agama Budha sebagai tempat ibadah, berarti merupakan tempat suci agama Budha. Sedangkan agama Hindu untuk menyimpan abu orang sudah meninggal, serta untuk penghormatannya. Selain itu juga untuk menghormati rajanya.

Nilai yang Terkandung dalam Relief dan Patung

Pahatan relief menggambarkan ajaran serta kehidupan pada zaman lampau berbeda antara Budha dan Hindu. Relief pada Budha menggambarkan ajarannya dan kehidupan Budha. Relief juga menggambarkan kisah atau ajaran berkaitan dengan agama.

Pada Hindu relief menggambarkan kisah-kisah epik mitologi agamanya. Kisah mitologi terkenal yaitu kisah mahabarata dan ramayana. Kalau di Indonesia kisah Mahabarata dan Ramayana jadi cerita pewayangan kulit.

Daftar 12 Destinasi Wisata Candi di Indonesia Paling Recomended

Jika akan berlibur dan memilih destinasi wisata candi untuk berwisata tentunya harus mengetahui pengetahuan umum dari tempat yang akan kita kunjungi. Dengan itu kita bisa mengetahui latar belakang agama maupun kerajaannya.

Hal tersebut bertujuan agar kita memanajemen liburan, supaya lebih efektif dan efisien dalam hal waktu. Dengan mengunjungi sebuah warisan budaya ini kita juga ikut serta dalam menghargai budaya, sejarah, dan upaya untuk melestarikannya. 

Berikut beberapa dapat kita jadikan destinasi wisata candi di Indonesia rekomended untuk kalian kunjungi.

Candi Prambanan 

Berada di Sleman, Yogyakarta merupakan warisan budaya Hindu dari kerajaan Mataram. Keistimewaannya yaitu karena situs ini mempunyai area yang luas dan tercatat di UNESCO. Candi siwa menjadi yang tertinggi dengan tinggi 47,6 meter.

Candi Ratu Boko

Berada di Sleman, Yogyakarta yang merupakan warisan budaya Hindu dari kerajaan mataram Hindu. Mempunyai keunikan karena tempatnya berada diatas bukit, sehingga menyuguhkan keindahan viewnya terhadap lembah dan pegunungan di sekitarnya.

Candi Sukuh

Destinasi wisata candi di Indonesia ini berada di Ngargoyoso, Karanganyar merupakan warisan budaya Hindu dari kerajaan majapahit. Keunikannya yaitu terletak pada desain yang tidak lazim menyerupai piramida di Meksiko dan Amerika Serikat. Selain itu keindahan ukirannya juga menggambarkan simbol kesuburan.

Candi Borobudur 

Berada di Borobudur, Kab Magelang merupakan warisan budaya Budha dari Dinasti Syailendra. Bangunan dengan tingkat presisi yang tinggi tanpa menggunakan perekat, ribuan relief yang terpahat membuatnya menjadi candi megah serta terbesar di Asia Tenggara.

Candi Mendut

Berada di Mungkid, Kab Magelang yang merupakan warisan budaya Budha dari Mataram Kuno. Peninggalan kerajaan Mataram ini memiliki keunikan arsitek yang elegan, patung Budha yang megah, serta relief yang menggambarkan cerita Budha.

Candi Sewu 

Berada di Sleman, Yogyakarta yang merupakan tempat keagamaan Budha terbesar kedua setelah borobudur dari kerajaan Mataram Kuno. Dengan ribuan stupa serta candi kecil tersusun secara teratur. Desain destinasi wisata candi di Indonesia ini menggabungkan pengaruh Hindu-Budha mencerminkan keberagaman agama.

Candi Penataran

Berada di Nglegok, Blitar merupakan warisan budaya Hindu dari kerajaan Kediri. Desain khas dari daerah Jawa Timur, memiliki desain pengaruh dari keberagaman dan kerukunan umat beragama Hindu-Budha.

Candi Tikus

Berada di Trowulan, Mojokerto merupakan warisan budaya Hindu kerajaan Majapahit. Keunikannya yaitu karena letaknya ada di bawah tanah. Dengan dimensi 22,5 x 22,5 meter banyak yang mempercayai sebagai pusat ibu kota kerajaan Majapahit.

Candi Arjuna Dieng 

Terletak di daerah pegunungan Wonosobo dengan kompleks candi terbesar di Dieng. Konon katanya fungsi dari bangunan itu untuk memuja 3 dewa Hindu yaitu Trimurti. Memiliki gaya India dengan relung ke dalam. 

Candi Gedong Songo 

Terletak pada daerah terkenal dengan wisata alam yaitu Semarang. Masuk dalam destinasi wisata candi di Indonesia karena mempunyai arsitektur sangat menakjubkan. Menarik untuk wisata kesini karena tempat berada di pegunungan asri dan sejuk. 

Candi Muara Takus

Peninggalan budaya Budha ini terletak pada desa Muara Takus Provinsi Riau. Keunikan dari bangunan ini terletak pada bagian bahan pembuatannya sebagian besar berasal dari batu bata. Budaya pada kompleks ini yaitu ada gundukan sebagai tempat bakar tulang manusia.

Candi Kalasan

Merupakan peninggalan agama Budha paling tua Yogyakarta. Memiliki konsep arsitektur mirip dengan Borobudur. Relief cantik akan kalian lihat jika mengunjungi secara langsung. Relief juga memiliki keunikan karena ada lapis semen kuno berbahan getah pohon. 

6 Tips Mengunjungi Destinasi Wisata Candi di Indonesia

Destinasi wisata candi di Indonesia
Destinasi wisata candi di Indonesia

Untuk persiapan kalian mengunjungi destinasi wisata candi di Indonesia, sebaiknya ikuti tips and tricks berikut ini agar perjalanan dan kunjungan tambah menyenangkan. Tentunya bisa membantu, untuk baru pertama kali supaya tahu nantinya disana harus bagaimana. 

Cari Informasi Lengkap Candi 

Tips and tricks pertama yaitu sebelumnya kalian harus mencari informasi. Seperti lokasinya dimana, sejarah dan informasi jadwal jam kunjungan serta harga tiket masuknya. Hal tersebut sangat memudahkan kalian mengetahui secara singkat. 

Gunakan Tour Guide 

Untuk memperjelas informasi tentang sejarah dan lainnya bisa menggunakan pemandu wisata. Pemandu wisata akan memberikan banyak wawasan pengetahuan baru secara langsung bisa menunjukan bagian-bagian. Kita bisa bertanya apapun entah tentang sejarah maupun budaya. 

Menghormati Tempat Ibadah 

Ketika berada di tempat, berikan rasa hormat dan saling menghargai kepada orang yang sedang beribadah. Jangan melakukan sesuatu atau hal aneh seperti merusak bangunan maupun mengambil sesuatu di destinasi wisata candi di Indonesia. Kita harus menghargai tempat ibadah orang lain.

Jaga Kebersihan

Selain menghormati tempat ibadah, sebaiknya juga menjaga kebersihan ketika disana. Karena tempat ibadah merupakan tempat suci, jadi janganlah membuang sampah sembarang tempat. Buang pada tempat sampah yang sudah tempat sediakan. 

Interaksi dengan Masyarakat Lokal

Jika kalian tidak menggunakan pemandu wisata, bisa juga dengan langsung berinteraksi dengan masyarakat disana. Pasti banyak wawasan unik tentang sejarah dan kebudayaannya. Namun juga harus melihat apakah orang tersebut sedang longgar atau sibuk agar tetap menjaga tata krama. 

Peraturan Foto

Saat ingin memfoto, pastikan terlebih dahulu izin. Terkhususnya di dalam candi karena beberapa mungkin ada peraturan khusus agar tidak banyak mendokumentasikan dan tidak untuk publikasi.

Destinasi wisata candi memiliki banyak keanekaragaman. Kalian bisa memilih tujuan untuk pergi menjelajah warisan budaya ini. Sebagai penerus bangsa wajib untuk ikut melestarikan serta menghormati sejarah masa dahulu. 

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia

Jangan mau kalah dengan turis dari luar negeri yang kepo ingin belajar tentang warisan budaya, kita harus lebih paham serta peduli lagi. Karena sekarang pengunjung destinasi wisata candi di Indonesia banyak dari luar negeri.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts