Alasan Jawa Timur Menjadi Pilihan Terbaik untuk Wisata

jawa timur

Jawa Timur merupakan satu di antara 34 provinsi di Indonesia dengan keindahan alamnya begitu melimpah. Tidak heran banyak wisatawan memilih berkunjung ke wilayah ini saat akhir pekan atau libur panjang.

Mungkin, ada banyak pertanyaan dalam benak Anda mengapa harus berkunjung ke Ujung Timur Pulau Jawa? Jika, dilihat Indonesia ini punya banyak tempat bagus seperti, Bali, Lombok atau kawasan lainnya.

Dari beberapa penuturan wisatawan menyebutkan, berkunjung ke tempat yang mempunyai lagu daerah Cublak-cublak suweng tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Terutama untuk menikmati berbagai sajian kulinernya, coba saja dibandingkan.

Jawa Timur punya berbagai toko kaki lima dimana seluruh makanannya mempunyai cita rasa bintang lima. Hampir seluruh makanan khas dijual disana baik yang sudah punah sampai mendunia tersedia lengkap.

Sebutan saja Rawon dengan ciri khas kuah hitam disajikan dengan tauge, telur asin, nasi putih, serta sambal. Hampir seluruh wilayah Jatim hadir dan rasanya autentik terutama wilayah Surabaya dan Malang.

Kedua kota tersebut menghadirkan aroma Rawon kelas dunia. Tidak heran bila menu tersebut mendapatkan penghargaan sebagai Sup ternikmat di seluruh Asia. Jika, belum pernah mencoba maka cobalah walau satu mangkuk.

Apakah harganya cukup mahal? Menariknya, Anda hanya membayar Rp 25 ribu untuk satu porsi. Sudah sampai disini saja? Belum, berikut ini alasan mengapa Anda harus berkunjung ke Ujung Timur Pulau Jawa.

Jawa Timur Memiliki Wisata Kelas Dunia

Alasan selanjutnya, mengapa harus berkunjung ke Provinsi yang memiliki hari jadi tanggal 12 oktober 1945 tersebut adalah wisata kelas dunianya. Sebut saja Gunung Bromo, di mana wilayah tersebut sudah dikenal.

Hampir seluruh wisatawan mancanegara dari berbagai negara datang berkunjung melihat keindahannya berupa matahari terbit dan diakui menjadi tempat terbaik di dunia. Membanggakan sekali bukan? Apalagi, ada beberapa titik.

Memang hampir setiap hari jumlah wisatawan di Bromo tidak dapat terhitung. Tetapi, dengan banyak tempat untuk melihat. Anda masih punya kesempatan sama hanya saja, harus dengan perjuangan bangun pukul 3.

(Baca Juga: Wajib Dikunjungi, Inilah 7 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia Yang Mendunia)

Siang sedikit sudah tidak mendapatkan titik terbaik untuk melihatnya. Jawa Timur juga punya wahana dalam ruangan terbaik sebut saja Jatim Park. Saat ini sudah punya 3 wahana dengan tema berbeda.

Jatim Park 1 khusus mengulas tentang kebudayaan Indonesia dari Ujung barat sampai Timur. Mulai tarian, rumah, baju, sampai kesenian adat tersedia lengkap. Jatim Park 2 Anda bisa melihat dunia hewan.

Khususnya purbakala sementara untuk kawasan ke 3 dapat merasakan bagaimana hidup berdampingan dengan Dinosaurus serta zaman es. Seluruhnya menggunakan teknologi kelas dunia dijamin, setiap pengunjung akan terpukau.

Jangan lupa melengkapi perjalanan dengan berkunjung ke Museum Angkut. Di sana seluruh sarana transportasi di berbagai belahan dunia tersedia. Bahkan, Anda juga disuguhkan dengan sejarah mobil di Indonesia.

Koleksinya mulai dari mobil pertama seperti andong, kemudian sepeda onthel. Ada juga pesawat hingga sarana transportasi di negara seperti Tiongkok, Amerika, Inggris, serta masih banyak lagi.

Jawa Timur Punya Pulau Terbaik

Provinsi dengan luas total 47 ribu meter persegi tersebut memiliki berbagai pulau. Beberapa diantaranya disebut sebagai terbaik. Penasaran mana saja, coba simak penjelasannya di bawah ini.

  • Gili Iyang Madura

jawa timur - gili iyang madura

Pulau pertama adalah Gili Iyang terletak di Madura, lebih tepatnya Kabupaten Sumenep. Mengapa Anda diarahkan menuju ke sini? Karena, wilayah tersebut memiliki udara terbaik kandungan oksigennya mencapai 20%.

Menariknya lagi dinobatkan sebagai Pulau oksigen terbanyak nomor dua di dunia. Tidak heran bila wisatawan lokal menyebutnya sebagai wisata awet muda. Semua fasilitas sudah lengkap mulai dari homestay sampai transportasi.

Bahkan, soal makan tidak perlu khawatir semua sudah tersedia lengkap bersama dengan paket penginapannya. Panorama pantai cantik, gulungan ombak hingga matahari terbenam jadi alasan mengapa harus datang ke sini.

  • Pulau Sempu

jawa timur - Pulau sempu

Setelah dari Madura saatnya pergi ke Malang. Kota ini memiliki panorama serta wilayah konservasi serta cagar alam terbaik. namanya adalah Pulau Sempu, memang berkunjung ke sana harus izin dulu.

Tetapi, untuk mengurus surat perizinannya sangat mudah. Hanya saja siapkan uang lebih karena, menuju ke sana memang sukar. Jalan satu-satunya menggunakan perahu nelayan dan itu harus dari Pantai Sendang Biru.

Sewanya sendiri dikenakan biaya mulai dari Rp 200 ribu. Walau mahal banyak aktivitas menarik dapat dinikmati seperti berkeliling pulau melihat indahnya flora dan fauna. Serta merasakan camping di alam.

Jawa Timur Punya Puncak Terbaik

Keindahan alam di Jatim memang tiada banding, selain pulau serta pantai. Wilayah ini punya puncak terbaik. Banyak wisatawan mencoba mendaki, tidak hanya lokal saja, mancanegara juga tampak menikmatinya, ini pilihannya.

  • Gunung Semeru

jawa timur - Gunung semeru

Nama semeru mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Awal kepopulerannya dari film 5 cm. Sampai saat ini puncak tertinggi di Jawa itu masih dikunjungi pendaki.

Mereka ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo. Danau di atas gunung konon sangat cantik apalagi, saat pagi. Selain itu, ada mitos tentang bukit cinta, beberapa pendaki percaya akan hal tersebut.

Sayangnya, Anda hanya boleh sampai kalimati saja. Menuju ke Mahameru dilarang karena, jalan sulit serta Semeru sendiri masih aktif. Jadi, bau belerangnya cukup kuat disarankan mematuhi aturan tersebut.

  • Gunung Raung

jawa timur - gunung raung

Jika, Anda adalah seorang petualang sejati dan menyukai berbagai tantangan. Cobalah berkunjung ke Gunung Raung. Kesulitan trek jadi alasan mengapa para pendaki masih setia mengunjunginya. Tidak disarankan untuk pemula.

Banyak puncak dapat dikunjungi keindahan kaldera kawah serta matahari terbenam adalah perpaduan cantik dari Jawa Timur yang sulit untuk dilupakan. Disarankan menggunakan guide bila ingin mendakinya.

Jalur Nya sendiri cukup banyak, memiliki 6 puncak dimana tertinggi ada di titik 3069 mdpl. Jangan lupa membawa peralatan climbing. Trek menuju puncak harus dilewati dengan perlengkapan tersebut.

(Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Banyuwangi Yang Patut Kita Coba)

Jawa Timur Punya Banyak Kesenian Budaya

jawa timur - kesenian budaya jawa timur

Rasanya ada yang kurang bila ke Jatim belum melihat berbagai macam keseniannya. Karena, hampir setiap bulan Anda dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukan menarik.

Terutama di kawasan Banyuwangi, di mana hampir setiap bulan selalu menyajikan gelaran festival. Paling terkenal adalah Tarian Gandrung merupakan pertunjukan olah tubuh kolosal menarik perhatian karena, gerakannya menawan.

Dalam festival tersebut jumlah penari kurang lebih ada 1000 orang. Mereka mengenakan pakaian khas berwarna merah. Mengikuti iringan musik dan melakukan berbagai gerakan. pertunjukannya biasanya saat masa panen.

Atau untuk pesta pernikahan serta masih banyak lagi. Konon sejarahnya, hadirnya Tari Gandrung berawal dari kekalahan masyarakat Blambangan melawan VOC. Kemudian, sebagai pemersatu pertunjukan ini diselenggarakan diperagakan oleh kaum pria.

Dengan berdandan seperti perempuan. masih di Kota Banyuwangi, Anda dapat melihat sebuah suku asli. Menurut sejarahnya mereka adalah penghuni pertama kota dengan sebutan The Sunrise of Jawa tersebut.

Namanya adalah suku osing, selalu menghadirkan festival kopi sepuluh sewu sebagai wujud syukur mereka terhadap Tuhan. Menariknya, lagi dalam gelaran tersebut, Anda dapat menikmati cita rasa kopi khas.

Serta berbagai camilan dan makanan. Hampir semuanya itu gratis. Seluruh penduduknya sangat ramah dan suka bila ada tamu datang ke rumah mereka. Konon katanya mendatangkan banyak rezeki.

Jawa Timur Tidak Hanya Sekedar Rawon

Setelah lelah berkeliling saatnya menyantap berbagai menu makanan asli Jatim. Apakah hanya Rawon saja? Bukan, masih ada Rujak Cingur khas Surabaya. Di mana Anda dapat menikmati berbagai jenis sayuran.

Ditambah dengan guyuran sambal kacang pedas serta cingur atau lidah sapi yang direbus. Cita rasa enak dan cocok untuk santap siang. Masih dengan sambal kacang tetapi, dipadukan dengan tumpang.

Ada di kediri dan biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi namanya adalah sambal Tumpang. Cita rasanya memang juara sulit untuk mengalahkannya. Hampir di seluruh penjuru Kediri menyediakannya.

Jika, Anda belum tahu, tumpang ini adalah sebuah sambal dibuat dari bahan tempe basi. Dipadukan dengan ayam atau sapi, walau basi tetapi, cita rasanya membuat lidah sulit berhenti mengunyah.

Apakah aman? Tenang saja, Tumpang sangat aman bahkan, Anda bisa tambah dua kali kalau sudah menikmatinya. Selain makanan berat, Jatim juga punya oleh-oleh khas. Bila berkunjung ke Sidoarjo.

Jangan lupa beli Telur Asin, bahan untuk membuatnya berasal dari telur bebek. Rasanya asin tetapi, cocok digunakan sebagai lauk. Jawa Timur menjadi kawasan di Indonesia terbaik untuk berwisata.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts