Jalan-jalan Yuk, Berikut adalah Daftar Objek Wisata Papua Pilihan Tercantik

objek wisata papua

Menurut beberapa artikel dan acara televisi, objek wisata Papua memiliki peluang berkembang sangat besar. Apalagi melihat banyaknya daerah cantik belum bisa dieksplor. Bisa saja kemudian hari bertambah terus tempat travelingnya.

Untuk sebagian besar orang Indonesia, sebenarnya masih cukup ragu untuk datang langsung. Terlebih jika belum punya pengalaman banyak berwisata ke tempat jauh. Tidak masalah jika memiliki teman atau persiapan lengkap.

Rekomendasi Objek Wisata Papua Terbaik

Sebelum Anda memutuskan berangkat ke Papua, alangkah baiknya cek kebutuhan uang dulu. Selain itu tambah pengetahuan mengenai tempat yang mau dikunjungi. Kalau belum tahu, sekarang sudah banyak rekomendasi paling bagus.

1. Raja Ampat

objek wisata papua - raja ampat

Raja Ampat sekarang masuk golongan nomor satu sebagai objek wisata Papua terbaik. Bahkan menurut beberapa majalah sudah dikenal sebagai tujuan bagus untuk perjalanan. Hasilnya wisatawan luar negeri mulai berkunjung.

Bahkan pengunjung sudah membuktikan kalau ternyata tidak kalah dengan Bali. Terlebih sekarang dari segi fasilitas terus dilengkapi oleh pemerintah daerah. Tidak heran mungkin dapat menggeser wisata besar lain negara kita.

Salah satu bentuk pembangunan terbaik di Raja Ampat misalnya penginapan atau hotel mewah. Bahkan sudah dilengkapi lagi sama restoran terkenal. Disini kita tidak hanya bisa memesan makanan khas Papua saja.

(Baca Juga: Kunjungi Yuk, Tempat Wisata di Bali yang Cocok untuk Keluarga)

2. Puncak Jayawijaya

objek wisata papua - puncak jaya wijaya

Puncak Jaya sangat cocok dikunjungi para pendaki yang sebelumnya punya keinginan menantang kemampuan. Terlebih dilengkapi dengan ketinggian 4.888 m sehingga tergolong jauh. Tidak heran sering dipakai dalam film dokumenter.

Terlebih lagi gunung ini memiliki keunikan dengan adanya gletser Carstensz. Kita bisa melihat adanya area bersalju pada bagian puncak yang menakjubkan. Bahkan bisa dibilang satu-satunya daerah bersalju di Indonesia.

Mendaki Puncak Jaya sebenarnya lebih cocok untuk Anda yang suka berpetualang. Apalagi objek wisata Papua cukup sulit untuk kita daki. Perlu bantuan guide atau orang lokal supaya aman sampai puncak.

3. Museum Cendrawasih

objek wisata papua - meseum cendrawasih

Selain mengunjungi tempat alam sebenarnya ada rekomendasi tempat bersejarah untuk Anda kunjungi. Misalnya saja museum Cendrawasih yang sudah ada sejak 1970. Letaknya ada di Biak dan dipakai memperkenalkan budaya setempat.

Kita disini juga bisa melihat benda cukup aneh dan tidak umum ditemui. Apalagi terdapat peninggalan perang dunia 2 yang menakjubkan. Museum Cendrawasih terbilang sangat unik, berbentuk seperti rumah adat tradisional.

  • Pantai dan Danau Mutiara Hitam

objek wisata papua - pantai dan danau mutiara hitam

Kalau kita berbicara mengenai pantai di Indonesia, sudah dikenal luar biasa. Bahkan dari Sabang sampai Merauke memiliki keunikan masing-masing. Termasuk dari wilayah paling Timur dari wilayah Indonesia seperti Papua.

Rekomendasi pertama misalnya yakni ada pantai Gedo. Anda bisa menemukannya bila mengunjungi daerah Nabire. Sangat Instagrammable karena lautnya begitu biru, angin juga sejuk sehingga cocok dipakai santai sambil berjemur.

Objek wisata Papua berupa pantai satu ini memang sudah terkenal seantero provinsi. Bahkan banyak dikunjungi pesepakbola nasional terutama dari Persipura Jayapura. Pemain lokal sering mengajak pemain asing berwisata disini. 

Selanjutnya yaitu ada Pantai Pasir Putih yang letaknya di daerah Manokwari. Tentu sesuai namanya disini kita bisa melihat tampilan pasir sangat bersih. Intinya sangat enak untuk tiduran santai.

Meski begitu biasa dipakai dalam kegiatan olahraga air yang lebih menantang. Misalnya saja dipakai diving untuk melihat kedalaman laut Papua Barat. Tapi kalau tidak mau terlalu dalam, bisa melakukan snorkeling.

Lalu untuk danau, sebenarnya yang besar banyak tapi tidak semuanya menarik. Disini untuk yang disarankan adalah ada danau Love. Di mana orang lokal menyebutnya Imfote, terletak di Jayapura,

Sesuai namanya berbentuk seperti Love atau hati. Maka dari itu bakal cocok dikunjungi bersama pasangan atau istri. Nantinya setelah berfoto bakal kelihatan romantis dan mendekatkan satu sama lain.

Sampai sekarang orang lokal maupun luar sering memakainya sebagai tempat pre wedding. Apalagi visual bukan hanya pemandangan tentang danau saja. Tapi lingkungan sekitarnya dilengkapi hamparan hutan hijau sehingga segar.

  • Teluk Laut dan Pulau Menawan

objek wisata papua - teluk dan laut yang menawan

Kalau membahas teluk, maka Teluk Triton pasti menjadi salah satu yang tercantik. Terlebih lagi letaknya di Papua Barat sehingga mulai berkembang. Apalagi daerah ini memang tidak kalah dari provinsi Papua.

Sebenarnya kalau kita cek secara langsung, maka Teluk Triton kurang lebih mirip sama Raja Ampat. Terdapat tebing berselimut tumbuhan sehingga disebut mirip seperti surga. Jadi, bakal cocok dijadikan background foto.

Selain Teluk Triton, mungkin hanya diasingi oleh Teluk Youtefa dari segi kecantikan tampilannya. Tapi Teluk Youtefa memiliki kelebihan karena mirip seperti lukisan. Kombinasi pantai dan garis laut membuat mata bahagia.

Jika kita lihat dari gambar, objek wisata Papua ini memang sangat bersih. Terbilang cukup dijaga oleh pihak setempat supaya tetap lestari. Kelebihan lain Teluk Youtefa yakni dilengkapi sama sarang penyu.

Untuk rekomendasi pulau mungkin belum banyak yang terbilang bagus. Tapi belakangan muncul nama pulau Um yang akhirnya banyak diketahui. Kelebihannya termasuk perawan sehingga waktu dimasuki masih alami tanpa pembangunan.

Sama seperti Teluk Triton, Pulau Um ini terletak di Papua Barat. Tepatnya kota Sorong yang terkenal memiliki sumber daya alam maupun manusia bagus. Kita bersyukur sekarang mulai diketahui oleh pemerintah.

Hasilnya tidak lama pasti pengunjung bisa melihat banyak hutan sangat ketat tumbuh pada tanah pulaunya. Jika dilihat dari luar, pulau Um terlihat sangat alami. Jadi, harus segera dibuat pembukaan jalan.

(Baca Juga: Trik Perjalanan Objek Wisata Lokal Supaya Aman)

  • Taman Nasional Terbaik Kebanggaan Negara

objek wisata papua - taman nasional terbaik

Pertama, ada Taman Nasional Wasur di mana sudah termasuk lahan basah terbesar milik negara. Kelebihan utamanya yaitu sangat cantik saat diambil fotonya dari berbagai angle. Bahkan dari atas semakin menawan.

Taman Nasional Wasur terbilang sangat dijaga dengan baik karena ada lebih dari 350 jenis burung hidup secara bebas. Bahkan 80 jenisnya termasuk endemik. Inilah bukti langsung kekayaan fauna tanah Papua.

Kelebihan inilah yang membuat objek wisata Papua tersebut lebih cocok bagi pecinta burung. Bakal puas melihat berbagai satwa terbang dengan fisik unik. Ditambah memiliki warna cantik dan tidak biasa.

Selain Wasur, ada Taman Nasional Lorentz. Di mana sudah terkenal sebagai Taman Nasional paling luas di antara negara Asia Tenggara. Belum ada yang mengalahkan karena luas wilayahnya 2,4 juta hektar.

Apalagi didalamnya terdapat 10 Kabupaten berbeda. Sebenarnya Taman Nasional Lorentz sudah mengikuti seleksi UNESCO. Akhirnya menjadi kebanggaan negara kita karena diterima sebagai warisan dunia tahun 1999 lalu.

Selain taman nasional, kita tidak boleh melupakan adanya pegunungan Foja. Apalagi bisa menjadi alternatif untuk kita daki dibanding harus menghadapi puncak Jayawijaya. Bahkan terbilang jauh lebih mudah dibanding gunung Jaya.

Kelebihan utama dari pegunungan Foja yakni banyak sekali spesies flora maupun fauna unik. Disini terdapat asli endemik paling unik. Misalnya ada Katak warna warni, tikus raksasa, Kanguru, dan Walabi.

  • Pasar Tradisional dan Makanan Khas

objek wisata papua - pasar tradisional

Pasar terbaik yang disarankan Anda kunjungi disini yaitu Pasar Sentral Timika. Sebenarnya kalau dilihat memang sama seperti pasar pada umumnya. Dimana menjadi tempat terbaik membeli bahan makanan paling murah.

Disini kita bisa melihat kalau ternyata terdapat banyak penjual dengan bahan jualan lokal bervariasi. Bakal mudah buat kita menemukan produk herbal maupun ternak. Cukup bersih karena sering dikunjungi pemerintah setempat.

Pasar lokal daerah pedalaman juga sangat menarik. Apalagi didalamnya terdapat banyak unsur kuno sehingga unik kalau kita saksikan. Mulai dari alat tukar sampai barang yang dijual kelihatan authentic dan original

Pada objek wisata Papua berupa pasar sendiri kita bisa melihat warga lokal menggunakan pakaian adat. Ditambah lagi menyaksikan interaksi yang cukup sulit ditemukan pada daerah lain. Mereka semua tergolong ramah.

Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas dari Papua yang terbilang unik. Misalnya saja paling terkenal dan sudah banyak diminati yakni papeda. Papeda sendiri makanan utama masyarakat dari bahan sagu.

Sagu sendiri jika kita lihat langsung sebenarnya dibuat sangat sulit. Di mana harus memotong batang sagu berukuran besar, dihaluskan lalu diberi air. Kemudian diambil sarinya untuk dibuat tepung bahan makanan.

Papeda paling enak kalau dimakan dengan banyak menu khas lokal. Misalnya hidangan ikan laut kuah kuning yang segar dengan rempah melimpah. Atau bersama ikan bakar Manokwari dan sambal colo colo.

Meski belum memiliki banyak fasilitas terbaik skala dunia, tetap menjadi tempat yang bagus. Terutama jika Anda lebih menyukai alam dibanding bangunan atau manusia. Nantinya objek wisata Papua pasti lebih menyenangkan.

Total
126
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts