Pilihan Wisata Labuan Bajo, Destinasi Kaya Akan Pesona Eksotis

Pilihan Wisata Labuan Bajo, Destinasi Kaya Akan Pesona Eksotis
Pilihan Wisata Labuan Bajo, Destinasi Kaya Akan Pesona Eksotis

Tempat bernama Labuan Bajo memang menjadi salah satu destinasi yang sedang hits saat ini. Kawasan satu ini merupakan salah satu kota yang secara administratif ada di Kecamatan Komodo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. 

Baca juga : Cara Memilih Penginapan Ekonomis, Cocok untuk Liburan

Daerah ini memiliki keistimewaan tersendiri sehingga dijadikan sebagai destinasi yang potensial. Salah satunya karena adanya Komodo, hewan purba yang hanya ada di kawasan tersebut.

Selain karena Komodo, alam yang dimiliki ibu kota Kecamatan Komodo ini juga sangat eksotis. Mulai dari perbukitan, pantai, dan berbagai keindahan lainnya tersedia. Bagi yang hendak menjelajah ke kawasan wisata ini, beberapa destinasi berikut menarik kalian jelajahi. 

Ragam Opsi Wisata Menarik di Labuan Bajo yang Eksotis

Ragam Opsi Wisata Menarik di Labuan Bajo yang Eksotis
Ragam Opsi Wisata Menarik di Labuan Bajo yang Eksotis

Kota kecil yang lokasinya di barat Pulau Flores ini memang memiliki segudang potensi wisata. Selain itu, infrastruktur dan segenap fasilitas gencar dibangun guna semakin menarik banyak minat pelancong. Pilihan wisatanya sangat variatif, diantaranya seperti:

1. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo
Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo bisa menjadi destinasi pertamamu saat menjejakkan kaki di kawasan ini. Wae Rebo merupakan desa yang kondang sebagai tempat wisata, sekaligus menjadi salah satu ikon liburan di NTT. 

Desa Wae Rebo terkenal akan adatnya yang kental. Selain itu, lokasinya di kawasan perbukitan, sehingga terasa seperti di atas awan. Salah satu daya tarik di Desa Wae Rebo adalah berjajar rapinya rumah-rumah adat.

Pemandangan alamnya sangat memanjakan mata, ditambah lagi keramahan penduduknya yang mengagumkan. Kalian bisa mengunjungi desa wisata ini kapan saja, alamat lokasinya ada di Satar Lenda, Kecamatan Satar, Manggarai, Labuan Bajo. 

2. Pantai Pink

Pantai Pink
Pantai Pink

Umumnya panorama pasir pantai berwarna putih, cokelat, hingga hitam. Berbeda dengan yang ada di daerah wisata ini, kalian bisa menjumpai pantai berpasir pink. Warna pink yang ada di pasirnya ini disebabkan oleh Foraminifera.

Foraminifera sendiri merupakan hewan berukuran kecil yang tersebar di sepanjang tepian pantai. Hal inilah yang membuat pasir pantai di kawasan ini berwarna merah muda dan terlihat cantik.

  • Lokasi 

Pantai Pink bisa kalian jumpai di kawasan Desa Labuan Bajo, Kecamatan Komodo. Untuk bisa masuk ke lokasi, kalian cukup bayar tiket sekitar Rp10.000 per orangnya. Harga yang dipasang bahkan sangat murah.

  • Aktivitas Seru untuk Dilakukan

Seperti halnya berlibur di pantai-pantai lainnya, kalian bisa tracking di sepanjang lokasi. Latar belakang pasir yang berwarna pink juga cocok untuk background foto. Airnya sangat jernih, menarik untuk dijadikan tempat snorkeling. 

Berjemur dan menikmati panorama sekitar juga menjadi ide menarik untuk kalian lakukan. Jangan khawatir akan keamanan, karena Foraminifera yang ada di pink beach ini tetap aman untuk dipijak.

3. Sawah Lingko

Sawah Lingko
Sawah Lingko

Labuan Bajo terkenal dengan wisata baharinya yang mengagumkan. Akan tetapi, selain wisata bernuansa bahari, ada juga destinasi bertemakan perbukitan dan pedesaan. Salah satunya Sawah Lingko, wisata bertemakan persawahan estetik.

Sawah-sawah yang ada di desa ini sangat menarik karena ditanam dengan pola jaring laba-laba. Kalian akan dibuat takjub dengan motif persawahan yang dihadirkannya karena terkenal sangat memukau.

  • Aktivitas Seru di Sawah Lingko

Menjelajah alam merupakan aktivitas seru saat di Sawah Lingko. Udara yang sejuk khas persawahan sangat memanjakan siapa saja yang datang. Kalian juga bisa berfoto dengan latar persawahan eksotis yang unik.

  • Lokasi dan Tiket

Sawah Lingko merupakan destinasi yang masuk ke daerah Meler, Manggarai. Jika kalian ingin masuk ke kawasan ini, harga tiket per orangnya hanya sekitar Rp20.000 dan dianggap murah.

4. Pulau Padar

Pulau Padar
Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu destinasi paling disukai di Labuan Bajo. Hal ini tidak lepas dari gencarnya para selebgram mempromosikan Pulau Padar di laman media sosial mereka. Walau tergolong mainstream, mengunjungi pulau cantik ini tidak akan membuat menyesal.

Pulau Padar sendiri merupakan salah satu pulau besar di Taman Nasional Komodo. Perbukitan yang khas menjadi daya tarik utamanya. Selain itu, pesona pantai di sekitarnya juga semakin menambah pesonanya. 

Pulau Padar secara administratif berada di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat. Jika ingin berkunjung ke destinasi cantik ini, cukup bayar tiket secara murah mulai dari Rp5.000 per orangnya.

5. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Labuan Bajo memang sangat identik dengan Pulau Komodo, destinasi yang juga terkenal di kalangan pelancong luar. Seperti nama pulau ini, di dalamnya memang hidup komodo secara bebas. 

Perlu kalian ketahui bahwa komodo merupakan salah satu satwa purbakala yang masih tersisa sampai sekarang. Uniknya, spesies satwa purba ini hanya ada di satu tempat sehingga membuat pulau ini spesial. 

Bahkan pulau cantik ini sudah masuk ke situs warisan dunia, berkat menjadi habitat komodo yang berjumlah sekitar 2.500 ekor. Kalian akan dipandu oleh tour guide sehingga tidak perlu khawatir akan risiko keamanan. 

Setelah puas menjelajah dan melihat komodo langsung, coba tracking ke sekitar pantainya. Pantai di Pulau Komodo tidak kalah eksotis dengan daerah lain. Panorama lautnya sangat bersih dan jernih. 

Selain itu, secara akses sudah tergolong mudah terlebih jika kalian menggunakan tour and travel. Lokasinya sendiri masih di Kabupaten Manggarai Barat, tepatnya di Kecamatan Komodo. 

6. Pulau Kelor

Pulau Kelor
Pulau Kelor

Tidak jauh dari Labuan Bajo, ada Pulau Kelor yang merupakan pulau cantik kaya pemandangan eksotis. Pulau dengan pasir putih nan bersih ini memiliki lanskap yang sangat bervariasi. Selain pesona bahari, ada perbukitan yang tidak kalah menariknya. 

Selain itu, wisatawan juga bisa menginap di resor yang sudah disediakan di sekeliling pulau. Pesona bawah laut Pulau Kelor juga sangat menggoda para wisatawan. Kalian bisa mencoba aneka water sport yang disediakan.

Selain itu, snorkeling hingga scuba diving juga menjadi aktivitas seru dan pasti tidak terlupakan. Pulau cantik ini juga cocok untuk menjadi lokasi tracking perbukitan. Kalian juga bisa merasakan sensasi bermalam dengan tenda di tepian pantai. 

7. Atol Mangiatan

Atol Mangiatan
Atol Mangiatan

Bagi yang belum terlalu familiar dengan atol, kawasan tersebut juga bisa disebut sebagai pulau karang. Pulau karang ini umumnya berada di tengah lautan, dan ada laguna di dalamnya.

Atol Mangiatan merupakan salah satu spot seru dan menarik di Labuan Bajo. Pesonanya luar biasa untuk kalian nikmati. Kalian bisa berenang di tengah laguna, menikmati indahnya panorama laut di sekitarnya, dan masih banyak lagi tentunya.

Wisata bahari ini tidak jauh lokasinya dari Pulau Komodo. Kalian bisa naik speedboat jika ingin menyambangi Atol Mangiatan secara mudah. Uniknya lagi, tidak ada tarikan tiket masuk jika ingin masuk ke atol unik ini. 

8. Pantai Lariti

Pantai Lariti
Pantai Lariti

Pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang juga ada di kawasan Labuan Bajo. Pantai Lariti namanya, dengan ciri khas landscape bebatuan karang, air jernih, perbukitan, hingga pasir putih. 

Pantai cantik ini masih sangat asri, tergolong sedikit wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Padahal, dari segi eksotisme pemandangan, tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di daerah tersebut.

Aneka aktivitas seru bisa kalian lakukan di Pantai Lariti seperti bermain air, tracking, hingga berfoto. Bukit hijau yang ada di sekelilingnya juga kian menambah eksotisnya pemandangan. Untuk lokasi tepatnya, datang saja ke daerah Soro, dengan tiket masuk sekitar Rp5.000. 

9. Manta Point

Manta Point
Manta Point

Keindahan bawah laut di Labuan Bajo juga bisa kalian nikmati di Manta Point. Kawasan satu ini merupakan spot khusus di mana kalian bisa berenang hingga menyelam. Eksplorasi indahnya terumbu karang dan habitat bawah laut merupakan hal menyenangkan.

Salah satu biota laut khas yang hidup di Manta Point adalah ikan pari. Jika kalian menyelam dan berenang menjumpai ikan pari, pastikan berada di jarak aman. Lebih aman lagi untuk menghindari bagian ekornya, karena racun ada di bagian tersebut.

Walau demikian, banyak wisatawan yang tetap gemar berenang dan mengeksplorasi pesona bawah laut Manta Point. Selain ikan pari, tentunya masih banyak hal menarik yang bisa dieksplor di kawasan wisata ini.

10. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
Pulau Kanawa

Labuan Bajo memang memiliki banyak pulau wisata yang eksotis. Salah satu yang jangan sampai kalian lewatkan adalah Pulau Kanawa, tempat menarik untuk bermain air. Pulau cantik ini akan membawa kalian merasakan sensasi bermain air dengan perairan jernihnya.

Kalian bisa melakukan snorkeling, diving, dan berbagai aktivitas perairan lainnya yang seru. Airnya yang jernih, akan membuat terumbu karang terlihat sangat jelas. Spot snorkeling di Pulau Kanawa ini sangat banyak.

Bagi yang sengaja ingin snorkeling, mendatangi Pulau Kanawa memang opsi menarik. Selain itu, pasir pantainya juga sangat bersih membuat pemandangan di sekitar kian menawan. Sebenarnya masih banyak destinasi yang bisa kalian eksplor di kawasan wisata tersebut. 

Baca juga : Tips Liburan ke Candi Borobudur Supaya Tidak Kecewa

Mulai dari eksplor desa wisata, pantai, sampai air terjunnya semua memukau. Wisata di NTT ini memang cocok untuk kalian agendakan di liburan nanti. Banyaknya wisata yang dihadirkan di Labuan Bajo, tidak heran jika pemerintah setempat terus melakukan pembenahan. 

Total
8
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts