Ikutin Yuk, Rekomendasi Kuliner Bandung yang Patut Untuk Dicoba

Bandung memang dikenal sebagai “surganya” makanan. Banyak sekali rekomendasi kuliner bandung yang bisa didapatkan saat sedang berkunjung ke bandung.  Berbagai makanan berat sampai jajanan ringan menggoda selera, semua bisa ditemukan di kota kembang yang satu ini. Kota cantik ini memang memiliki daya tarik sebagai kota kuliner, makanan khas Bandung dengan cita rasa kuat akan membuat wisatawan semakin merindu akan kelezatan tiap hidangannya.

Bagi kamu yang akan mengunjungi kota Bandung tak perlu bingung memilih makanan apa saja yang perlu kamu cicipi setibanya di kota tersebut. Berikut ada beberapa rekomendasi kuliner Bandung yang wajib kamu santap. Soal rasa, tak perlu diragukan karena semuanya dijamin enak.

Rekomendasi Kuliner Bandung yang Lezat dan Murah Meriah

Mie kocok

Rekomendasi kuliner bandung - Mie Kocok

Udara Bandung yang dingin paling enak menyantap makanan hangat berkuah. Kamu bisa menjajal mie kocok. Makanan yang satu ini mudah untuk ditemukan terutama ketika sore hingga malam hari. Mie kocok sendiri merupakan hidangan dengan mie kuning bentuk gepeng yang disertai sumsum, potongan kikil, serta bawang goreng dan daun seledri. Rasanya gurih dan segar, tubuh menjadi lebih hangat setelah menyantap olahan mie tersebut.

Harga satu porsinya sendiri cukup bervariasi rata-rata mulai dari Rp. 25.000

Batagor Bandung

Rekomendasi kuliner bandung - Batagor Bandung

Siapa sih yang tak tau dengan batagor? Saking populernya, jajanan yang satu ini bahkan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai kota. Namun, jika kamu sudah ke Bandung kamu tetap harus mencobanya untuk melihat perbedaan di tempat asli batagor berasal.

Ada beberapa tempat makanan batagor terkenal di Bandung, seperti batagor Kingsley. Gak cukup makan di tempat, kamu pasti bakal bungkus untuk dijadikan oleh oleh saat pulang. Batagor memiliki kisaran harga Rp. 19.000 per porsi.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner di Batam yang Wajib Kamu Cobain)

Seblak

Rekomendasi kuliner bandung - Seblak

Rekomendasi kuliner Bandung selanjutnya adalah seblak. Makanan yang berisikan sayur, ayam, telur, dan kerupuk basah ini begitu populer di Bandung, bahkan di kota lain. Kuahnya yang pedas sangat cocok di santap ketika siang hari. Seblak juga memiliki tingkat level yang cocok dijadikan sebagai tantangan bersama teman. Kini, seblak juga memiliki berbagai varian toping yang menggugah selera, dijamin bikin nagih deh. Makan seblak di Bandung itu gak cukup hanya sekali.

Karedok

Rekomendasi kuliner bandung - Karedok

Ingin menjajal makanan khas Bandung yang sehat, karedok adalah jawabannya. Rekomendasi kuliner Bandung yang satu ini merupakan makanan dengan campuran berbagai sayur yang disiram dengan saus kuah kacang. Sayurnya sendiri terdiri dari kol, tauge, kacang panjang hingga mentimun.

Jika ingin lebih kenyang, kamu bisa tambahkan dengan lontong. Rasanya yang nikmat dengan paduan gurih saus kacang dijamin bikin ketagihan. Kapan lagi makan makanan sehat tapi nikmat?

Nasi tutug oncom

Rekomendasi kuliner bandung - Nasi Tutug Oncom

Ingin mencoba kuliner Bandung dengan kesan tradisional yang cukup kuat? Maka tutug oncom jawabannya. Rekomendasi kuliner Bandung ini juga mudah ditemukan di kota-kota jawa barat seperti Ciamis dan Tasik. Namun, jika kamu berkunjung ke Bandung ini saatnya untuk sekalian menjajal kuliner lezat yang satu ini. Nasi tutug oncom sendiri adalah nasi yang diolah dengan cara ditumbuk bersama dengan tempe. Biasanya disajikan dengan lauk seperti tahu, ayam dan tempe goreng. Makanan yang satu ini cocok dimakan bersama dengan teman atau keluarga. Berasa makan di tanah sunda banget, deh.

Lotek

Rekomendasi kuliner bandung - Lotek

Sering disamakan dengan karedok, lotek juga merupakan rekomendasi kuliner Bandung yang sehat dan sedap. Memang tampilannya sepintar mirip dengan karedok, ini sebabnya tak sedikit orang beranggapan bahwa kedua makanan tersebut adalah sama. Lotek sendiri adalah hidangan yang berisikan berbagai jenis sayuran yang sudah direbus kemudian disiram menggunakan saus kacang.

Jenis sayuran yang digunakan biasanya kangkung, kacang panjang dan tauge. Lotek juga cocok dimakan bersama dengan lontong. Makanan yang satu ini direkomendasikan untuk kamu yang kurang menyukai sayuran mentah.

Colenak

Rekomendasi kuliner bandung - Colenak

Colenak merupakan akronim dari dicocol enak. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa manis yang sulit untuk dilupakan. Colenak adalah hidangan peuyeum yang diolah dengan cara dibakar kemudian dicocol menggunakan gula merah yang sebelumnya telah dilelehkan. Rasanya akan semakin enak saat dicampur menggunakan parutan kelapa. Rasa manis dan gurih bercampur menjadi hidangan yang lezat.

Surabi

Rekomendasi kuliner bandung - Surabi

Rekomendasi kuliner Bandung selanjutnya adalah surabi. Kamu sangat wajib mencoba surabi saat tiba di kota Bandung. Makanan yang satu ini memang biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Namun, kini surabi bukan hanya hidangan polos dengan rasa gurih saja, melainkan memiliki berbagai varian rasa kekinian.

Umumnya, tempat makan surabi akan mulai ramai ketika sore hari. Ada begitu banyak rasa yang tersedia, mulai dari original, coklat, blueberry, hingga rasa asin menggunakan keju dan berbagai topping menarik lain.

Harga per porsinya sendiri cukup bervariatif, tergantung rasa yang dipilih. Namun, rata-rata kisaran harga per satuannya adalah Rp. 8000 rupiah. Sangat terjangkau bukan?

(Baca Juga: 10+ Rekomendasi Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Dicicipi Saat Liburan)

Tahu susu Bandung

Rekomendasi kuliner bandung -Tahu susu Bandung

Rekomendasi kuliner bandung yang berikutnya adalah Tahu susu Bandung. Bandung memang dikenal akan berbagai hidangan lezatnya, tak heran jika kota ini sering dijuluki sebagai kota kuliner. Bahkan, Bandung memiliki tahu super lezat dengan tekstur yang lembut, yakni tahu susu Bandung. Kamu akan mudah menemukan tahu ini saat berkunjung di lembang.

Sebagai tambahan informasi, lembang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang memiliki berbagai keindahan alam serta lokasi wisata menarik. Kamu bisa membeli tahu tersebut sembari berwisata di lembang. Tahu susu lembang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, dijamin semua keluarga yang menerimanya akan senang dengan jenis tahu yang satu ini.

Pisang bolen khas Bandung

Rekomendasi kuliner bandung - Pisang Bolen Bandung

Bingung cari oleh-oleh apa saat dibawa pulang setelah ke Bandung? Pisang bolen khas Bandung bisa menjadi jawabannya. Makananan yang satu ini dibuat menggunakan pisang, telur, mentega serta susu. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, makanan tersebut juga bisa kamu konsumsi saat di Bandung ketika cuaca sedang terik. Pisang bolen juga cocok dijadikan teman sarapan bersama teh hangat.

Bandros dan kue cubit

Rekomendasi kuliner bandung - Kue Cubit

Rekomendasi kuliner Bandung selanjutnya adalah bandros dan kue cubit. Bagi kamu yang rindu camilan tradisional namun menginginkan rasa kekinian yang familiar di lidah, bandros dan kue cubit bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya,  kedua kue ini kini dibuat dengan berbagai varian rasa modern. Ada greentea, coklat hingga rasa lain yang semakin memanjakan lidah.

Bentuknya sendiri tampak seperti pukis, rasanya didominasi oleh rasa gurih. Rasa originalnya juga perlu kamu coba, dijamin gak akan bikin kecewa. Untuk bandros kamu bisa tambahkan gula pasir di atasnya untuk menambah kekayaan rasa juga dapat menjadi pilihan yang patut dicoba.

Sedangkan untuk kue cubit kamu bisa memesan berbagai varian rasa kekinian yang sudah disebutkan. Kue cubit setengah matang bisa menjadi makanan yang luar bisa. Kamu bisa coba untuk membuktikannya. Kisaran harganya cukup bervariasi tergantung toping yang dipilih. Namun, rata-rata harga untuk makanan ini adalah mulai dari Rp. 8000 ke atas.

 

Itulah beberapa rekomendasi kuliner bandung yang bisa kamu cobain saat kamu sedang berburu kuliner di bandung. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk yang sedang mencari referensi kuliner. Selamat membaca!

 

 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts