Rekomendasi Kuliner Banyuwangi Yang Patut Kita Coba

rekomendasi kuliner banyuwangi

Indahnya aneka tempat wisata di Banyuwangi membuat ibu kota dari kabupaten Banyuwangi tidak pernah sepi wisatawan, setidaknya sejak 10 tahun terakhir. Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur ini terkenal dengan pantai-pantainya yang memanjakan mata. Kawah Ijen juga menjadi tempat yang membuat Banyuwangi menjadi salah satu tempat wisata yang ikonik. Selain Kawah Ijen dan beragam pantai serta keindahan wisata alam lainnya, Banyuwangi juga memiliki berbagai macam tempat yang dapat dijadikan jujugan wisata kuliner kita.

Dalam artikel ini, kami tidak hanya memberitahukan tempat makan atau rekomendasi kuliner Banyuwangi yang patut kita coba. Kami juga akan memberitahukan hari dan jam buka dan tutup masing-masing tempat, sebagaimana juga hal yang menarik pada setiap poin rekomendasi kuliner Banyuwangi dan menu yang kami rekomendasikan serta harganya.

Berikut ini adalah rekomendasi kuliner Banyuwangi yang perlu kita coba agar tidak menyesal ketika berkunjung ke Banyuwangi:

Bubur Ayam Jakarta Dekat Pasar Srono

rekomendasi kuliner banyuwangi - Bubur ayam pasar srono

Rekomendasi kuliner Banyuwangi yang pertama yang akan kita lihat adalah bubur ayam Jakarta dekat Pasar Srono. Sebagaimana kota dan kabupaten lain di Indonesia, Banyuwangi juga memiliki pasar tradisional. Salah satu pasar tradisional yang terkenal di Banyuwangi adalah  Pasar Srono yang terletak di jalan besar Srono-Muncar, Srono, Kebaman, Kecamatan Srono.

Ketika kita belok kiri ke dalam, kita akan menemukan teras BRI. Nah, lokasi tempat makan Bubur Ayam Jakarta ini terletak hanya beberapa puluh meter jauhnya dari teras BRI dekat Pasar Srono. Seperti namanya, Bubur Ayam (Rp 5.600) adalah menu andalan tempat kuliner berbentuk warung satu ini. Tambahkan Sate Telur (Rp 3.000 per tusuk) dan pengalaman makan bubur ayam di warung Bubur Ayam Jakarta ini akan semakin wow!

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Malang Paling Khas dan legendaris, Wajib Coba di Tahun 2021)

Kalau bosan dengan bubur ayam, coba saja Sego Cawuk (Rp 7.000), salah satu makanan khas Banyuwangi yang juga dijual di tempat makan satu ini. Suka yang manis-manis? Coba saja Pisang Cokelat Keju (Rp 5.900) atau Angsle (Rp 10.000) yang juga dijual di tempat satu ini.

Waktu terbaik untuk menikmati berbagai macam hidangan di Bubur Ayam Jakarta adalah setiap hari mulai dari pukul 07:00-11:30. Sebelum atau sesudah belanja di Pasar Srono pun oke!

Dragon Cafe Benteng Buah Naga

rekomendasi kuliner banyuwangi - Dragon cafe benteng buah naga

Untuk rekomendasi kuliner Banyuwangi dengan sentuhan kafe modern dan kekinian yang bersih, kita dapat mencoba Dragon Cafe Benteng Buah Naga, yang terletak di Jalan Juanda No. 46-49, Dusun Kp. Baru, Jajag, Kecamatan Gambiran. Seperti namanya, aneka sajian makanan berbahan dasar buah naga merupakan spesialisasi dari Dragon Cafe Benteng Buah Naga. Kafe yang buka setiap hari mulai pukul 13:00-00:00 ini terutama memiliki berbagai macam menu buah naga yang unik. 

Misalnya, Nasi Goreng Buah Naga (Rp 20.000) seperti yang terdapat pada gambar di atas. Sego Tempong, salah satu makanan khas Banyuwangi, juga tersaji dengan campuran buah naga di kafe satu ini (Rp 15.000). 

Kalau dilihat sekilas, nasi goreng dan sego tempong buah naga nyaris susah dibedakan karena warna nasinya yang sama-sama merah muda dan sama-sama disajikan dengan acar. Namun jika diteliti lebih lanjut, nasi gorengnya memiliki potongan daging dan bawang daun yang lebih banyak dibandingkan sego tempongnya.

Nama-nama minumannya juga unik dan rasanya pun enak-enak. Beberapa yang menjadi rekomendasi kami adalah Kawah Ijen Capuccino (Rp 15.000) dan Kopi Pantai Pancer (Rp 17.000). Sedang intoleran dengan kafein? Masih ada Alas Purwo Green Tea (Rp 16.000) yang patut kita coba.

Srengenge Wetan

rekomendasi kuliner banyuwangi - Srengenge wetan

Kalau ingin mencoba makanan khas Banyuwangi dalam sentuhan tradisional nan ngangenin, Srengenge Wetan ini bisa jadi rekomendasi kuliner Banyuwangi yang perlu kita coba. Tempat makan berupa restoran tertutup yang berlokasi di Jalan Panglima Besar Sudirman No. 175, Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi ini buka setiap hari dari pukul 08:00-22:00. Sebagai salah satu restoran yang terletak di pusat kota Banyuwangi, restoran ini bisa dibilang cukup ramai dengan standar kebersihan yang ketat di satu sisinya.

Seperti pada gambar, aneka makanan tradisional Banyuwangi adalah spesialisasi Srengenge Wetan. Sego Segoro (Rp 35.000) yang terdiri dari nasi, ikan bakar, sayuran, sambal, dan lalapan adalah salah satu menu jagoannya. 

Masih ada juga Ayam Kesrut Uyah Asem dan Pecel Pitek (Rp 30.000), Rujak Soto (Rp 28.000), Nasi Pedho (Rp 18.000) atau yang dengan tambahan pete atau telur (Rp 20.000), dan lain-lain yang merupakan spesialisasi restoran Srengenge Wetan maupun makanan tradisional yang Banyuwangi banget.

Biji kopi varian Ijen dapat kita temui dalam versi Arabica (Rp 16.000) maupun Robusta (Rp 15.000)nya untuk minuman kopi yang menjadi salah satu andalan Srengenge Wetan. Kalau ingin rasa kopi yang lebih pekat, dapat juga memilih pengolahan Tubruk Lanang (Rp 18.000) untuk varian biji kopi yang unik khas Banyuwangi dan khas Srengenge Wetan ini.

Palm Sugar Cafe

rekomendasi kuliner banyuwangi - Palm sugar cafe

Rekomendasi kuliner Banyuwangi satu ini adalah untuk kita yang hobi makan sehat atau suka makan rame-rame. Pasalnya, Palm Sugar Cafe menyediakan berbagai macam menu pizza yang dapat kita cicipi bersama dengan teman-teman, yang dibanderol pada harga Rp 68.000-Rp 105.000. Untuk kita yang vegetarian juga tersedia menu Vegetarian Pizza diameter 25 cm (Rp 68.000) dan diameter 30 cm (Rp 87.500). 

Salah satu menu jagoan Palm Sugar Cafe adalah aneka smoothie seperti yang di gambar, dengan harga pada kisaran Rp 30.000-Rp 35.000an. Red Smoothie Bowl (Rp 31.000) dan Choco Berry Smoothie Bowl (Rp 35.000) adalah dua smoothie yang paling populer. 

(Baca Juga: Jangan Terlewatkan, Ini 8 Rekomendasi Kuliner Solo Yang Wajib Dicoba)

Kafe yang terletak di Jalan Kuntulan No. 135, Lingkungan Karangasem, Bakungan, Glagah, dan buka setiap hari pukul 10:00-21:00 ini juga memiliki posisi yang strategis. Ini adalah salah satu kafe yang letaknya dekat dengan Kawah Ijen, salah satu ikon wisata Banyuwangi yang telah go-international. Stasiun Karangasem dan Lapangan GOR Tawangalun juga merupakan dua tempat yang lokasinya dekat dengan Palm Sugar Cafe.

RM Pondok Apung Moro Seneng

rekomendasi kuliner banyuwangi - RM pondok apung moro seneng

Rekomendasi kuliner banyuwangi yang terakhir adalah RM Pondok Apung Moro Seneng. Seperti namanya, Rumah Makan (RM) Pondok Apung Moro Seneng ini adalah jawaban bagi kita yang ingin menyantap hidangan khas Banyuwangi sambil menikmati keindahan perairan Banyuwangi. Terletak di Desa Krajan, Karangbendo, Rogojampi, yang terlihat agak terpencil dari keramaian di peta, RM Pondok Apung Moro Seneng menjadi salah satu tempat yang memanjakan mata untuk berelaksasi sambil menyantap hidangan yang ada.

Dengan interior bangunannya yang tradisional dan sistem tempat duduknya yang lesehan, rasa dekat dengan alam menjadi semakin kuat dalam rumah makan yang buka setiap hari mulai pukul 09:00-21:00, kecuali Kamis pukul 09:00-18:00, ini. Aneka ikan segar (Rp 10.000 per ons) merupakan menu spesial RM Pondok Apung Moro Seneng. Patin Koyong merupakan menu spesial RM Pondok Apung Moro Seneng yang paling populer. Ayam Kesrut (Rp 30.000), salah satu makanan tradisional Banyuwangi, juga merupakan salah satu menu makanan yang dijual di RM Pondok Apung Moro Seneng.

Saat berkunjung ke banyuwangi nampaknya belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. itulah beberapa rekomendasi kuliner banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke banyuwangi.

 

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts