Wajib Untuk Dicoba 13 Rekomendasi Kuliner Pekanbaru

rekomendasi kuliner pekanbaru

Rekomendasi Kuliner Pekanbaru – Dapat kesempatan jalan-jalan ke Pekanbaru? misalnya kantor kamu menugaskan perjalanan dinas, atau memang Pekanbaru adalah tujuan wisata kamu dan keluarga.  Wah sudah pasti seru ya. Tapi dimana ya Pekanbaru itu? Pekanbaru adalah ibukota dari Provinsi Riau di bagian tengah dari Pulau Sumatera.  Kota ini merupakan salah satu dari pusat ekonomi di Sumatera. Pekanbaru adalah kota ramah dengan motto BERTUAH (Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman dan Harmonis). Pastinya warganya juga sangat welcome dengan para pengunjung kota mereka.

Asal mula kota ini adalah dengan kedatangan para pedagang Minangkabau yang kemudian melakukan perdagangan di tepi sungai Siak. Sehingga berkembang lah Pekanbaru menjadi kota ekonomi yang ramai. Pekanbaru memiliki budaya yang sangat kental dengan budaya melayu sehingga sudah pasti, bahasa, adat istiadat bahkan makanan pun memiliki keterkaitan erat dengan budaya melayu.

Kali ini kita akan membahas mengenai kuliner kota Pekanbaru. Apa saja makanan yang menjadi rekomendasi kuliner Pekanbaru? mari kita simak bersama:

Berikut adalah Rekomendasi Kuliner Pekanbaru

 1. Roti bakar srikaya dan kopi nikmat khas kedai Kimteng

rekomendasi kuliner pekanbaru - Kedai Kimteng

Membayangkannya saja sudah bikin berdecap ngiler nih.Kalau kamu pecinta sarapan ringan dan kebarat-baratan. atau boleh dibilang roti-rotian. kamu harus datang ke kedai Kopi Kimteng. Kedai kopi ini termasuk ikon di kota Pekanbaru. Dibuka sejak tahun 1950 dan menjadi rekomendasi kuliner pekanbaru. Kimteng buka mulai jam 07.00 sampai 17.00.  Tak hanya roti srikaya kamu juga menikmati menu lain seperti bubur ayam khas Kimteng.

2. Kedai Kopi Megaria

rekomendasi kuliner pekanbaru - Kedai Kopi Migeria

Selain Kimteng, kamu juga bisa mengunjungi kedai kopi legendaris lain yaitu Megaria. Megaria ini sudah beroperasi sejak tahun 1970. Menu utamanya adalah mie pangsit yang berisikan daging ayam. Bisa dibayangkan ya rasa pangsit isi ayam yang renyah dan nikmat. pokoknya kamu wajib mencobanya.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Malang Paling Khas dan legendaris, Wajib Coba di Tahun 2021)

3.  Soto Bude

rekomendasi kuliner pekanbaru - Soto Bude

Tak kalah sepuh, ada warung soto yang namanya Soto Bude. Warung soto ini sudah berbisnis sejak tahun 1970. Soto Bude menjadi legendaris di kalangan pecinta kuliner pekanbaru. rekomendasi kuliner pekanbaru yang satu ini memang sangat terkenal. Dengan taburan taoge yang berpadu dengan kaldu sapi yang nikmat, soto ini memang layak kamu kunjungi untuk menggoyang lidah kamu.

 4. Nasi Kapau

rekomendasi kuliner pekanbaru - Nasi Kapau

Selain soto, Pekanbaru juga menyuguhkan kuliner lain yang khas dan pastinya akan sulit dijumpai di daerah lain. Rekomendasi kuliner Pekanbaru yang satu ini jangan sampai anda lupakan untuk disantap. Nasi kapau. Nasi kapau adalah menu rendang yang dimakan dengan kerupuk Jangek yang disiram kuah. Wah pasti nambah kalau makan disini. Apalagi sambal merahnya gratis dan boleh ditambah sepuasnya. Nikmat dan mantap. Hanya ada satu warung makan yang menjual nasi kapau.nama warungnya adalah nasi kapau asli dan seporsi bisa anda nikmati dengan kisaran harga rp 20.000,- saja.

5. Dendeng Bakar Batokok

rekomendasi kuliner pekanbaru - Dendeng Batokok

Dendeng bakar batokok adalah rekomendasi kuliner Pekanbaru selanjutnya. Dendeng bakar batokok memiliki dua buah dendeng dalam ukuran 1 porsi yang cukup disantap oleh 2 hingga 3 orang. 

6. Soto Minang

rekomendasi kuliner pekanbaru - Soto Minang

Tak lupa juga ada yang bernama Soto Minang. Soto plus nasi sudah bisa kamu nikmati dengan kisaran harga dibawah Rp 20.000. Soto Minang dan Dendeng Batokok adalah pasangan yang mantap. Dijual di warung makan Inyiak Sanang yang sudah ada sejak tahun 1960-an.

 7. Miso

rekomendasi kuliner pekanbaru - Miso

Di Pekanbaru ada Miso. Miso yang seperti miso Jepang? bukan. Miso versi Pekanbaru adalah miso dengan ceker , suwiran ayam dan ditambah ayam goreng potong. Semakin nikmat jika ditambah ceker goreng. Tapi sayangnya Pak Lek yang membuat miso ini hanya menyediakan tempatnya hanya sampai jam 11 siang saja. kalau dihitung dari jam buka yaitu dari jam 08.00 cepat sekali ya tutupnya. 

8. Kue Pukis

rekomendasi kuliner pekanbaru - Kue Pukis

Selain makanan berat, Pekanbaru juga tak kekurangan kue kue ringan nan nikmat. Ada kue Pukis. Kue Pukis sangat gampang dicari di kota ini, namun salah satu yang terenak adalah kue pukis padusari. ini adalah kue pukis pada umumnya namun memiliki banyak varian rasa.

9. Klapper Pie

rekomendasi kuliner pekanbaru - Klapper Pie

Klapper Pie juga adalah salah satu rekomendasi kuliner Pekanbaru yang wajib kamu coba. meskipun bukan asli berasal dari makanan setempat, tapi kuliner ini sudah membaur menjadi bagian dari budaya Pekanbaru.  Bagi mereka yang menyukai pie, Klapper Pie adalah tempat dimana anda bisa menemukan aneka macam Pie dengan berbagai ukuran.bisa dimakan ditempat atau dibawa pulang.

(Baca Juga: 6 Tempat Wisata Di Bali Yang Sejuk, Cocok Untuk Anda yang Ingin Liburan)

10. Sate Cun

rekomendasi kuliner pekanbaru - Sate Cun

Rasanya masih kurang ya kalau anda belum mencoba kuliner yang satu ini. Yap, Sate Cun. namanya agak lucu ya, tapi ini adalah sate. Kalau sate lain menggunakan daging ayam atau daging sapi, Sate Cun menawarkan sesuatu yang lain. Apa itu? Yes, lidah sapi. Di sini anda bisa makan sate lidah yang enak langsung dibakar di tempat. Teksturnya yang garing namun kenyal dipadu dengan bumbu kacang nikmat bikin perut kamu minta tambah lagi. 

11. Es Cendol Pak Jenggot

rekomendasi kuliner pekanbaru - Es Cendol Pak Jenggot

Kalau bicara minuman khas, anda akan disuguhkan sebuah minuman yang sebenarnya juga ada di daerah lain. Tetapi sensasi tiap daerah pasti akan berpengaruh juga pada cita rasa makanan atau minuman yang disuguhkan. Es cendol Pak Jenggot adalah jawaban dari rasa haus anda. Selalu ramai es cendol Pak Jenggot menjadi legenda tersendiri di dalam deretan rekomendasi kuliner Pekanbaru.

12.Dimsum

rekomendasi kuliner pekanbaru - Dimsum

Menambah daftar wisata kuliner di Pekanbaru. Bagi anda penyuka dimsum anda bisa mengunjungi sebuah tempat yang sudah dijamin kehalalannya. namanya kampong dimsum. di tempat ini disediakan aneka macam dimsum yang akan siap memanjakan lidah anda. Kampoong Dimsum adalah makanan yang digemari masyarakat Pekanbaru karena rasa dimsum disini sudah disesuaikan dengan cita rasa Pekanbaru dan daerah sekitarnya. Pasti anda akan merasakan rasa yang berbeda jika menyantapnya.

13. Rujak Aniu

rekomendasi kuliner pekanbaru - Rujak Aniu

Rekomendasi kuliner Pekanbaru yang terakhir adalah rujak Aniu. rujak Aniu Teng Teng adalah rujak legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1980. Rujak ini sebenarnya dasarnya sama dengan rujak-rujak yang lain. Namun perbedaanya terlihat dari bumbu kacangnya yang tidak diulek melainkan masih berbentuk kacang utuh. dan buah-buahan yang dominan digunakan adalah nanas dan semangka sehingga warna dari rujak ini cerah mirip pelangi. merah hijau kuning. Soal rasa jangan ditanya. Sudah pasti mantap.

Nah itulah 13 macam rekomendasi kuliner Pekanbaru yang layak kamu coba. Jangan khawatir, harga kuliner di Pekanbaru tidak mahal, cukup terjangkau dan yang pasti anda tidak akan menyesal untuk mencicipinya. Anda tinggal search di Google Map dan anda akan menemukan tempat dimana anda akan menemukan kuliner-kuliner yang sudah dibahas di atas. Tidak hanya 12 kuliner di atas, ada banyak sekali kuliner yang lain yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Pekanbaru. Jadwalkan saja perjalanan anda agar tidak ada yang terlewat. Selamat berlibur dan jangan lupa selalu jaga kesehatan dimanapun anda berada.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts