Top 15 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits dan Perlu Dikunjungi

tempat wisata di Jogja yang lagi hits

Jogja memiliki berbagai destinasi wisata menarik dengan berbagai tipe dari yang sudah populer seperti Malioboro hingga tempat di pelosok desa yang masih alami. Perlu Anda ketahui, yang dimaksud dengan Jogja adalah satu provinsi tidak terbatas pada area kota dan Bantul. Saat ini, beberapa tempat baru bermunculan lalu menjadi terkenal karena mendapat ekspos dari social media. Mereka adalah tempat wisata di Jogja yang lagi hits. Untuk mengetahui dimana saja lokasinya, simak daftar berikut ini.

Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Lagi Hits

Kaliadem

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Kaliadem

Jogja memiliki gunung Merapi yang selalu aktif mengeluarkan lahar panas. Banyak turis tertarik menyaksikan langsung wilayah yang terkena letusan. Selain itu, area Kaliurang juga sudah menjadi destinasi wisata sejak lama. Lokasi yang kini mulai hits adalah Kaliadem yang berada di kaki gunung. Ini merupakan bunker untuk melindungi dari lahar dan awan panas. Selain itu, lokasi tersebut juga mempunyai pesona alam yang indah.

Museum Ullen Sentalu

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata di Jogja yang lagi hits adalah Museum Ullen Sentalu. Ini merupakan museum mulai mendapat pengunjung lebih dari biasanya karena foto unik dan menarik dari social media. Para turis dapat belajar mengenai sejarah Mataram hingga keberadaan Kesultanan yang sekarang masih berdiri. Museum ini memiliki spot foto yang layak masuk social media. 

(Baca Juga: Ini Dia Tempat Wisata Di Bandung Yang Instagramable)

Upside Down World

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Upside down world

Jika bertanya mengenai tempat wisata di Jogja yang lagi hits, salah satu pilihan terbaik adalah Upside Down World. Yang unik dari destinasi ini adalah membuat Anda seperti berada di dunia terbalik. Selain di Jogja, tempat yang sama juga tersedia di Bali.

Mangrove Kulon Progo

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Mangrove Kulon Progo

Wisata alam juga tersedia di Jogja terutama di sekitar pantai. Salah satu yang sedang hits adalah Mangrove Kulon Progo. Ini merupakan hutan bakau alami yang dapat dikunjungi kapan saja. Daya tariknya adalah bentangan hutan dan alam pantai yang masih asri. Disekitar hutan tersebut, turis juga dapat berkunjung ke beberapa wisata alam termasuk menyusuri pantai di kabupaten Kulon Progo.

Goa Jomblang

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Goa Jomblang

Goa Jomblang menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi dan dijamin aman. Lokasinya juga mudah dijangkau serta masih tampak alami. Secara konstruksi, goa tersebut mirip area bawah tanah yang terbentuk secara alami. Tanah mengalami pergeseran ke dalam lalu terbentuk goa. Saat sudah di dalam, turis akan menyaksikan sinar atau berkas cahaya yang merambat masuk membuat suasana lebih asri.

Pantai Indrayanti

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Pantai Indrayanti

Jogja memiliki berbagai pantai dan yang sedang hits adalah Indrayanti. Namanya terdengar indah dan sudah pasti sesuai dengan suasana lokasi yang nyaman. Pantai ini juga masih sedikit pengunjung sehingga cocok bagi yang ingin mencari kondisi sepi dan tenang. 

Pinus Pengger Dlingo

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Pinus Pengger Dlingo

Selanjutnya, turis dapat berkunjung ke tempat wisata di Jogja yang lagi hits yang lain yaitu Pinus Pengger Dlingo. Lokasinya berada di dataran tinggi yang adem, asri, dan alami. Hutan pinus ini memiliki area khusus untuk bersantai atau sekedar mengadakan kegiatan bersama. 

Sendratari Prambanan

tempat wisata di Jogja yang lagi hits -Sendratari Prambanan

Prambanan sebenarnya bukan destinasi baru di Jogja. Candi ini masuk kategori terbesar di Indonesia dan menjadi bukti peradaban masa Mataram Kuno. Saat berkunjung kesana, Anda akan melihat beberapa candi Hindu yang besar serta area yang masih direkonstruksi. Yang menarik dari lokasi ini adalah Sendratari yang berlangsung malam di pelataran candi. Di malam tertentu, pihak pengelola mengadakan acara tersebut untuk memberikan hiburan kepada turis. Temanya bervariasi seperti Ramayana dan Roro Jonggrang. 

(Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Terfavorit Di Indonesia Yang Perlu Kita Ketahui)

Rafting Sungai Oya

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Rafting Sungai Oya

Bagi yang suka tantangan, Rafting Sungai Oya juga dapat menjadi pilihan utama. Kegiatan rafting merupakan cara untuk merasakan alam terutama sungai. Para turis tidak perlu khawatir mengenai keamanan karena kegiatan memiliki sertifikasi. Sungai Oya juga tidak terlalu deras tetapi masih memiliki tantangan tersendiri. Kegiatan ini sangat cocok untuk team building dan meningkatkan kerjasama.

Kedung Pengilon, bantul

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Kedung Pengilon, Bantul

Kedung pengilon merupakan air terjun yang alami berlokasi di Bantul. Nama wisata ini menjadi hits karena foto turis yang menunjukkan air yang masih jernih dan bening. Jika tertarik dengan wisata yang sepi dan terjangkau, lokasi ini merupakan pilihan terbaik bahkan area sekitar juga layak untuk ditelusuri.

Pantai Cemara Sewu

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Pantai Cemara Sewu

Di Jogja, ada pantai bernama Cemara Sewu. Nama tersebut berasal dari area pantai yang terdapat pohon cemara. Jumlahnya tidak hanya satu atau dua melainkan beberapa yang berdiri sepanjang pantai. Dengan keberadaan cemara tersebut, pantai lebih asri dan nyaman sehingga mudah berteduh setelah seharian berjemur.

Tebing Breksi

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Tebing Breksi

Salah satu kabupaten di Jogja merupakan produsen tambang kapur. Akan tetapi, lokasi penambangan dihentikan karena masuk cagar budaya. Akhirnya, tempat tersebut justru menjadi tempat wisata di Jogja yang lagi hits. Lokasinya bernama tebing Breksi yang berada di area kapur. Anda akan melihat pahatan unik dan bekas tambang yang sudah dibentuk sedemikian rupa agar lebih nyaman. Sebagai tempat wisata, Breksi telah memperoleh inspeksi keamanan sehingga turis dapat berkeliling dengan mudah.

Candi Ratu Boko

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko dikenal karena menampilkan suasana sunset dan sunrise yang eksotik. Lokasi mudah dijangkau dan akomodasinya juga mudah. Beberapa acara sering tersedia di candi tersebut dan turis wajib memeriksa jadwal.

Pantai Sadranan

tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Pantai sadranan

Di Jogja, beberapa pantai sudah sering dikunjungi dan menjadi terkenal karena ekspos social media. Salah satunya adalah Pantai Sadranan. Ini merupakan pantai dengan suasana nyaman terutama pasir yang lembut. Fasilitas di lokasi tersebut juga memadai sehingga turis tidak perlu bingung saat menginap dan mencari makan.

Gumuk Pasir Parangkusumo

 tempat wisata di Jogja yang lagi hits - Gumuk pasir parangkusumo

Anda ingin merasakan suasana padang pasir yang alami. Di Jogja, ada lokasi yang bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya berada di area pantai tersebut dan luasnya terbatas. Ini merupakan area pasir khusus yang memiliki tekstur lembut dan cocok untuk mengambil foto dengan orang terdekat. Lokasi tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang lagi hits.

Lebih Lanjut Mengenai Wisata di Jogja

Selain 15 destinasi yang tertera di atas, Jogja masih memiliki banyak potensi wisata yang layak dikunjungi. Mayoritas wisata baru terletak di lokasi yang alami dan masih asri. Contohnya adalah lokasi yang menggunakan konsep gardu pAndang dimana turis berada di ketinggian. Meskipun bukan hal baru, tren wisata seperti ini masih tetap eksis hingga sekarang. Daya tarik utama adalah foto yang unik dan elegan serta tampak mustahil. 

Berwisata di Jogja dapat dilakukan kapan saja. Anda sebaiknya datang di musim kemarau pada tengah tahun karena jarang hujan. Selain itu, periode tersebut masuk masa liburan sehingga banyak turis yang dapat dijadikan teman jika tidak ingin datang sendiri. Keunggulan lain dari Jogja adalah akomodasi terjangkau dan aman. Jadi, siapkan diri dan kunjungi tempat wisata di Jogja yang lagi hits yang seru dan menarik.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts