Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Papua

tempat wisata terbaik

Mengunjungi Papua membuat Anda menemukan tempat wisata terbaik dan menambah pengalaman liburan menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya menyimpan sumber daya alam menakjubkan, Papua adalah provinsi tepat untuk berlibur. 

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa luar negeri memiliki pemandangan alam luar biasa dibandingkan Indonesia. Namun, jika Anda eksplore lebih luas, tempat wisata di Indonesia tidak kalah menakjubkan. 

Papua merupakan pulau daerah Timur Indonesia. Keunggulan tempatnya berada di daratan dan alam bawah laut. Banyak wisatawan dari luar negeri mulai melirik Papua sebagai destinasi wisata selain Bali. 

Setiap orang memiliki kegemaran berlibur yang berbeda-beda, Anda bisa memilih mengunjungi taman nasional, pantai, mendaki, atau bahkan menyapa penduduk desa wisata ketika memilih Papua sebagai destinasi liburan. 

Taman Nasional Wisata Terbaik di Papua

Salah satu pilihan tempat wisata terbaik yang ada di Papua adalah taman nasional. Berbeda dari tempat-tempat lainnya, Papua menyajikan taman nasional yang cocok dikunjungi sebagai tempat bersantai. 

Ada tiga taman nasional populer milik Papua, yaitu Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Wasur, dan Lorentz. Masing-masing memiliki keunggulan, keunikan, dan keseruan tersendiri. Bagi Anda pendatang jauh, disarankan mengunjungi ketiganya. 

Teluk Cendrawasih bisa menjadi kunjungan pertama Anda, letaknya di daerah Duairi, Papua Barat. Disebut-sebut sebagai habitat dari hewan laut terbesar hiu paus atau geger lintang dalam Bahasa Jawa. 

Oleh karena itu, Teluk Cendrawasih disebut sebagai taman nasional terluas yang ada di Indonesia dan menjadi tempat pusat penelitian untuk hewan hiu paus tingkat dunia. 

Tidak hanya sebagai habitat hiu paus, tempat ini juga merupakan daerah yang menyimpan berbagai flora & fauna karena merupakan daerah lempengan benua di tepi Samudera Pasifik. 

Selain itu, terdapat pulau kecil, aneka ragam hayati, berbagai ikan laut, serta gua alam dengan kandungan belerang yang bisa membuat Anda menambah pengetahuan ketika mengunjungi tempat ini. 

Taman nasional kedua, memiliki nama Wasur. Sama seperti Teluk Cendrawasih, Wasur juga memiliki berbagai flora & fauna untuk didatangi. Sehingga, Anda bisa lebih mengenal kekayaan Indonesia di bagian Timur sana. 

Hutan rawa, hutan masoon, dan padang rumput luas cukup menjadi alasan bagi Anda untuk datang ke Wasur. Pemandangan berbagai jenis pohon yang tumbuh rindang bisa dinikmati bersama keluarga. 

Tempat wisata Lorentz memiliki prestasi sebagai taman nasional terbesar se-Asia Tenggara cukup mendatangkan banyak wisatawan dari luar negeri. Anda bisa melihat berbagai ekosistem laut, hutan, dan pegunungan. 

Pantai Terindah Surga Tersembunyi Milik Papua

Tempat wisata terbaik adalah bagian dari kekayaan Papua, termasuk pantai-pantai indah yang jarang diketahui banyak orang. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan moment untuk datang ke pantai-pantai tersebut. Berikut pilihan pantai terbaik kebanggaan Papua :

Bosnik

tempat wisata terbaik - Pantai Bosnik

Ketika mengunjungi Bosnik, Anda akan menemukan pemandangan eksotis. Pantai ini terletak di daerah Biak Timur dan membuat pengunjung menikmati keindahan pemandangan laut biru dan langit cerah.

Letaknya yang berdekatan dengan kota, membuat suasananya menjadi lebih ramai. Meski begitu, Anda tidak akan kecewa saat datang ke tempat ini, pesonanya membuat liburan lebih menyenangkan. 

Bakaro

tempat wisata terbaik - pantai bakaro

Liburan semakin menyenangkan jika dilakukan dengan aktivitas memancing dan berenang. Aktivitas tersebut bisa dilakukan ketika mengunjungi Pantai Bakaro, letaknya 3 km dari Pantai Yen Beba. 

Keunikan saat berwisata di Bakaro adalah adanya aktivitas menggunakan sempritan untuk memanggil ikan dari tengah laut ke tepi pantai agar bisa memberinya makan. Keunikan tersebut cukup membuat wisatawan tertarik. 

(Baca Juga: Tidak Kalah!, Berikut Keunggulan Traveling di Indonesia Dibanding Luar Negeri)

Lampu Satu 

tempat wisata terbaik - lampu satu

Tempat wisata terbaik selanjutnya terletak tidak jauh dari Kota Merauke. Anda akan melewati perkampungan dengan adat istiadat yang masih kental. Disebut lampu satu karena pantai ini memiliki sebuah mercusuar besar. 

Selain itu, pantai ini sangat direkomendasikan karena menyuguhkan pemandangan sunset dan membuat pengunjung merasakan suasana romantis. Pengunjung akan memiliki koleksi foto indah dari pemandangan tersebut. 

Teluk Triton

tempat wisata terbaik - Teluk Triton

Bagi Anda yang suka berwisata bawah laut, Teluk Triton sangat cocok dipilih sebagai kunjungan. Terletak di Kaimana, Papua, Anda bisa menjumpai terumbu karang dan bintang laut. 

Pantai Teluk Triton bisa membuat Anda menikmati senja eksotis, diving, serta snorkeling. Tidak hanya membuat pengunjung lebih rileks, melainkan juga memberikan sensasi menyenangkan melihat pemandangan ikan paus. 

Mendapatkan Pengalaman Menarik Mendaki Gunung di Wilayah Papua

tempat wisata terbaik - puncak jaya wijaya

Papua menjadi tempat wisata terbaik karena menyimpan gunung-gunung tertinggi di Indonesia. Hadirnya gunung-gunung tersebut membuat para pendaki merasa tertantang untuk menginjakkan kaki di atas puncak Papua. 

Pegunungan paling terkenal di Indonesia wilayah Timur ini adalah Jayawijaya. Selain Jayawijaya, masih ada empat puncak lain yang disebut sebagai puncak tertinggi Indonesia dan merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya. 

Pertama, yaitu Puncak Jaya. Ketinggiannya mencapai 4.884 MDPL (Meter di atas Permukaan Laut). Meski menjadi bagian dari puncak tertinggi, masih ada pendaki yang berhasil menaklukannya. 

Pendaki tersebut bernama Hendrikus Albertus Lorentz, merupakan seseorang wisatawan mancanegara asal Belanda. Ia memiliki pengalaman hebat mendaki bersama enam orang Dayak. Lorentz menyaksikan gunung ini diselimuti salju saat cuaca panas. 

Puncak kedua Papua, yaitu Trikora. Ketinggiannya mencapai 4,730 MDPL, disebut memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan Puncak Jaya. Namun, terdapat fakta menarik bahwa seorang pendaki perempuan berhasil menaklukannya. 

Suhu di puncak ini mencapai 4 derajat celcius dan berada di urutan ketiga gunung tertinggi di Indonesia. Kondisi saljunya sungguh memprihatinkan akibat pemanasan global sehingga mengalami pengikisan. 

Beralih ke gunung di Papua keempat, bernama Ngga Pilimsit. Sebutan lainnya, yaitu Gunung Idenberg, masuk ke urutan nomor 4 gunung tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 4.673 MDPL. 

Tempat wisata terbaik di Indonesia yang berlokasi di daerah Timur terakhir ini memiliki nama Yamin. Hampir sama seperti puncak-puncak sebelumnya, ketinggian Yamin mencapai 4.535 MDPL. 

Sungguh memprihatinkan, pada tahun 1913, Yamin disebut sebagai “salju abadi” karena ketebalan saljunya yang menakjubkan. Namun, kini sebutan itu sudah tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. 

Danau Papua Terbaik yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata terbaik - danau papua

Wisatawan pasti tidak asing dengan berbagai tempat wisata terbaik di Papua yang juga menyuguhkan berbagai danau menakjubkan. Tidak sedikit para petualang telah menjejakkan kakinya di kawasan danau tersebut. 

Anda pernah mendengar istilah Danau Sentani? Danau ini cukup terkenal, letaknya di selatan Kabupaten Jayapura dengan luas hingga 9.360 ha dan kedalamannya mencapai 70 meter di bawah permukaan laut. 

Sumber daya alamnya sangat melimpah, diantaranya pohon pinang, matoa, dan pohon kayu putih. Pemandangan pohon matoa jarang ditemukan di daerah manapun, Anda harus mengunjungi Papua untuk melihatnya. 

Tidak hanya Sentani, Kamakawa Lor merupakan danau dengan keindahan alam yang spektakuler. Letaknya berada di Lobo, Papua Barat. Wisatawan lokal dan mancanegara sangat menyukai danau ini sebagai destinasi liburan. 

Beralih ke Danau Rombebai, merupakan sebuah danau terbesar kedua setelah Sentani dengan luasnya mencapai 137 ha. Lokasinya berdekatan dengan Samudera Pasifik, hanya berjarak sekitar 20 KM. 

(Baca Juga: Makanan Tradisional Indonesia di Berbagai Daerah)

Ketika memasuki musim-musim tertentu Anda akan menyaksikan pemandangan hiu masuk ke dalam perairan danau melalui air tawar. Hal tersebut disebabkan karena danau ini cukup terbuka dan berdekatan dengan Sungai Memberamo. 

Danau selanjutnya adalah Tigi, panoramanya begitu indah dan membuat pengunjung memiliki pengalaman liburan menyenangkan dengan mengunjungi lembah Pegunungan Deiyai. Tidak hanya itu, daerah ini juga terdapat pulau-pulau kecil. 

Bukan hanya pemandangan danau, Anda juga bisa ekspor destinasi ini dan melakukan aktivitas lain, seperti memancing dan berkemah. Tempat wisata terbaik milik Papua ini membuat pengunjungnya kagum. 

Desa Wisata di Papua, Destinasi Liburan yang Menyenangkan

Desa di Papua tidak kalah memukau dibandingkan desa wisata milik Pulau Dewata. Tidak heran jika desa-desa tersebut menjadi tempat wisata yang terbaik menurut pengunjung, baik lokal maupun interlokal. 

Rekomendasi pertama bagi Anda yang ingin berwisata mengunjungi desa, yaitu Arborek. Desa ini menjadi pelopor pengembangan peraturan lokal di 18 desa. Reputasinya terhadap warga lokal dan mancanegara sangat baik.

Ada juga Sauwandarek yang memiliki berbagai hal menarik untuk pengunjung. Anda bisa menjumpai penyu putih, anyaman topi dan tas yang terbuat dari pandan laut. Jangan lewatkan Telaga Yenauwyau sangat indah. 

Selain Sauwandarek dan Arborek, Tablasupa menawarkan Festival Crossborder Skouw 2019 untuk membuat Anda menikmati liburan seru sambil menikmati berbagai kuliner khas Papua, seperti martabak dan terang bulan dari sagu. 

Setiap wisatawan memiliki selera berlibur yang berbeda-beda. Namun, mengunjungi tempat wisata terbaik milik Papua adalah pilihan tepat saat libur panjang bersama keluarga dan kerabat terdekat. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts