10 Tips Backpacker Keliling Indonesia yang Hemat Biaya

tips backpacker keliling Indonesia

Ada banyak sekali tips backpacker keliling Indonesia yang bisa kita lakukan tanpa khawatir akan menguras isi dompet. Ya, backpacker sudah menjadi cara populer untuk berwisata dengan mengutamakan keterjangkauan biaya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung, Ragam Pilihan yang Menawan

Hal ini berbeda dengan para traveler yang lebih mengutamakan kenyamanan saat berwisata ke suatu tempat. Saat berhadapan dengan beberapa pilihan, seorang backpacker akan memilih opsi yang menurutnya paling hemat biaya.

Lalu, apakah mungkin berkeliling Indonesia dengan konsep backpacker? Jawabannya tentu saja bisa. Untuk mengetahui apa saja tips melakukan backpacker ke seluruh Indonesia, mari simak langsung pembahasan berikut. 

10 Tips Backpacker Keliling Indonesia

tips backpacker keliling Indonesia

Agar perjalanan backpacker kalian bisa berjalan dengan lancar, tentu diperlukan persiapan secara matang. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk memulai perjalanan backpacker keliling Indonesia:

Siapkan Mental

Persiapan mental sebelum memulai perjalanan sebagai seorang backpacker adalah hal penting untuk kita persiapkan dengan matang. Jika mental sudah siap, maka rintangan apapun nantinya bisa kita dihadapi.

Perjalanan sebagai seorang backpacker sering kali menghadirkan kejadian berbeda dari apa yang sudah kita rencanakan. Beberapa di antaranya adalah perbedaan komunikasi, perbedaan budaya, hingga cuaca tidak menentu. 

Dengan memiliki persiapan mental yang baik, seseorang akan lebih mampu mengatasi stres dan ketidaknyamanan yang mungkin timbul selama perjalanan. Selain itu, kita juga lebih siap menghadapi tantangan dan menjaga keselamatan diri.

Siapkan Fisik

Tips backpacker keliling Indonesia berikutnya adalah mempersiapkan fisik. Kondisi fisik prima merupakan aspek penting dalam setiap perjalanan. Pasalnya, kita akan menghadapi berbagai macam aktivitas fisik selama backpacker.

Aktivitas tersebut bisa meliputi berjalan kaki, mendaki dataran tinggi, membawa beban berat, dan berbagai aktivitas fisik lainnya. Oleh karena itu, persiapan fisik akan mendukung kelancaran kita selama perjalanan tersebut.

Di samping itu, kita perlu memastikan bahwa kondisi fisik internal kita juga dalam keadaan baik, termasuk sistem kardiovaskular, otot, dan tulang. Hal ini dapat dicapai melalui rutin berolahraga dan menjaga pola makan tetap seimbang. 

Baiknya kondisi kesehatan seseorang akan membantu orang tersebut memiliki kecukupan energi selama perjalanan, apalagi jika terjadi perbedaan iklim di lokasi tujuan. Itulah kenapa tips backpacker keliling Indonesia satu ini perlu kalian perhatikan.

Rencanakan dengan Matang Lokasi Tujuan

Selanjutnya, pastikan kalian sudah menentukan atau merencanakan titik lokasi mana saja yang akan menjadi tujuan perjalanan. Kenali medannya dan cari tahu berbagai hal tentang lokasi tersebut seperti akomodasi, fasilitas kesehatan terdekat, dan sebagainya.

Jangan sampai kalian benar – benar buta dengan lokasi tersebut karena hal itu bisa membawa ketidakpastian yang semakin besar. Jika sampai itu terjadi, tentu bisa berakibat pada terhentinya perjalanan untuk berkeliling Indonesia.

Merencanakan lokasi dengan matang adalah salah satu tips backpacker keliling Indonesia yang sangat penting mengingat beragamnya kondisi wilayah di Indonesia. Semakin kita mengenal lokasi tujuan, maka kita akan lebih siap dengan segala tantangannya.

Atur Waktu dengan Tepat

Mengatur waktu adalah hal yang sangat penting ketika kita ingin menjadi seorang backpacker. Manajemen waktu yang baik tidak hanya membantu kita mengoptimalkan perjalanan, tetapi juga mengurangi stres dan masalah yang mungkin timbul selama perjalanan.

Silakan atur seberapa lama kalian akan tinggal di satu kota dan menentukan kapan melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya. Dengan begitu, perjalanan keliling Indonesia akan semakin efektif dan juga efisien sesuai dengan jadwal yang telah kita buat. 

Selain itu, tips backpacker keliling Indonesia satu ini juga dapat menghindarkan kita dari kemacetan dan peningkatan biaya perjalanan. Kita juga bisa mendapatkan harga akomodasi dan transportasi secara normal. 

Secara umum, mengatur waktu adalah kunci kesuksesan dari perjalanan sebagai seorang backpacker. Alhasil, tujuan dari perjalanan tersebut bisa kalian capai dan menjadikannya sebagai pengalaman tidak terlupakan.

Pilih Akomodasi Termurah

Seperti sudah kita singgung di awal, tips backpacker keliling Indonesia sangat perlu mengutamakan penghematan biaya. Karena itu, kalian harus benar – benar menghitung kebutuhan selama perjalanan tersebut, termasuk dalam hal akomodasi.

Dengan persebaran informasi yang ada saat ini, bukan hal yang sulit lagi untuk mendapatkan informasi penginapan murah di sekitar lokasi tujuan. Pastikan kalian sudah merencanakannya sebelum menuju ke lokasi tersebut.

Perhatikan juga kapan kalian akan mulai booking penginapan karena harga bisa berubah sewaktu – waktu. Apalagi jika saat itu memasuki masa – masa liburan atau sedang weekend. Untuk tips backpacker keliling Indonesia terkait hal ini, pastikan kalian untuk jeli.

Pilih Transportasi Termurah

Selain penginapan, transportasi juga menjadi hal yang penting untuk kalian perhatikan. Bahkan, jika masih bisa kalian tempuh dengan berjalan kaki, maka ambil opsi tersebut. 

Pasalnya, memangkas biaya transportasi akan memangkas kebutuhan biaya kalian secara signifikan. Apalagi biaya transportasi di beberapa objek wisata bisa naik berkali – kali lipat dari harga normal.

Itulah kenapa kalian harus memperhatikan tips backpacker keliling Indonesia terkait anggaran transportasi di lokasi tujuan. Agar tidak salah mengambil keputusan, tentu kalian harus benar – benar tahu medan yang akan dilalui nantinya.

Tentukan mana saja lokasi yang bisa kalian tempuh dengan berjalan kaki, dan mana lokasi yang memang membutuhkan transportasi. Jika harus menggunakan transportasi, cari tahu pilihan apa saya yang bisa digunakan.

Belajar Beradaptasi

Tips backpacker keliling Indonesia selanjutnya yang menjadi salah satu kebutuhan paling penting dari seorang backpacker adalah belajar untuk beradaptasi. Ya, dengan menjadi backpacker kita selalu bersinggungan dengan fasilitas umum.

Hal itu membuat kita tidak selalu mendapatkan pelayanan publik seperti pada umumnya. Ada kalanya kita harus bersinggungan dengan warga sekitar sehingga komunikasi yang baik serta kemampuan beradaptasi sangat diperlukan.

Oleh karena itu, silakan pelajari apa saja kebiasaan warga lokal, bagaimana berkomunikasi, serta apa saja yang hal – hal yang dilarang. Dengan memperhatikan hal – hal tersebut, komunikasi kalian pasti akan berjalan dengan baik.

Siapkan Obat – obatan

Satu lagi tips backpacker keliling Indonesia yang tidak boleh kalian lupa adalah selalu membawa obat – obatan yang dibutuhkan. Kenali diri kalian dan persiapkan obat – obatan apa saja yang sekiranya harus dibawa.

Tidak semua tempat yang kita lalui selalu dekat dengan apotek atau minimarket sehingga hal ini sangat perlu untuk kita persiapkan sedari awal. Beberapa obat – obatan penting adalah paracetamol, obat merah, minyak kayu putih, dan sebagainya.

Jika kalian memiliki keluhan kesehatan tertentu, maka obat – obatan spesifik akan sangat diperlukan. Silakan persiapkan obat tersebut dengan jumlah tertentu sesuai kebutuhan selama perjalanan wisata kalian.

Jangan sampai tips backpacker keliling Indonesia satu ini tidak kalian perhatikan sehingga menjadi masalah dalam perjalanan ke depannya. Tentu akan sangat merepotkan jika keluhan kesehatan kecil saja tidak tertangani.

Harus Disiplin

Menjadi seorang backpacker sudah pasti harus disiplin dan mematuhi semua rencana yang telah kita buat. Jam berapa harus mulai tidur, jam berapa harus sudah bangun, kapan harus tiba di lokasi tujuan, dan kapan harus sudah berangkat lagi.

Dengan disiplin, semua tips backpacker yang sudah kita persiapkan akan berjalan dengan baik. Sebaliknya, semua itu akan sia – sia jika kita justru terlalu santai dan hanya mengikuti mood saat sudah di lokasi.

Akibatnya, tentu saja bisa berpengaruh pada waktu tempuh jadi lebih lama, biaya perjalanan membengkak, hingga terjadinya risiko – risiko yang sebenarnya bisa kita hindari. Jika sudah begitu, tentu pengalaman backpacker jadi tidak menyenangkan lagi.

Ajak Setidaknya Satu Orang

Tips backpacker keliling Indonesia yang terakhir adalah dengan mengajak setidaknya satu orang partner untuk ikut bersama. Hal ini sebenarnya tidak diharuskan, terlebih jika kalian lebih suka menjadi solo traveler.

Akan tetapi, hal ini bisa menjadi pilihan jika sebelumnya kalian belum pernah melakukan backpacker sama sekali. Setidaknya ada teman diskusi jika nantinya terdapat masalah atau hal – hal tidak terduga.

Bisa menikmati masa liburan dengan pergi berwisata ke suatu tempat tentu akan menjadi hal seru untuk kita lakukan. Terlebih jika pengalaman liburan tersebut belum pernah kita lakukan sebelumnya.

Baca Juga : 13 Tips Wisata Saat Puasa dengan Suasana Berbeda

Jika kalian ingin mendapatkan tantangan lebih atau ingin menghemat pengeluaran selama liburan, maka menjadi backpacker adalah salah satu opsinya. Silakan ikuti tips backpacker keliling Indonesia di atas agar perjalanan jadi lebih lancar.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts