Tips Liburan di Thailand Low Budget Terjamin Nyaman dan Aman

Tips Liburan di Thailand Low Budget Terjamin Nyaman dan Aman
Tips Liburan di Thailand Low Budget Terjamin Nyaman dan Aman

Mengetahui tips liburan di Thailand menyebabkan perjalanan kalian terasa sempurna. Apalagi jika ingin merencanakan liburan bersama teman atau keluarga. Pastinya harus punya strategi dan persiapan baik agar perjalanannya lancar.

Baca juga: Ingin Traveling Jarak Jauh? Inilah Beberapa Hal yang Perlu di Perhatikan Dahulu

Thailand masih populer sebagai destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Terutama karena Negeri Gajah putih memiliki banyak budaya dan objek wisata terbaik. Belum lagi letak wilayahnya tergolong dekat dengan Indonesia.

Artinya tidak perlu mengeluarkan biaya maupun waktu terlalu banyak dalam perjalanan tersebut. Meski begitu menawarkan banyak keindahan wisata yang menarik. Bahkan kekayaan wisata menjadikannya populer bagi traveler dunia.

Saat merencanakan tips liburan di Thailand, mungkin terdapat keinginan menuju destinasi atau kegiatan khusus. Contohnya menaiki transportasi khasnya yakni tuk-tuk. Semakin menarik untuk kendaraan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Terdapat juga kegiatan lain yang menyenangkan seperti menuju cabaret show. Begitu juga melakukan tour kuil dan candi indah yang penuh dengan sejarah. Jika tidak ada perencanaan matang, perjalanan kurang tertata.

Banyak orang menyebut harus mencoba ke Thailand setidaknya sekali seumur hidup. Walaupun memiliki budget minim, bukan berarti perjalanannya gagal. Penting memperhatikan beragam tips agar liburan kalian aman dan nyaman.

Alasan Memilih Liburan ke Thailand 

Alasan Memilih Liburan ke Thailand 
Alasan Memilih Liburan ke Thailand

Mengikuti tips liburan di Thailand menjadi keputusan baik setelah berencana mengunjungi Negeri Gajah Putih. Terdapat banyak alasan kenapa traveler tertarik berkunjung. Baik perjalanan bersama atau solo traveler tetap bagus.

Bahkan biaya akomodasi maupun penginapan begitu murah sehingga bisa memilih yang bagus sekalian. Tentunya ramah untuk backpacker karena peningkatan jumlah pengunjung membesar. Setiap tahunnya ada peningkatan lebih dari 80%.

Backpacker sebenarnya tertarik karena banyak destinasi terbaik tersedia. Termasuk dengan adanya kehidupan tidak biasa dan unik dapat kalian nikmati. Pastinya dapat menjadi pengalaman berharga karena pengalaman istimewa.

Selain itu berkunjung ke Thailand bagus karena biayanya murah. Bagi yang memiliki dana terbatas tapi ingin ke luar negeri tentu ramah. Terlebih tempat wisatanya murah dan bervariasi sehingga hemat biaya.

Belum lagi mudah mengikuti tips liburan di Thailand karena terdapat moda transportasi murah. Baik penerbangan maupun transportasi darat Thailand cukup murah. Termasuk dengan pelayanan penginapan premium walaupun terjangkau.

Alasan lainnya banyak orang berkunjung adalah mengikuti festival unik. Tentu menjadi salah satu hal yang menarik perhatian sehingga banyak wisatawan hadir. Contohnya Festival Songkran atau Festival Roket Bun Bang Fai.

Tidak ketinggalan, kalian dapat menikmati street food enak tapi murah. Hanya perlu mengunjungi pasar tradisional atau mencari toko pinggir jalan. Bahkan bisa menemukan berbagai camilan ekstrem yang populer bagi wisatawan.

Tips Liburan di Thailand Paling Penting

Tips Liburan di Thailand Paling Penting
Tips Liburan di Thailand Paling Penting

Bagi yang pertama kali ke Thailand maupun sudah berpengalaman, harus paham triknya. Apalagi menjadi rahasia yang membuat sukses perjalanan. Terlebih sudah menyiapkan riset, pilihan musim hingga kebutuhan selama liburan.

Riset Destinasi dan Durasi Traveling

Untuk tips liburan di Thailand pertama yakni selalu riset destinasi hingga durasi traveling. Perencanaan harus menggunakan itinerary beserta tujuan liburan. Artinya harus mengetahui durasi dalam satu kota beserta waktu perjalanannya.

Biasanya kalian dapat mengikuti itinerary beberapa brosur agen perjalanan. Hal ini penting supaya memiliki gambaran tepat sebelum mulai perjalanan. Apabila mengetahui destinasi dan durasi, jumlah budgetnya juga dapat kalian siapkan.

Pilih Musim yang Tepat

Sebelum memutuskan berlibur, pastikan agar pilih musim yang tepat agar nyaman. Sebenarnya musim Negeri Gajah Putih tergantung dengan destinasi kunjungan. Contohnya jika menuju wilayah utara, cukup dingin saat November-Februari.

Sementara itu jika ingin mengunjungi pantai, pastikan datang waktu musim panas. Umumnya bulan April hingga Juni menjadi musim terbaik. Pada masa tersebut, pantainya indah karena langit cerah bahkan anginnya bersahabat.

Siapkan Uang Tunai dan SIM Card

Menyiapkan uang tunai secukupnya menjadi tips liburan di Thailand selanjutnya. Pastikan menyiapkan rupiah, dollar maupun baht saat perjalanan. Khusus baht, boleh membawa 1.000 atau Rp. 500.000 untuk budget uang saku.

Selain itu, traveler harus menyiapkan SIM Card karena terkadang membingungkan. Internet penting sehingga dapat membeli SIM lokal atau WiFi Portable. Tapi bisa juga pakai WiFi gratis dari kafe atau minimarket.

Spot Makanan Halal dan Pilihan Transportasi Thailand

Tips liburan di Thailand yang tidak kalah penting kalian perhatikan yakni makanan dan transportasi. Khusus untuk makanan tentunya tersedia melimpah. Mulai dari masakan khas Thai normal maupun yang tergolong ekstrem.

Bagi yang ingin menikmati menu terbaik dan autentik, harus menuju pasar tradisional. Tentu banyak menu enak dan ramai wisatawan seluruh dunia. Variasinya juga melimpah dan tersedia berbagai bahan makanan khas.

Tapi bagi umat muslim, tips liburan di Thailand dalam pemilihan makanan harus tepat. Pastinya ingin mengkonsumsi makanan halal walaupun Thailand bukan negara muslim. Kalian tidak kesulitan menemukannya sehingga ramah muslim.

Jika mengunjungi food court, kebanyakan tersedia logo halal. Begitu juga saat membeli makanan dari minimarket atau tempat lainnya. Apalagi jika ke Chiang Mai, semakin ramah karena aneka makanan halal bertebaran.

Sementara itu untuk transportasi umum tersedia sehingga bisa kalian gunakan saat menghemat biaya. Jika mengunjungi Bangkok dan sekitarnya, banyak moda transportasi darat murah. Misalnya Sky Train, MRT atau Express Boat.

Dalam tips liburan di Thailand, penting karena tidak mengeluarkan banyak biaya. Belum lagi terdapat kepastian tersedia dan harganya normal. Berbeda dari taksi yang terkadang cukup mahal dan kemungkinan menemukan kemacetan.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, tidak perlu berlangganan terlalu mahal. Terdapat kartu one day pass, three day pass dan sebagainya. Jadi, bisa menentukan kebutuhan selama perjalanan sehingga transportasi terpenuhi.

Manfaatkanlah Pusat Informasi Thailand dan Aplikasi Traveling

Manfaatkanlah Pusat Informasi Thailand dan Aplikasi Traveling
Manfaatkanlah Pusat Informasi Thailand dan Aplikasi Traveling

Jika ingin tips liburan di Thailand berjalan sukses, jangan lupa memanfaatkan pusat informasi. Bahkan ada baiknya telah mengetahui alamat pusat informasi tersebut. Wisatakan akan menggunakannya untuk meminta bantuan penting.

Saat pertama kali sampai setelah melewati penerbangan, akan menemukannya melalui bandara. Tourist Information Center menjadi tempat yang wajib kalian kunjungi dulu. Terutama untuk mengambil brosur atau peta gratis.

Selain dari bandara, kalian bisa menemukan pusat informasi dari stasiun transportasi publik. Khususnya saat mengunjungi MRT atau Skytrain. Tapi tidak jarang hotel yang kalian tempati memiliki layanan informasi traveler.

Demi meningkatkan kenyamanan perjalanan, pastikan juga mengunduh aplikasi traveling. Hal ini penting karena terdapat berbagai fitur pendukung. Termasuk jika kalian ingin menemukan suatu destinasi atau kuliner yang menarik.

Bagi pemula, tips liburan di Thailand ini penting supaya tidak salah memilih. Apalagi terdapat informasi hotel dan layanan lainnya. Jadi, harus menyiapkan sejak awal sehingga setelah sampai, kemudian siap pakai.

Sebenarnya manfaat penting lainnya yakni sebagai petunjuk jika terdapat acara besar. Contohnya peringatan hari besar, festival, konser dan sebagainya. Bahkan tersedia jadwal dan informasi detail lain yang bisa kalian manfaatkan.

Jika ingin berkomunikasi dengan masyarakat lokal, pastikan menyiapkan bahasa Inggris dasar. Kebanyakan masyarakat Thailand sudah memahaminya. Jadi, dapat berkomunikasi saat memesan makanan maupun waktu mencari informasi penting.

Perhatikan Pantangan dan Jebakan Turis Saat Traveling ke Thailand

Menjalankan setiap tips liburan di Thailand terjamin berhasil karena negara ini punya keamanan yang baik. Termasuk ramah bagi solo traveler khususnya perempuan. Tingkat keamanan tinggi walaupun berjalan-jalan saat malam.

Tapi dalam perjalanan, pastikan agar tetap berhati-hati dan tidak menimbulkan masalah. Sementara itu tidak kalah pentingnya memahami pantangan bagi turis. Terutama karena terdapat budaya yang menjadi ciri khas bagi Thailand.

Saat kalian melakukan perjalanan, pastikan agar menjaga etika dan normal. Tentu ada baiknya agar memperhatikan berbagai larangan, larangan atau tata tertiknya. Apalagi pemerintah setempat yang mengeluarkan aturan tersebut.

Walaupun tingkat keamanannya baik, tips liburan di Thailand penting lainnya yakni menghindari jebakan turis. Contoh tourist trap yakni penipuan toko pijat, oleh-oleh dan tuk-tuk. Jika harganya tidak biasa, artinya scamming.

Selain itu penipuan seperti tutupnya tempat wisata, otoritas palsu dan uang kembalian salah sering terjadi. Bagi pemula, pastikan untuk menghindari dan mencegahnya. Terutama dengan mengetahui harga rata-rata dan aturan resminya.

Sementara itu jika merasa mengalami penipuan, jangan ragu menelepon hotline polisi pariwisata di 1155. Tentunya bebas biaya dan akan mendapatkan layanan bantuan. Jadi, tidak perlu khawatir tentang keamanan selama perjalanan.

Baca juga: Tips Traveling Sendiri Dijamin Aman dan Nyaman!

Agar liburan yang kalian lakukan berjalan dengan maksimal, persiapan tidak boleh mendadak. Melainkan harus terdapat rancangan perjalanan beberapa bulan sebelumnya. Termasuk mengedepankan tips liburan di Thailand yang penting.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts