Tips Mencari Penginapan Saat Traveling di Daerah Baru

tips mencari penginapan

Jika Anda ingin berkunjung ke daerah baru penting untuk mengetahui tips mencari penginapan. Siapa yang tidak ingin liburannya terganggu karena masalah akomodasi. Jadi Anda wajib mempertimbangkan beberapa aspek saat memilih penginapan.

Biasanya para pelancong yang berkunjung ke daerah baru sering menyepelekan hal-hal penting. Aspek keamanan, tarif, hingga kenyamanan tidak jarang dilupakan oleh para traveler tersebut.

Anda jangan sampai jadi orang berikutnya yang kecewa dengan layanan akomodasi penginapan karena hal tersebut. Oleh karena itu akan dikupas secara tuntas bagaimana mencari penginapan murah, nyaman, dan aman.

Jangan sampai liburan berharga Anda harus rusak akibat kesalahan sepele. Apalagi daerah-daerah di Indonesia saat ini memiliki potensi wisata luar biasa. Jadi tidak jarang banyak wisatawan dari luar daerah datang berkunjung.

Namun sebelum Anda mulai mencari penginapan, jangan pernah lupa untuk mencari tahu daerah wisata terlebih dahulu. Karena wisatawan dari luar daerah sering memutuskan lokasi wisata dari informasi foto saja.

Sebagai wisatawan bijak, cari review dari tempat wisata tersebut. Memang biasanya orang dari kawasan wisata sering melebih-lebihkan. Oleh karena itu Anda wajib melihat review jujur agar tidak kecewa saat datang di lokasi.

Bagaimana kelengkapan fasilitas yang ada juga perlu diketahui. Karena tidak jarang wisata daerah hanya menjual pemandangan saja. Sedangkan infrastruktur sering terabaikan sehingga membuat pengunjung kurang nyaman.

Sekali lagi jadilah pengunjung bijak dengan memilih tempat sesuai selera jangan hanya hype saja. Belum tentu lokasi hype bisa memuaskan selera traveling Anda, apalagi jika hanya mengandalkan lokasi baru saja.

Tips Mencari Penginapan yang Aman Ditinggali

tips mencari penginapan - penginapan yang aman ditinggali

Apabila Anda hendak berkunjung ke sebuah daerah tentu saja aspek keamanan menjadi urusan pertama. Apalagi jika datang ke tempat dengan pertumbuhan ekonomi kurang berkembang.

Perhatikan beberapa hal berikut ini agar keamanan saat melakukan traveling tetap terjaga. Jangan sampai keamanan Anda sebagai seorang pengunjung tergadaikan karena kenikmatan sesaat saja.

(Baca Juga: 17+ Tips Travel Saat Saat Pandemi, Pastikan Semua Aman Dan Hasrat Liburan Tetap Tersalurkan)

  • Perhatikan Stigma Daerah

Apabila Anda ingin datang ke sebuah daerah baru perhatikan bagaimana stigmanya di masyarakat. Anda bisa melihat akun instagram pemuda daerahnya agar mengetahui bagaimana situasi terbaru.

Riset seperti ini perlu dilakukan agar wisatawan dapat mempersiapkan diri jika harus datang ke wilayah rawan. Memang disayangkan keamanan pengunjung masih belum terlalu terjaga di beberapa daerah Indonesia.

  • Perhatikan Tujuan Wisata

Tujuan wisata seperti danau, air terjun, atau sungai perlu diwaspadai oleh pengunjung. Alasannya karena fluktuasi cuaca di Indonesia tidak mudah diprediksi.

Kasus banjir bandang yang tiba-tiba menimpa daerah wisata juga tidak hanya terjadi satu dua kali saja. Jadi kemana Anda akan pergi harus disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung.

  • Perhatikan Jarak Penginapan ke Tempat Wisata

Jika memungkinkan selalu pilih penginapan yang dekat dengan tujuan wisata. Alasannya selain memudahkan akomodasi juga memitigasi terjadinya tindak kejahatan di jalan.

Perlu diwaspadai peluang terjadinya tindak kriminal di jalanan menuju tempat wisata cukup tinggi. Tidak hanya wisatawan luar negeri saja yang menjadi target, bahkan turis lokal sekarang juga sering dimangsa.

Ketiga aspek tersebut penting untuk dipertimbangkan oleh pengunjung. Terutama jika Anda hendak bepergian sendiri. Apabila tidak mengenal daerah sama sekali lebih baik menghindari traveling sendirian.

Tips Mencari Penginapan yang Ramah di Kantong

tips mencari penginapan - penginapan yang ramah kantong

Mencari harga yang ramah sekarang sudah menjadi perkara mudah bagi para pelancong. Banyaknya pemilik penginapan di setiap daerah juga membuat persaingan harga semakin ketat, jadi konsumen dapat memilih lebih mudah.

Menggunakan aplikasi traveling daring menjadi cara paling mudah menentukan tempat singgah pada saat bepergian. Anda dapat menyeleksi sendiri bagaimana kriteria lokasi untuk tepat ditinggali.

Selain itu dengan memantau rating dan review dari aplikasi konsumen dapat lebih mudah menentukan pilihan. Bagaimana pengalaman pengguna sebelumnya dapat dijadikan acuan untuk memilih sebuah tempat.

Salah satu tips mencari penginapan murah adalah menyeleksi dari berbagai aplikasi daring. Memang ini cukup merepotkan, namun dengan mengetahui perbandingan harga dari setiap aplikasi tentunya pengguna bisa menghemat banyak biaya.

Setidaknya bandingkan harga sebuah penginapan dari tiga hingga lima aplikasi sekaligus. Dengan begitu konsumen dapat mencari pilihan harga paling murah. Tidak jarang selisih harga bisa puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Tentu jika bisa menghemat biaya penginapan Anda mampu mengalokasikan anggaran untuk hal lain. Seperti berbelanja oleh-oleh atau masuk ke tempat wisata lain yang masih berdekatan dengan lokasi utama.

Ada banyak pilihan apabila masih banyak anggaran tersisa karena dapat memilih lokasi menginap murah. Pengalaman dalam mengunjungi tempat baru tentu juga terasa lebih nyaman dilakukan.

Apabila Anda tidak melakukan perbandingan harga secara teliti kemungkinan mengeluarkan biaya lebih akan cukup besar. Jadi sebagai wisatawan yang bijak, hemat uang menginap Anda untuk membeli buah tangan.

Tips Mencari Penginapan yang Nyaman Dihuni

tips mencari penginapan - penginapan yang naman di huni

Mencari lokasi nyaman huni pada saat mengunjungi tempat wisata memang sangat krusial. Karena dengan memilih tempat nyaman Anda bisa beristirahat secara lebih maksimal untuk menikmati perjalanan esok hari.

Memang langkah paling mudah guna menentukan lokasi strategis adalah dari aspek harga. Jika mampu mengeluarkan harga tinggi tentunya kemungkinan layanan yang didapatkan juga lebih maksimal.

Namun Anda juga perlu teliti, karena tidak jarang penginapan mahal dapat memenuhi ekspektasi konsumennya. Jadi tips mencari penginapan yang nyaman dihuni adalah melihat review dari berbagai media.

Gunakan jejaring sosial untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan dari sebuah lokasi. Pengguna juga bisa melihatnya melalui beberapa aplikasi traveling yang ada. Apabila memiliki teman hobi traveling lebih bagus lagi.

Anda dapat langsung menanyakan dimana tempat menginap paling tepat pada saat berkunjung ke sebuah lokasi wisata. Terkadang pengalaman dari teman bisa menjadi modal penting untuk bekal mencari lokasi menginap terbaik.

Namun sayangnya jika belum ada teman yang pernah berkunjung pada lokasi tujuan Anda. Solusinya adalah media sosial daerah dari tempat tujuan. Sumber informasi penting selalu bisa dicari dari halaman tersebut.

Tips Mencari Penginapan yang Nyaman untuk Keluarga

tips mencari penginapan - penginapan untuk keluarga

Berpetualang sendiri menelusuri daerah lain tentu saja berbeda kebutuhannya pada saat bersama keluarga. Penginapan yang dipilih juga diharuskan memiliki aspek kenyamanan lebih saat dihuni.

Memilih lokasi tinggal lebih luas juga menjadi sebuah prioritas karena akan dihuni banyak kepala. Jadi harga juga akan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan hunian untuk satu orang saja.

Setidaknya jika bepergian bersama keluarga dengan jumlah tiga kepala, dalam satu kamar harus terdiri dari dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Apabila hal tersebut tidak terpenuhi maka silahkan cari lokasi lain.

Tips mencari penginapan yang nyaman bagi keluarga adalah memiliki layanan lengkap. Paling mudah adalah menggunakan hotel untuk tempat menginap. Apabila daerah tujuan wisata tidak ada maka dapat memakai losmen atau kos.

Tarif dikeluarkan jika tidak menggunakan hotel tentu saja lebih murah. Jadi dapat dipertimbangkan apabila pada lokasi tujuan tidak ada hotel terdekat dapat menggunakan opsi tadi.

Memang harus selektif jika tidak menggunakan hotel, berselancar di aplikasi traveling perlu dilakukan. Jadi nantinya Anda bisa mendapatkan lokasi paling tepat untuk menginap bersama dengan keluarga.

Untuk bepergian bersama keluarga besar tentu saja membutuhkan spesifikasi lokasi berbeda. Akan lebih baik jika bisa mengontrak rumah dalam jangka pendek. Di beberapa daerah Indonesia hal seperti ini sudah sering dilakukan.

Jadi rumah memang dibangun untuk tempat orang menginap. Biasanya disewakan dalam durasi hari hingga mingguan. Fasilitas yang ditawarkan tentu saja lengkap seperti rumah sendiri sehingga keluarga bisa nyaman menempatinya.

(Baca Juga: 13 Tips Wisata Saat Puasa dengan Suasana Berbeda)

Persiapan Penting Sebelum Bepergian di Daerah Baru

Selain mencari penginapan terbaik, ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan pelancong agar liburan lebih sempurna. Pertama adalah persiapan biaya baik itu untuk perjalanan pulang pergi, hingga kebutuhan selama liburan.

Jangan sampai menganggap remeh biaya karena keperluan mendadak selalu terjadi pada saat bepergian. Jadi siapkan anggaran lebih agar ketika terjadi sesuatu hal dapat menanganinya tanpa kesulitan.

Kemudian persiapkan juga kesehatan fisik karena perjalanan jauh dapat mempengaruhinya lebih mudah. Apabila Anda memiliki alergi tertentu atau mudah mabuk perjalanan selalu sediakan obat pribadi untuk berjaga-jaga.

Sakit saat liburan akan merepotkan bahkan dapat membuat semua rencana berantakan. Mempersiapkan obat pribadi adalah hal mudah bagi Anda yang memiliki kebutuhan tertentu.

Menentukan jadwal yang tepat juga tidak kalah penting selain untuk menjamin keamanan selama bepergian. Mengalokasikan waktu tepat tanpa mengganggu hari kerja bisa menjadi langkah awal.

Apabila ingin menikmati liburan panjang sebaiknya manfaatkan hari cuti atau libur bersama. Dengan begitu Anda bisa lebih lama mencari hiburan dengan menikmati perjalanan bersama keluarga.

Aspek terakhir ini tidak boleh terlupakan yaitu memilih moda transportasi terbaik. Paling mudah adalah menggunakan agen travel agar lebih murah dan tepat waktu. Namun transportasi umum seperti kereta api juga dapat menjadi pilihan.

Berbagai tips tersebut tentunya bisa membuat pengalaman liburan menjadi lebih menyenangkan. Dengan memahami tips mencari penginapan, liburan akan lebih nyaman dan meninggalkan kesan berharga.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts