17+ Tips Travel Saat Saat Pandemi, Pastikan Semua Aman Dan Hasrat Liburan Tetap Tersalurkan

Tips travel saat saat pandemi

Pandemi Covid-19 membuat banyak jadwal liburan jadi tertunda, akibat lalu lintas kendaraan yang terhambat hingga ditutupnya berbagai objek wisata. Tapi, sekarang semua berangsur pulih walaupun virus tersebut masih bergentayangan dimana saja. Anda juga sudah bisa traveling ke berbagai tempat, walaupun harus tetap melakukan berbagai tips agar tetap aman. 

Setelah setahun terkungkung dirumah saja, banyak harapan di tahun 2021 untuk bisa kembali traveling kemana saja. Walaupun kondisinya akan jauh berbeda dengan kondisi normal dulu. Nah, berikut ini beberapa tips travel saat saat pandemi yang perlu diterapkan.

Tips Travel Untuk Pilih Hotel

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah, dimana akan menginap selama traveling nanti. Salah satu pilihan tentunya hotel. Tapi, sekarang jangan asal memilih hotel supaya Anda bisa meminimalisir resiko tertular virus dengan tips travel saat saat pandemi saat pilih hotel berikut:

  • Riset Hotel Berstandar Protokol kesehatan Tinggi

Mulailah dengan melakukan riset hotel yang menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan WHO. Biasanya pihak hotel akan memiliki lambang clean and safe stay, dimana mereka akan sangat ketat soal penerimaan tamu, membersihkan kamar, dan menerapkan sejumlah syarat yang akan menunjang kenyamanan, keamanan, dan kesehatan siapapun yang menginap.

  • Pilih Kamar Sirkulasi Udara Lancar

 Tips travel saat saat pandemi - Pilih kamar dengan sirkulasi udara lancar

Pilih kamar yang lokasinya di ujung atau memiliki jendela luas, sehingga saat beada di dalamnya Anda bisa membuka akses jendela dan memastikan sirkulasi udara lancar. 

  • Pastikan Satu Kamar Sesuai Ketentuan

 Tips travel saat saat pandemi - Kamar sesuai dengan ketentuan

 

Jika Anda datang bersama keluarga, maka pastikan di dalam satu kamar akan diisi sesuai kapasitasnya dan tidak berlebih. Biasanya pihak hotel akan memberikan informasi perihal ini, sehingga Anda tinggal mematuhinya saja. 

  • Terapkan Protokol Personal

 Tips travel saat saat pandemi - Terapkan protokol personal

Sebelum masuk kamar, pastikan terlebih dahulu kamar tersebut sudah disemprot desinfektan dan semua barang yang ada di dalamnya sudah steril dan baru. Jika masih kurang percaya, maka Anda tinggal menyemprot kembali dengan disinfektan yang Anda bawa sendiri.

(Baca Juga: 13 Tips Wisata Saat Puasa dengan Suasana Berbeda)

Tips Travel Untuk Pilih Lokasi 

Sama halnya dengan tempat menginap, lokasi travel juga perlu diperhatikan. Supaya Anda tetap nyaman berlibur dan traveling sesuai keinginan tanpa masalah.

Lantas apa saja tips travel saat saat pandemi untuk memilih lokasi traveling?

  • Riset Lokasi

Sebelum traveling pastikan untuk melakukan riset lokasi tujuan terlebih dahulu. Mulai dari sejauh apa lokasi dari tempat Anda, kendaraan apa yang memungkinkan Anda sampai kesana, hingga jam buka dan bagaimana pengelola tempat menerapkan protokol kesehatan pada semua pengunjung yang datang.

  • Terapkan Protokol Kesehatan

Pastikan pengelola tempat sudah menerapkan protokol kesehatan terbaik. Mulai dari anjuran pakai masker, semprot desinfektan bagi yang baru datang, termasuk menjaga jarak aman antar pengunjung selama berada di lokasi tersebut. 

Untuk memastikannya, Anda bisa cek melalui website tempat tersebut atau telepon sebagai konfirmasi agar jadi lebih nyaman dan tenang untuk berkunjung kesana.

  • Outdoor Lebih Baik

Lebih baik memilih lokasi di ruangan terbuka, dimana sirkulasi udara lebih lancar dan kemungkinan penularan virus Covid-19 lebih minim. Sebab, berdasarkan kajian WHO didapat bahwa virus di ruang terbuka lebih sulit menyebar ke banyak orang apalagi yang sudah memakai masker, dan melindungi diri semaksimal mungkin.

  • Protokol Kesehatan Personal

Walaupun tempat tujuan Anda sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik, Anda juga perlu tips travel saat saat pandemi melakukan antisipasi personal untuk keamanan diri sendiri dan orang terdekat yang turut serta saat traveling. 

Tips Travel Perlengkapan Wajib Bawa

Terkait perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika travel di masa pandemi, diantaranya adalah:

  • Masker

Bawalah beberapa masker untuk digunakan selama traveling, Anda bisa beli masker non medis berlapis sekali pakai jika sulit untuk mencuci masker kain di lokasi traveling. Coba hitung, berapa hari Anda akan bepergian dan bawalah masker tiga atau empat kali lipat dari jumlah hari yang Anda habiskan disana.

  • Hand Sanitizer

Bawalah hand sanitizer yang cukup untuk dipakai selama bepergian, usahakan dalam bentuk semprot atau gel yang praktis dipakai dan disimpan. Jadi, kapanpun Anda membutuhkannya tinggal ambil, gunakan, dan simpan kembali. 

Untungnya saat ini sudah banyak jenis hand sanitizer yang beredar, jadi Anda tinggal pilih mau yang mana. Tipsnya, bawa beberapa botol hand sanitizer. Satu untuk ditempatkan di dalam tas yang akan selalu Anda bawa, kemudian satu di dalam koper utama, satu di masing-masing tas anggota keluarga, dan beberapa botol cadangan ketika yang lain habis.

(Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendaraan Saat Mudik Lebaran)

  • Disinfektan

Sama halnya dengan hand sanitizer, Anda juga perlu membawa desinfektan sendiri. Bisa yang berbentuk semprot dan banyak dijual di apotik, atau berbentuk alat khusus yang tinggal colok dan akan bekerja membersihkan ruangan dengan uapnya. 

  • Perlengkapan Mandi Sendiri

Pastikan untuk membawa perlengkapan mandi sendiri, simpan di dalam tas khusus. Jangan sampai Anda menggunakan perlengkapan yang ada di penginapan dan lainnya, karena bisa saja virus sudah menempel di sana. 

  • Perlengkapan Makan Sendiri

Memang jadi agak ribet, tapi demi mencegah penularan virus maka Anda juga perlu ikut tips travel saat saat pandemi dengan membawa perlengkapan makan sendiri. Jadi lebih aman untuk diri sendiri dan keluarga tercinta, jika Anda membawa mereka selama traveling.

  • Perlengkapan Tidur Sendiri

Maksudnya adalah sarung bantal, selimut, dan lainnya. Terutama ketika Anda membawa anak kecil dan lansia, usahakan membawa sarung bantal sendiri untuk menjaga keamanan mereka selama di perjalanan.

  • Baju Ganti

Kemanapun Anda pergi, selalulah bawa baju ganti dan gantilah baju sebelum kembali ke tempat menginap. Supaya kotoran dan virus yang menempel di baju tidak ikut terbawa ke dalam tempat Anda beristirahat. 

  • Tisu Basah dan Kering

Gunanya sangat banyak, yaitu untuk mengelap tempat duduk, meja dan kursi yang akan Anda pakai di lokasi umum. Pilihlah tisu yang sudah dilengkapi kandungan desinfektan atau zat pembunuh virus dan bakteri. Sehingga penggunaannya jadi lebih maksimal melindungi Anda dimana saja berada.

  • Bawa Kantong Sendiri

Jika akan berbelanja kebutuhan atau oleh-oleh, sebaiknya bawa kantong sendiri dan tempatkan terpisah dari pakaian dan koper lainnya. Agar Anda bisa mengurangi kemungkinan kontaminasi virus dari kantong yang disediakan tempat berbelanja tersebut.

Tips Travel Untuk Pilih Alat Transportasi

Jika Anda akan bepergian ke daerah domestik, maka tips travel saat saat pandemi untuk alat transportasi yang bisa diterapkan adalah menggunakan kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan untuk keluarga tercinta. Sehingga, Anda tidak harus bersinggungan dengan orang lain yang tentunya Anda tidak kenal dan tidak riwayat perjalanannya.

Kemudian, sebelum masuk kendaraan, pastikan untuk mensterilkan kendaraan dengan penyemprotan desinfektan terlebih dahulu. Setelah itu barulah Anda bisa menggunakannya untuk traveling.

Beda lagi kalau Anda harus menggunakan sarana transportasi umum, pilihlah yang lebih aman. Seperti pesawat terbang yang sudah menerapkan pemangkasan jumlah penumpang dalam satu kali penerbangan. Hal ini juga untuk meminimalisir penularan virus berbahaya tersebut.

Dengan menerapkan berbagai tips travel saat saat pandemi di atas, paling tidak Anda sudah ikut dalam golongan masyarakat yang siap melawan penyebaran virus. Walaupun terkesan ribet, tapi akan sebanding dengan keamanan yang Anda dapatkan selama berada di berbagai lokasi ramai pengunjung. Jika bukan Anda yang memproteksi diri sendiri, siapa lagi!

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts