Tips Traveling Sendirian Tetap Aman dan Menyenangkan

tips traveling sendirian

Saat ini traveling sendirian semakin populer dan banyak digandrungi anak mudah. Tentu Anda harus tahu tentang tips traveling sendirian, agar perjalanan tersebut nantinya menyenangkan. 

Dengan akses internet yang semakin cepat, semakin mudah bepergian ke berbagai tempat. Traveling merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan serta memberikan banyak manfaat. 

Traveler merupakan istilah yang digunakan untuk orang – orang yang suka bepergian. Kehadiran media sosial memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan traveling.

Media sosial membuat orang – orang ingin memamerkan tempat – tempat indah yang mereka kunjungi di akun pribadi. Saat ini aktivitas jalan – jalan memang berkurang, karena masih terhalang oleh pandemi. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa bepergian.

Pemerintah Indonesia khususnya membuka kembali sektor pariwisata agar perekonomian di daerah bisa terdongkrak. Asalkan Anda mematuhi protokol kesehatan, tetap bisa bepergian saat pandemic. Yang paling penting Tips traveling sendirian sudah Anda pahami.

Bepergian bersama teman – teman memang sangat menyenangkan. Tetapi bepergian sendiri juga memberikan sensasi keseruan tersendiri. Buat Anda yang ingin mencoba pengalaman baru saat liburan, maka tidak ada salahnya mencoba berlibur sendirian.

Mengapa Banyak Orang Suka Traveling Sendirian?

tips traveling sendirian - mengapa banyak orang suka traveling sendirian

Solo traveling merupakan istilah yang disematkan kepada wisatawan yang pergi sendirian. Saat ini kalangan muda yang paling banyak mengikutinya. Berikut ini beberapa alasan mengapa solo traveling disukai banyak orang. 

  • Biaya Perjalanan Bisa Lebih Hemat

Salah satu keuntungan melakukan perjalanan liburan sendiri adalah biaya pengeluaran bisa lebih hemat. Tips traveling sendirian ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki budget terbatas, karena biaya perjalanan bisa diminimalisir.

Jika bepergian sendiri, maka Anda bebas memilih tempat menginap. Asalkan Anda nyaman, maka penginapan murah tidak jadi persoalan. Soal makan juga tidak harus mewah, yang penting Anda menikmatinya, serta bisa tetap melanjutkan petualangan.

(Baca Juga: 17+ Tips Travel Saat Saat Pandemi, Pastikan Semua Aman Dan Hasrat Liburan Tetap Tersalurkan)

  • Lebih Bebas Melakukan Kegiatan yang Disukai

Jalan – jalan bersama rombongan tentu tidak bisa bersikap individualis. Tempat – tempat yang hendak dikunjungi harus sesuai dengan kesepakatan rombongan tersebut. Ada kalanya tempat yang dituju rombongan perjalanan bukan lah tempat yang Anda sukai.

Jika melakukan solo traveling, maka Anda bisa bebas melakukan segala hal disukai. Anda bebas bangun jam berapa untuk melakukan perjalanan. Dengan demikian aktivitas wisata tersebut bisa jadi lebih nikmat dibanding pergi bersama rombongan. 

  • Semakin Dekat dengan Diri Sendiri

Melakukan perjalanan sendiri ke berbagai tempat menarik ternyata memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah bisa dekat dengan diri sendiri. Tips traveling sendirian untuk mendapatkan makna adalah dengan menikmati setiap detik perjalanan. 

Saat melakukan solo traveling, waktu untuk diri sendiri semakin banyak. Dengan demikian Anda nantinya bisa lebih memahami diri sendiri, melakukan refleksi diri, dan hal lainnya. Perjalanan tersebut bisa membuat traveler menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Merasakan Sensasi Tantangan Baru

Saat pergi sendiri ke tempat baru tentu dibutuhkan keberanian. Anda harus bisa mengurus diri sendiri agar aktivitas liburan tersebut tetap aman dan menyenangkan. Tentunya berbagai tantangan baru pasti dihadapi selama di perjalanan nantinya.

Berwisata sendirian akan menumbuhkan mental berani dalam diri Anda. Kepuasan yang dirasakan bisa lebih baik daripada berwisata bersama rombongan. Ada rasa bangga yang diraih jika berhasil melakukan solo traveling. 

Tips Traveling Sendirian Aman dan Tetap Nyaman

tips traveling sendirian - tips aman traveling sendirian

Bepergian sendiri ke tempat baru tentu saja aman, jika Anda melakukannya penuh persiapan. Kemajuan teknologi saat ini memudahkan kita mengunjungi tempat – tempat baru. Agar perjalanan menyenangkan beberapa hal berikut bisa Anda terapkan.

  • Lakukan Riset Mendalam Tentang Tempat yang Hendak Dituju

Sebelum mengunjungi destinasi wisata, maka lebih baik lakukan riset mendalam terlebih dahulu. Cermati moda transportasinya, cari tempat menginap yang aman dan strategi, cek estimasi biaya, dan hal lainnya.

Anda juga perlu melakukan riset terhadap kebudayaan setempat, agar nantinya bisa berperilaku sesuai dengan ketentuan di daerah tersebut. Riset sangat penting dilakukan, agar aktivitas wisata tersebut nantinya bisa Anda jalani dengan baik. 

  • Catat Nomor Penting Untuk Keadaan Darurat

Tips traveling sendirian yang juga harus diperhatikan adalah pastikan untuk mencatat nomor penting setiap saat. Misalnya nomor penginapan Anda, nomor rumah sakit, nomor kantor polisi, atau juga nomor orang terdekat.

Tujuannya agar ketika menghadapi keadaan darurat, Anda bisa mendapatkan pertolongan dengan mudah. Memang hal tersebut tidak pernah kita inginkan, tetapi bisa saja terjadi tanpa diduga. Nomor darurat tersebut akan sangat membantu nantinya. 

  • Bawa Perlengkapan Seperlunya

Perlengkapan untuk perjalanan juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Sebisa mungkin jangan bawa terlalu banyak barang, karena hal tersebut bisa membebani perjalanan Anda. Lebih baik bawa bawang seperlunya saja.

Beberapa jenis barang yang penting dibawa misalnya, seperti charger, botol minum, obat – obatan, kotak P3K, uang tunai, dan lainnya. Pastikan barang yang Anda bawa memang betul – betul dibutuhkan untuk perjalanan tersebut. 

(Baca Juga: Tips Mencari Penginapan Saat Traveling di Daerah Baru)

  • Tetap Gunakan Insting di Setiap Situasi

Tips traveling sendirian selanjutnya adalah tetap andalkan insting diberbagai jenis situasi. Setiap orang dibekali dengan insting, jadi Anda perlu mempercayainya. Saat Anda merasakan situasi aneh atau merasa tidak nyaman, maka lebih baik segera mengamankan diri.

Lebih baik langsung bertindak menyelamatkan diri agar tidak tidak berada dalam situasi bahaya. Bisa saja memang insting tersebut salah, tetapi jauh lebih baik bepergian dengan perasaan nyaman dan tenang. 

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Solo Traveling?

tips traveling sendirian - bandara

Saat diperjalanan Anda tetap harus menjaga sikap dan perilaku, sehingga tidak menyinggung orang lain. Khususnya saat Anda mengunjungi tempat yang sama sekali baru, lebih baik tetap tunduk dengan aturan daerah setempat.

Saat berwisata, hindari menggunakan pakaian yang terlalu mencolok. Jangan gunakan perhiasan yang bisa mengundang kejahatan. Lebih baik gunakan pakaian yang nyaman, santai dan tidak menghambat perjalanan Anda.

Ucapan perlu tetap dijaga ketika melakukan solo traveling. Jika ada yang mengajak Anda berkomunikasi, sebaiknya berkomunikasi secara bijak. Jika ada pertanyaan yang sifatnya privasi atau membuat Anda tidak nyaman lebih baik langsung hindari.

Jangan pernah lengah atau bertindak ceroboh saat melakukan wisata sendirian. Jika Tips traveling sendirian Anda terapkan secara benar, maka pasti perjalanan tersebut menyenangkan nantinya. Rasa percaya diri penting dimiliki ketika melakukan perjalanan.

Ke mana pun Anda bepergian, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak mengotori tempat dengan sampah. Perilaku harus tetap dijaga saat berwisata, agar orang lain tidak merasa terganggu. 

Tempat – Tempat yang Cocok untuk Solo Traveling

tips traveling sendirian - tempat yang cocok untuk solo traveling

Di Indonesia sudah banyak destinasi wisata yang cocok dikunjungi meskipun sendirian. Tempat wisata ini menjanjikan pengalaman menarik dan pastinya tetap aman. Berikut beberapa tempat di Indonesia yang bisa dikunjungi meski sendirian.

  • Kota Batu – Malang

Batu merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang selalu menjadi favorit para wisatawan. Kota Batu memiliki wisata alam yang sangat memikat, serta kuliner daerah yang sangat khas.

Melakukan solo traveling di Batu jelas sangat menyenangkan, karena akses informasinya sangat banyak. Banyak penginapan murah yang bisa Anda dapatkan. Selain itu moda transportasinya juga sangat lengkap. 

  • Yogyakarta

Selain Batu, Kota Yogyakarta juga menjadi salah satu destinasi yang cocok dikunjungi sendiri. Jogja sendiri sangat kental dengan budaya daerah dan keunikan lainnya. Kota Jogja tidak terlalu besar, jadi Anda tidak akan kesulitan mengelilinginya sendiri.

Tempat wisata di area kota saja sangat banyak, sebut saja seperti Malioboro, Candi Prambanan, Keraton dan yang lainnya. Anda bisa menikmati waktu sendiri ditemani indahnya kota Jogja sembari menerapkan Tips traveling sendirian tersebut.

  • Palembang

Kota lain di Indonesia yang cocok dijelajahi sendirian adalah kota Palembang. Kota yang terkenal dengan makanan khas Pempeknya ini juga menyimpan banyak tempat – tempat menarik. Jembatan Ampera merupakan salah satu tempat terkenal di sini.

Palembang juga memiliki banyak wisata alam dan wisata kuliner. Kota Palembang jelas bisa Anda jelajahi sendirian secara aman dan mudah. Akses transportasinya banyak dan tentu saja tersedia beragam penginapan murah. Anda pasti mendapatkan pengalaman berharga dari kota ini.

Melakukan solo traveling bukan lagi menjadi kekhawatiran karena jelas sangat aman jika dilakukan secara benar. Dengan adanya akses internet saat ini, segala tempat baru bisa dijelajahi dengan mudah. Asalkan Anda berani, pasti perjalanan menyenangkan.

Sebelum berusia 40-an, ada baiknya miliki pengalaman berpetualang sendirian. Sensasi perjalanan pasti jauh berbeda jika dibandingkan dengan pergi bersama teman. Dengan memahami tips traveling sendirian, dijamin petualangan Anda memuaskan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts