13 Tips Wisata Saat Puasa dengan Suasana Berbeda

Tips wisata saat puasa

Berwisata atau berlibur ketika sedang berpuasa atau di bulan Ramadhan merupakan hal yang tak biasa. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata atau liburan di bulan puasa, harus menyimak tips wisata saat puasa di bawah ini. Suasana yang berbeda saat bulan puasa, membuat banyak orang memilih untuk tetap berwisata misalnya melakukan wisata religi.

Terutama bagi para traveller yang ingin tahu rasanya bagaimana sahur dan berbuka di negeri orang, yang dimana budayanya tentu berbeda dengan Indonesia. Maka dari itu, tips wisata saat puasa ini akan membantu Anda untuk melancarkan puasa walaupun sedang berwisata ke suatu tempat. Selain itu, Anda juga bisa berburu kuliner lokal khas negeri atau tempat tersebut saat melakukan perjalanan wisata itu sendiri.

Tips Wisata Saat Puasa agar Perjalanan Tetap Seru Puasa pun Lancar

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan, ketika memutuskan untuk berwisata di bulan Ramadhan. Berikut ini tips wisata saat puasa yang bisa Anda lakukan:

  • Memilih Destinasi Wisata yang Memiliki Hal Berikut Ini

Tips wisata saat puasa - Memilih destinasi wisata

Tips wisata saat puasa yang pertama adalah, pilih tempat atau destinasi wisata yang muslim friendly sehingga Anda tidak kesulitan berpuasa karena di sana juga mayoritas orang sedang berpuasa. Anda juga akan lebih mudah menemukan takjil atau menu favorit saat berbuka di sana. Apabila penduduk setempatnya mayoritas muslim, maka makanan yang dijual di sana juga adalah makanan halal. 

Suasana ramadhan di tempat tujuan pun akan lebih terasa dan akan membuat pengalaman berpuasa Anda menjadi semakin berkesan. Anda juga tidak akan kesulitan menemukan Masjid/Mushola untuk beribadah.

(Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendaraan Saat Mudik Lebaran)

  • Memerhatikan Waktu Sahur dan Berbuka di Tempat Tujuan

Tips wisata saat puasa - Memperhatikan waktu berbuka

Apabila Anda berwisata atau berlibur di luar negeri, tentu jam atau waktu sahur dan berbuka dengan di Indonesia berbeda. Maka sebelum menentukan destinasi wisata, sebaiknya Anda juga mencari tahu berapa lama waktu sahur dan berbuka di sana. Hal ini penting untuk kondisi mental Anda saat berpuasa, dan bagaimana kondisi lapangan di sana. Karena ada beberapa negara yang waktu berbukanya lebih lama dari waktu di Indonesia. Gunakan aplikasi pengingat shalat dari mulai subuh sampai isya.

  • Mengunjungi Lokasi Wisata Semampunya

Tips wisata saat puasa - Mengunjungi lokasi wisata semampunya

Ibadah puasa seharusnya tidak menghalangi aktivitas dan kegiatan Anda di siang hari. Namun bukan berarti Anda juga bisa melakukan kegiatan seperti halnya saat sedang tidak berpuasa. Tips wisata saat puasa supaya lancar adalah jangan memaksakan diri dan tahu batasannya. Kurangi jumlah destinasi wisata yang nanti akan Anda kunjungi, supaya tenaga Anda tidak habis hanya dengan berjalan-jalan mengunjungi banyak tempat.

  • Pastikan Fasilitas Tempat Ibadah di Tempat Wisata Lengkap atau Memadai

Tips wisata saat puasa - Memperhatikan tempat ibadah yang ada di tempat wisata

Puasa Ramadhan ini hukumnya wajib dan harus dilakukan. Sama halnya dengan sholat yang juga wajib dilakukan. Maka jangan lupa untuk tetap menjalankan sholat dimana pun Anda berada. Ketika mengunjungi tempat wisata, pastikan tempatnya memiliki fasilitas yang memadai untuk melaksanakan ibadah sholat. Setidaknya di sana ada mushola. Atau ada masjid yang tempatnya tidak jauh dari area tempat wisata tersebut.

Namun jika ternyata tempat wisata tersebut tidak ada tempat ibadah sama sekali, maka Anda bisa menggunakan tempat-tempat yang bersih untuk dijadikan tempat sholat. Pastikan juga Anda sudah membawa peralatan sholat saat bepergian.

  • Jangan Melakukan Aktivitas Berikut ini Saat Sedang Berwisata di Bulan Puasa

Tips wisata saat puasa - Jangan melakukan aktivitas berat saat puasa

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, dan bagi Anda yang terbiasa berolahraga di luar bulan Ramadhan sebaiknya tidak memaksakan diri untuk tetap berolahraga saat sedang berwisata di bulan Ramadhan. 

Sebaiknya, Anda juga tidak melakukan aktivitas yang menguras energi saat bulan puasa seperti berselancar, naik gunung, bermain arung jeram dan sebagainya. Jenis aktivitas berat tersebut bisa mengganggu puasa Anda karena akan terlalu menguras energi. Walaupun jika dilakukan saat sedang tidak berpuasa, aktivitas tersebut sangat seru dan menyenangkan. 

Pilihlah jenis-jenis travelling yang santai dan tidak menguras tenaga seperti misalnya berjalan-jalan ke museum, kebun binatang, tempat-tempat bersejarah, masjid raya, makam tokoh-tokoh agama, dan sebagainya.

  • Membawa Perlengkapan Penting

Tips wisata saat puasa -Membawa perlengkapan penting

Membawa peralatan atau perlengkapan ibadah juga menjadi salah satu tips wisata saat puasa yang jangan dilupakan. Hal ini supaya memudahkan Anda ketika berwisata, karena tidak semua tempat tujuan memiliki tempat ibadah yang memadai dan perlengkapan sholat yang lengkap. 

Membawa sendiri perlengkapan sholat dari rumah tentunya lebih bersih dan higienis. Pilih perlengkapan sholat yang kecil, ringan, dan praktis supaya tidak membuat barang bawaan Anda terasa berat. Misalnya sejadah berbahan kain atau mukena berbahan parasut.

Keuntungan lainnya dalam membawa perlengkapan ibadah sendiri adalah Anda juga tak perlu mengantri dengan wisatawan lain, karena bergiliran menggunakan sejadah atau mukena. 

Tips Wisata Saat Puasa Lainnya yang Bisa Kamu Coba

  • Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang

Tips wisata saat puasa lainnya yang juga harus diperhatikan adalah tidak membawa barang terlalu banyak. Karena Anda akan berwisata dan bukan pindahan rumah. Barang-barang yang sekiranya tak terlalu penting sebaiknya tidak usah dibawa. Tentukan prioritas dengan membawa barang yang penting saja. Pilih juga jenis pakaian yang bahannya tidak terlalu tebal, bisa menyerap keringat, dan tak mudah lecek.

  • Mengkonsumsi Makanan ini Saat Sahur

Supaya Anda tidak merasa lemas seharian walaupun sedang berwisata ketika sedang puasa, maka pastikan Anda sudah mengkonsumsi makanan yang tepat, sehat, dan berenergi saat sahur. Supaya stamina Anda selalu fit, konsumsi juga vitamin yang akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berpuasa diantaranya yaitu telur, oatmeal, daging ayam, nasi merah, kacang-kacangan, buah, sayur, olahan ikan, kurma dan sebagainya.

  • Minum Air Putih yang Banyak

Supaya tidak kekurangan cairan saat berpuasa sekaligus berwisata, Anda juga harus minum air putih yang banyak. Setidaknya asupan cairan yang diperlukan tubuh saat berpuasa ini mencukupi. Sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman manis yang berpengawet atau mengandung gula buatan. Minum 4 gelas air putih saat sahur dan 4 gelas air putih saat berbuka akan memenuhi asupan cairan, yang diperlukan oleh tubuh.

(Baca Juga: Ikutin Yuk, Rekomendasi Kuliner Bandung yang Patut Untuk Dicoba)

  • Mengunjungi Tempat Wisata di Malam Hari

Apabila Anda merasa kelelahan saat harus berkeliling ke tempat-tempat wisata di siang hari, maka Anda masih bisa berwisata ke tempat wisata di malam hari. Pilih tempat-tempat wisata yang masih bisa dikunjungi di malam hari, dan suasana serta tempatnya juga tetap seru dan menyenangkan. Di bulan Ramadhan ini biasanya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Misalnya tempat-tempat seperti bazar dadakan yang bisa Anda kunjungi selepas sholat terawih, festival kuliner, atau pasar malam. Sekalian saja menikmati atau mencoba sajian kuliner lokal di tempat berlibur, yang tentu rasanya khas dan unik.

  • Jangan Begadang dan Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

Dibutuhkan energi yang banyak saat sedang menjalankan ibadah puasa. Itulah sebabnya tips wisata saat puasa sangat dibutuhkan oleh Anda yang ingin berlibur ketika sedang berpuasa. Supaya tidak lemas di siang hari, Anda juga harus memiliki waktu tidur yang cukup. Tujuannya agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga dengan baik. Jangan bermain smartphone terlalu lama sebelum tidur supaya pikiran dan badan tetap segar di pagi hari.

  • Berkenalan dengan Sesama Muslim di Tempat Tujuan Wisata

Walaupun Anda melakukan solo traveling di bulan Ramadhan, tak ada salahnya untuk berkenalan dengan sesama muslim di sana. Supaya pengalaman seru Anda berpuasa di negara lain semakin bertambah. Bisa juga dengan mencari komunitas muslim lokal yang tinggal di sana, sehingga Anda bisa bertukar informasi dengan mereka mengenai rekomen tempat-teman makan untuk berbuka.

  • Mengunjungi Tempat Wisata Religi

Luangkan waktu Anda untuk berwisata ke tempat-tempat wisata religi, sekalian juga menambah pengetahuan agama Anda mengenai sejarah islam. Mengunjungi masjid-masjid yang memiliki bangunannya unik, atau berziarah ke makam wali bisa menjadi pilihan untuk melakukan wisata religi di bulan Ramadhan. Maknai hidup Anda dengan sesuatu yang berbeda, di bulan puasa.

Itulah beberapa tips wisata saat puasa, yang bisa membuat ibadah puasa Anda tetap lancar dan perjalanan wisata tetap menyenangkan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts