Tidak Kalah!, Berikut Keunggulan Traveling di Indonesia Dibanding Luar Negeri

traveling di indonesia

Traveling di Indonesia adalah kegiatan yang banyak dilakukan baik oleh orang lokal maupun luar negeri. Alasan terbesar pastinya karena sudah memiliki nama cukup besar. Bahkan terkenal sebagai tempat wisata menjanjikan.

Kita sebagai orang asli pastinya harus lebih bangga menunjukan kecintaan terhadap wisata sendiri. Terlebih tidak kalah jika dibandingkan sama tempat liburan internasional. Harus diingat kalau kita wajib mendukung unsur nusantara.

Kelebihan Melakukan Traveling di Indonesia

traveling di indonesia - keunggulan traveling di indonesia

Sampai sekarang mungkin banyak orang bermimpi melakukan perjalanan ke luar negeri. Bahkan sudah direncanakan dan menabung sejak lama. Tapi jika mengetahui keunggulan traveling negara sendiri, mungkin dapat beralih impian wisatanya.

1. Objek Wisata Melimpah

Keunggulan pertama dari perjalanan traveling di Indonesia yakni pilihan objek wisata melimpah. Bahkan dari wilayah paling barat sampai timur pasti punya. Selain itu pemerintah kota membangun dengan rajin supaya diminati.

Terlebih sekarang kemunculan tempat wisata baru terus bermunculan. Tidak jarang poin semacam ini kemudian membuat persaingan antara orang lokal terus berkembang. Tapi tidak masalah karena saling memajukan diri supaya bagus.

(Baca Juga: Tips Mencari Penginapan Saat Traveling di Daerah Baru)

2. Fasilitas Lengkap

Memang tidak semuanya sudah dilengkapi sama fasilitas lengkap. Meski begitu tetap maksimal dipakai pengunjung baik untuk kebutuhan pribadi atau publik. Terutama berhubungan sama toilet di mana seringkali kebersihannya bervariasi.

Kebanyakan tempat liburan di negara kita dilengkapi toilet memadai dan cukup banyak. Apalagi jika dilengkapi sama pengawasan, maka sudah sangat bersih dan lengkap. Terlebih lagi ada pegawainya sendiri.

3. Tour Guide Berpengalaman

Satu lagi kelebihan terbaik untuk traveling di Indonesia yakni tour guide resmi. Hal ini ternyata juga sangat disukai oleh orang luar negeri. Bahkan mereka memesan supaya perjalanan ditemani guide sendiri.

Umumnya tour guide resmi ini bukan hanya berasal dari tempat wisata saja. Melainkan banyak freelancer ikut bergabung demi memperoleh uang tambahan. Mereka bisa berasal dari kalangan mahasiswa atau pelajar sekolah.

4. Makanan Halal

Kalau berbicara keunggulan paling utama, pastinya makanan halal. Semua wilayah negara kita pasti dilengkapi sama menu makanan yang dapat dimakan oleh umat muslim. Tidak heran muslimin internasional suka ke Indonesia.

Negara kita banyak dihidupi oleh orang Islam. Di mana pasti kebutuhan akan makanan halal sangat besar. Apalagi bukan hanya untuk muslim saja, tapi bahkan disukai oleh orang dari agama lain.

Tradisi dan Kebudayaan Nusantara Original

traveling di indonesia - tradisi dan kebudayaan

Tradisi dan kebudayaan nusantara sudah lama menjadi hal yang kita banggakan. Tidak heran kalau mau dilirik negara lain dengan maksud kurang baik. Misalnya sampai coba diakui sebagai milik mereka.

Untuk menjaganya, perlu dilestarikan dengan baik dan melakukan pencegahan positif. Misalnya saja selalu dikenalkan pada dunia internasional sebagai milik kita. Pemerintah sebenarnya sudah bekerja keras mengenalkan dengan cara pariwisata.

Selain itu masih banyak tradisi sangat seru untuk kita ikuti apabila bergabung pada suatu daerah. Misalnya saja di daerah Padang di mana ada Pacu Jawi. Berlomba mengendarai kerbau di sawah.

Tapi kebanyakan orang dalam negeri maupun luar negeri menyukai yang berbau kebudayaan. Misalnya saat traveling di Indonesia ke Bali. Kebanyakan wisatawan lebih suka memakai pakaian adat khas dari Bali tersebut.

Hal ini sama apabila mengunjungi wilayah Jawa ataupun Kalimantan. Meski tidak memakai pakaian adat, bisa hanya memakai kain khas, misalnya Batik. Penampilan eksotik tapi keren membuat tampilan khas negeri disukai.

Kalau kita mengikuti kebudayaan dari daerah lain, banyak manfaatnya. Kita lebih mengetahui nilai kehidupan suatu kaum atau suku tertentu. Memahami bagaimana sejarah mereka dari zaman dulu sampai sekarang.

Sebenarnya kita tidak perlu ikutan langsung dalam melestarikan. Di mana hanya menonton pertunjukan tari atau hiburan tradisional juga boleh. Kita tetap melakukan dukungan meski tidak secara gamblang.

Jika kita berkunjung ke tempat wisata lokal, sama saja kita sudah ikut andil mengembangkannya. Bahkan pemerintah lebih memberi apresiasi pada rakyat yang berkunjung ke daerah pariwisata sendiri.

Rakyat Indonesia Cenderung Sangat Majemuk

traveling di indonesia - rakyat indonesia cenderung sangat majemuk

Keunggulan selanjutnya yakni kita bisa melihat kalau rakyat Indonesia begitu majemuk. Hal yang dimaksud disini adalah perbedaan karakter semua orang. Pasti sangat unik saat kita lihat mereka lakukan interaksi sosial.

Pada beberapa wilayah traveling terdapat campuran orang dari berbagai daerah. Hal ini ditemukan terutama pada daerah kota tempat migrasi warga. Inilah alasan selain berwisata, bisa sambil mempelajari tentang humanisme.

Kegiatan traveling di Indonesia memang membuat kita bisa mempelajari nilai kehidupan. Terlebih lagi saat bercengkrama bersama orang lain. Pasti kita dapat saling mempelajari kebudayaan supaya lebih dekat sama orang lokal.

Bertukar kebudayaan sangat menyenangkan karena saling membanggakan dan mengajari. Terutama bukan hanya soal pakaian atau lagu daerah. Disini paling penting itu belajar budaya daerah lain terutama tata cara hidup.

Saat kita berlibur, maka terasa lebih menikmati hidup. Kita dapat menemukan atau merasakan apa yang dibutuhkan diri sendiri kedepannya. Ditambah lagi lebih paham dan tahu apa kekurangan diri untuk diperbaiki.

Selain itu pembelajaran lainnya yakni mampu menghilangkan perasaan sendirian. Meski traveling secara solo, tapi tetap bakal bertemu banyak orang. Hal inilah yang kemudian dapat digunakan memperbanyak relasi sama orang baru.

Setelah kita menyelesaikan kegiatan traveling, maka terasa lebih bahagia. Bisa merencanakan lagi untuk perjalanan selanjutnya di masa depan. Kalau perlu lakukan lebih lama dan mencari daerah lebih asing.

(Baca Juga: Jalan-jalan Yuk, Berikut adalah Daftar Objek Wisata Papua Pilihan Tercantik)

Komitmen Pemerintah Membangun Pariwisata Negara

traveling di indonesia - komintmen pemerintah membangun pariwisata negara

Komitmen negara membantu meningkatkan dalam bidang pariwisata sudah terlihat cukup besar. Bukti kuatnya terlihat di mana banyak daerah terpencil dibangun. Apalagi dengan tujuan lain seperti membawa pertumbuhan ekonomi.

Pasti dengan adanya tempat wisata suatu daerah, orang bakal punya mata pencaharian baru. Misal sebelumnya hanya serabutan tapi sekarang mampu bekerja secara halal. Hasilnya tidak harus bekerja ke luar kota.

Sementara itu kalau keuntungan buat kita adalah jalan umum pasti sudah dibuka. Maka dari itu sebagai traveler kita tidak perlu menuju jalan pintas. Akan lebih cepat sampai sehingga hemat bensin.

Pasti namanya traveling di Indonesia kebanyakan masih memakai jalan yang sulit. Bahkan harus parkir jauh sebelum menuju ke tempat wisata. Bakal memakan waktu cukup lama, malahan terlalu lelah saat diperjalanan.

Selain pembangunan jalan, tentunya fasilitas lain telah dibangun. Misalnya tempat nongkrong modern dengan pencahayaan sampai warna-warni cantik. Ditambah pembabatan tanaman liar sehingga tampilan area wisata terasa tetap bersih.

Terlihat lebih kekinian pasti sangat disukai terutama sama anak muda. Kita bahkan dapat melihat banyak tempat alam diberi lampu yang cantik. Sangat bagus saat kita kunjungi malam hari bersama teman.

Pemerintah sendiri mengharapkan pariwisata dapat memberi tambahan negara. Dapat dipakai untuk keperluan pembangunan dalam bidang atau aset negara lain. Saling bersinergi bersama rakyat supaya perkembangan semakin bagus.

Biaya Perjalanan Awal Sampai Akhir Terjangkau

traveling di indonesia - Biaya dari awal sampai akhir sangat terjangkau

Kita juga bakal merasakan kalau biaya perjalanan sangat murah untuk kita dapatkan. Tentu saja mencakup banyak hal baik berupa kebutuhan untuk makanan, transportasi dan biaya hidup lainnya. Jumlahnya tidak membebani.

Untuk transportasi sendiri bisa memakai banyak alat bervariasi. Jika di Indonesia paling efektif dan aman berupa kereta dan pesawat. Di mana kereta mulai dari 100 ribuan sedangkan pesawat 1 jutaan.

Tapi kebanyakan orang melakukan traveling di Indonesia itu memakai transportasi milik sendiri. Mereka masih umum memakai mobil atau motor pribadi. Apalagi cenderung hanya membeli bensin, di mana tidak mencapai jutaan.

Sementara itu untuk biaya hidup seperti makan waktu berwisata tergolong murah. Bahkan bisa makan dengan uang kurang dari 5 ribu sampai kenyang. Jadi, tidak ada salahnya traveling makan ke warteg.

Makan memang penting, tidak harus selalu makan enak waktu traveling. Tapi yang utama mungkin tetap usahakan makan makanan khas yang belum pernah dicoba. Jadi, bisa merasakan banyak sensasi berbeda terus.

Lalu untuk biaya lain seperti hotel terbilang murah. Terlebih dengan berkembangnya area wisata, bisa memakai homestay secara kekeluargaan. Nantinya dapat tinggal bersama orang lokal sehingga menekan pengeluaran agar lebih terjangkau.

Begitu juga kalau mau merasakan objek wisata, terbilang tidak mahal. Mau wisata air ataupun darat semuanya murah. Tapi jangan hanya melihat murahnya saja, perhatikan apakah memang aman dinaiki atau tidak.

Jika kita melihat semua keunggulan yang sudah dibahas, kita tahu kalau wisata lokal bisa berkembang. Tidak menutup kemungkinan dapat menjadi pilihan dunia. Hasilnya traveling di Indonesia bisa membuat maju negara.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts