Penat Dengan Pekerjaan? Simak Yuk Tips Traveling Keliling Indonesia Agar Tidak Stress

Melaksanakan perjalanan traveling keliling Indonesia sudah menjadi bagian hidup orang zaman sekarang. Terlebih lagi setelah televisi atau YouTube sering memunculkan tempat wisata bagus. Tentu tidak kalah dari aset luar negeri.

Apa Sih Pengertian dari Traveling?

Traveling merupakan suatu aktivitas yang dilakukan yang akan membawa kamu ke tempat baru. Traveling bukan hanya sekedar melakukan perjalan tetapi bagaimana kamu bisa menikmati perjalanan tersebut. Jika kamu melakukan perjalanan tetapi tidak menikmati perjalanan tersebut itu sama saja. Traveling juga mempunyai manfaat untuk mengetahui tempat baru, menemukan kehidupan yang belum pernah dirasakan sebelumnya, hingga mengerti berbagai budaya di tempat baru yang dikunjungi. Apalagi di indonesia sendiri banyak sekali destinasi yang bisa dijelajahi mulai dari pantai, gunung, hingga tempat bersejarah.

Hal ini sebenarnya sudah menjadi kabar baik bagi pemerintah maupun pengelola wisata. Terutama menginginkan lebih banyak orang lokal mengunjungi objek wisata mereka. Kalau lebih banyak pengunjung, pasti kemajuan pariwisata berkembang. 

Tips Traveling Keliling Indonesia

Meski berada di negara sendiri, bukan berarti harus santai tanpa persiapan. Malah, kalau tidak dipersiapkan dengan baik, bisa terjadi hambatan perjalanan. Jadi, wajib tahu tips penting agar kegiatan traveling membahagiakan.

1. Syarat Perjalanan

traveling keliliing indonesia - Syarat Perjalanan

Untuk melaksanakan perjalanan traveling keliling Indonesia, Anda sebelumnya perlu melengkapi syarat melakukan perjalanan dulu. Terutama paling penting masih berupa identitas diri sendiri. Jangan sampai ketinggalan atau tidak dibawa sama sekali.

Paling tidak Anda wajib membawa KTP sebagai identitas diri. Sementara itu penting juga membawa SIM kalau nantinya bakal menyewa mobil atau motor. Karena mau wisata lokalan, maka tidak perlu Passport.

(Baca Juga: 17+ Tips Travel Saat Saat Pandemi, Pastikan Semua Aman Dan Hasrat Liburan Tetap Tersalurkan)

2. Uang

traveling keliliing indonesia - Uang

Uang yang dibutuhkan waktu kita mau traveling tentu saja tergantung seberapa lama akan berwisata. Tapi menurut pengalaman traveler terkenal, usahakan membawa lebih. Apalagi berkunjung ke daerah terpencil, susah ada ATM.

Sebelumnya wajib hitung dengan detail demi menghindari kekurangan kalau tidak menghitung kebutuhan dibiarkan. Lebih baik kelebihan karena sisa bisa ditabung kembali pada rekening Anda. Disini paling penting untuk biaya hidup.

3. Harga Tiket

traveling keliliing indonesia - Harga Tiket

Dalam kegiatan traveling keliling Indonesia, cek juga mengenai harga tiket. Tentu utamanya berupa transportasi yang mau Anda pakai saat itu. Perlu diketahui dana akan tergantung mau pakai alat transportasi apa.

Umumnya disarankan memilih yang membuat Anda nyaman saja. Misalnya memakai pesawat pasti sangat nyaman dari segi pelayanan maupun kesenangan. Meski tergolong mahal tapi sesuai sama layanan yang diberikan pada konsumen.

4. Hotel

traveling keliliing indonesia - Hotel

Jangan lupa memilih hotel dengan ruangan luas supaya pandangan bebas. Karena lebar cenderung lebih mahal, maka boleh satu kamar bersama teman untuk menghemat. Boleh memesan 2 kasur apabila tidak nyaman.

Memesan hotel usahakan dari jauh hari agar tidak repot harus mencari-cari dalam waktu singkat. Disini lebih baik Anda memakai aplikasi pemesanan saja. Selain dapat menemukan hotel terbaik, menghindari kehabisan room.

Membuat Jadwal dan Wajib Diikuti

Disini selanjutnya Anda perlu untuk membuat jadwal perjalanan lengkap. Sebelumnya disesuaikan seberapa lama mau mengunjungi suatu daerah. Selain itu perhitungkan berapa objek wisata dan uang yang diperlukan. Misalnya saja mau berkunjung ke Yogyakarta dalam waktu 2 hari satu malam. Maka pastinya mencari hotel murah saja. Perlu diketahui kalau banyak yang terjangkau tapi fasilitas lengkap sehingga perlu dipilih.

Misal selanjutnya bakal ditambah berkunjung ke 3 tempat seperti Borobudur, Malioboro atau Taman kota. Pastinya perhitungan mudah dilakukan. Nantinya jadwal diikuti dengan mudah karena sudah tahu mana tempat kunjungan. Kegiatan traveling keliling Indonesia sendiri lebih mudah dilakukan terutama oleh orang lokal. Apalagi sebab utamanya karena berbagai tata cara dilakukan secara tradisional. Menggunakan teknik yang pasti mudah dimengerti semua orang.

Perlu diketahui kalau Anda wajib supaya ikuti semua jadwal yang sudah dibuat. Hal ini tujuan utamanya supaya menghindari penambahan uang dalam kebutuhan lain. Selain itu nantinya tidak perlu melebihi waktu. Setelah memutuskan menyewa room hotel, kita punya waktu checkout dari hotel. Tidak boleh melebihi meski kegiatan kita belum berakhir waktu itu. Kalau terlalu lama tidak datang lagi malah diusir.

Berbahaya jika menambahkan jadwal lain, terutama karena uang untuk kegiatan lain malahan dipakai. Contoh lainnya membeli barang oleh-oleh terlalu mahal. Malahan tidak menyangka uang transportasi pulang ke rumah terpakai. Hal ini penting dilakukan terutama oleh traveler pemula dengan pengalaman sedikit. Jangan pernah malu membuat schedule asalkan berjalan dengan sempurna. Nantinya kalau sudah berpengalaman bisa bebas menentukan tanpa jadwal.

Mengetahui Kondisi Daerah Tujuan Wisata

Cari tahu kondisi dari daerah yang mau dikunjungi adalah tips lain membuat Anda tetap aman. Apalagi tidak menutup kemungkinan setiap daerah Indonesia punya karakteristik masyarakat berbeda. Jangan semua dianggap buruk. Misalnya saat mengunjungi Medan di mana orang tergolong keras dalam berbicara maupun berperilaku. Hal ini kemudian menganggap kalau orang lokal sana itu tidak baik. Tentu hanya ekspresi natural saja.

Begitu juga saat mengunjungi wisata daerah pedalaman untuk traveling keliling Indonesia berupa alam. Mungkin bakal bertemu dengan orang suku dari hutan. Harus tahu bagaimana tata cara berperilaku supaya dapat diterima. Tentu harus menjaga sopan santun saat mengunjungi daerah lain perlu kita laksanakan selalu. Kalau sopan dan menjaga adan, maka bakal disambut dengan baik. Bahkan diberi bantuan jika mengalami kesulitan.

Selain mempelajari karakteristik orangnya, pelajari tentang daerahnya. Misalnya memiliki tingkat kejahatan tinggi atau tidak. Hal tersebut wajib diketahui dulu demi menghindari masuk ke wilayah cukup berbahaya seperti rawan kejahatan.

Banyak cerita orang tidak tahu kalau tempat yang dikunjungi cukup berbahaya. Ditambah hanya datang sendiri sehingga menambah risiko buruk pada diri sendiri. Jadi, tidak salah menyewa guide atau orang lokal. Hal ini sama jika mau mengunjungi hutan atau taman wisata suatu wilayah. Di mana umum terdapat hewan liar dan tidak bisa dikendalikan dengan mudah. Pastinya tidak boleh dihadapi sendiri.

(Baca Juga: 13 Tips Wisata Saat Puasa dengan Suasana Berbeda)

Siapkan Peralatan dan Packing Penting

Siapkan berbagai peralatan penting termasuk paling utama untuk Anda lakukan juga. Paling utama disini berupa baju dan celana yang mencukupi sesuai hari berwisata. Jangan lupa pakai sepatu dan membawa sandal. Selain itu penting membawa peralatan mandi sendiri seperti sabun sampo pasta gigi. Meski disediakan di hotel, tetap bagus menyiapkan sendiri. Hal ini juga sama dengan pentingnya menyiapkan parfum supaya wangi.

Jangan lupa aksesoris juga penting demi membuat kita seperti seorang traveler berkelas. Tidak perlu mahal, barang biasa saja bisa membuat penampilan luar biasa. Misalnya saja topi dan kacamata hitam. Tentu meski kita mau bersantai sambil traveling keliling Indonesia, penampilan harus tetap kece. Pakaian wajib bagus tapi santai atau tidak merepotkan. Kalau ditambah sama aksesoris, maka tambah keren saat difoto.

Selanjutnya dari segi packing harus maksimal terutama jika hanya membawa satu tas. Agar muat dengan baik, maka pakaian wajib digulung biar tidak memakan tempat. Kurang lebih sama saat mau camping.

Usahakan kalau perjalanan cukup lama, wajib membawa koper tapi tidak terlalu besar. Apalagi pasti berguna sebagai tempat menyimpan baju lebih banyak. Hasilnya tidak perlu beli disana dan menghemat pengeluaran. Terlebih harus mencuci pakaian yang sebelumnya sudah dipakai. Kalau dibiarkan begitu saja tanpa dicuci pasti besoknya kita kehabisan pakaian bersih. Bakal enak jika memiliki mesin cuci portable untuk kebersihan pakaian.

Tahu Cara Menikmati Kegiatan Liburan

Wajib bersantai adalah salah satu poin penting bagi seorang traveler. Maka dari itu sebelum berangkat harus ketahui bagaimana cara menikmati kegiatan liburan. Di mana poin utamanya tidak boleh memikirkan pekerjaan. Tujuan utama berlibur adalah merefresh pikiran dari segudang kegiatan menguras tenaga. Alasan ini pasti dapat membuat pikiran Anda mampu menghindari emosi. Kalau perlu perbanyak komunikasi supaya pikiran stres bisa keluar.

Sampai sekarang komunikasi merupakan salah satu cara kita menghilangkan stres menurut dokter atau psikologi. Jadi, jangan hanya diam waktu berlibur. Malahan ini waktunya berbicara dengan orang lokal. Pada waktu kita traveling keliling Indonesia, hindari terlalu banyak memakai gadget karena memakan waktu. Malahan tidak fokus dan hanya bermain smartphone setiap saat. Kegiatan menyenangkan yang sebelumnya direncanakan malah gagal.

Kalau mau dipakai tidak masalah, tapi hanya dalam kepentingan yang benar-benar utama saja. Jadi, perlu buat Anda meyakinkan diri agar hindari internet dulu. Apalagi internet punya kekuatan membuat fokus teralihkan. Sementara itu usahakan kalau mau mengambil foto, pakai kamera saja. Tidak perlu yang mahal asalkan mampu mengambil gambar dengan baik. Pasti dari segi hasil lebih bagus tanpa perlu menyentuh handphone. Jika akan upload ke media sosial bisa dilakukan setelah pulang dari tempat wisata. Disini bisa dilaksanakan sambil istirahat setelah mandi atau makan malam. Pasti lebih pintar memilih foto terbaik.

 

Semua tips tersebut sebenarnya umum dipakai oleh para traveler dari seluruh dunia. Apalagi gunanya sudah terbukti membuat kegiatan berwisata lebih lancar. Terlebih traveling keliling Indonesia bisa saja dilakukan hanya sekali.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts