Rencana Kunjungi Wisata Medan, Simak Caranya Berikut!

Seperti daerah lainnya di Indonesia, wisata Medan juga menyediakan pilihan yang tidak ada habisnya jika Anda berencana berlibur ke sana. Selain terkenal akan keragaman budaya dan kemajuan kotanya, banyak juga kawasan apik untuk dinikmati saat musim libur. 

Mulai dari kawasan bertema alam hingga sejarah masa lalu, turis memiliki pilihan beragam untuk disinggahi. Untuk makanan dan keunikan penduduk maupun kebudayaannya, Medan tentu akan menjadi tempat penuh kesan Anda jika menghabiskan beberapa hari di kota ini. 

Ibukota Sumatera Utara ini adalah pusat keanekaragaman budaya, suku dan kumpulan kekayaan khas Sumut. Kuliner misalnya, setiap suku baik asli Sumut maupun budaya lainnya bahkan dari luar Indonesia tidak ada habisnya untuk dinikmati. 

Dengan banyaknya wisata di Medan maupun kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di sini, tampaknya cukup membingungkan jika pertama kali melancong ke sana. Bagaimana untuk membuat pengalaman liburan Anda jauh lebih berkesan, simak penjelasan berikut.

Kawasan Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

Namanya datang berlibur, otomatis Anda akan menentukan beberapa tempat atau kawasan apa saja yang paling layak dikunjungi terlebih dahulu. Meskipun sangat banyak pilihan, pengunjung harus menyaring tujuan terbaik agar liburan lebih menyenangkan.

Di Medan sejak ribuan tahun lalu memang terkenal sebagai lokasi transit berbagai pedagang dari luar negeri dan banyak dijadikan pusat perdagangan. Ini menjadikan wisata Medan banyak menyimpan peninggalan kejayaan bersejarah masa lalu. 

Tjong A Fie Mansion

wisata medan - Tjong A Fie Mansion

Tempat-tempat bersejarah yang banyak dikunjungi dan eksotis ini, cocok bagi Anda jika penasaran dengan masa lalu Medan. Yang pertama ada Tjong A Fie Mansion yakni museum bekas rumah pedagang Tionghoa yang sudah berdiri sejak 1900. 

Istana Maimun

wisata medan - istana maimun

Selanjutnya ada Istana Maimun yakni peninggalan Kesultanan Deli zaman dahulu. Keunikannya ada pada struktur dan arsitek bangunannya yang merupakan kombinasi apik banyak kebudayaan, seperti Timur Tengah, Eropa, hingga Melayu. 

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner di Batam yang Wajib Kamu Cobain)

Gedung London

wisata medan - Gedung London

Gedung London yang juga salah satu wisata bersejarah, bangunan yang masih aktif beroperasi meskipun sudah berumur ratusan tahun. Kunjungan ke Kuil Shri Mariamman juga tidak kalah berkesan, di Kampung keling yakni kawasan berpenduduk keturunan asli India. 

Vihara Gunung Timur

wisata medan - Vihara Gunung Timur

Datang ke Vihara Gunung Timur untuk melihat kekayaan wisata Medan akan berbagai etnis. Ini adalah tempat ibadah keturunan Tionghoa di Medan dan sudah berdiri ratusan tahun. Graha Santa Maria Velangkanni, gereja unik karena arsiteknya seperti tempat ibadah orang Hindu. 

Taman Buaya Asam Kumbang

wisata medan - Taman Buaya Asam Kumbang

Untuk wisata alam, Anda dapat mengunjungi Taman Budaya Asam Kumbang yang menangkarkan ribuan buaya muara, ini termasuk penangkaran terbesar buaya di Indonesia. Atau Kebun Binatang Medan, Anda bisa menyaksikan hewan langka Harimau Sumatera di sini.

Hairos Water Park

wisata medan - Hairos Water Park

Bagi yang suka bermain air, Anda boleh kunjungan ke Hairos Water Park dengan berbagai wahana airnya cocok untuk liburan bersama keluarga. Piknik atau memancing di tengah kota, maka mampirlah ke Danau Siombak, danau buatan yang cukup luas dengan tarif murah. 

Museum Rahmat

wisata medan - Museum Rahmat

Beberapa Museum yang unik juga ada di kota ini, Museum Rahmat atau dikenal juga dengan nama International Wildlife Museum & Gallery menarik untuk didatangi. Tempat ini berisi pameran ratusan spesies binatang dan sudah diawetkan, dari berbagai belahan dunia. 

Dan masih ada puluhan tempat yang menarik disinggahi ketika mengunjungi wisata Medan. Namun layaknya berkunjung, Anda akan cukup berkesan jika mendatangi beberapa lokasi di atas sembari menikmati kuliner khasnya, ini bahkan lebih banyak pilihan untuk dicoba. 

Cara Menentukan Penginapan di Medan

Selain objek wisatanya, Anda wajib merencanakan tempat penginapan nyaman sebelum berlibur. Medan sebagai kota maju, Anda tidak akan susah menentukan hotel atau penginapan aman dan nyaman di sini. 

Untuk itu, sebelum hari H kunjungan wisata Medan, Anda sebaiknya sudah melakukan pemesanan kamar agar lebih santai. Melalui berbagai aplikasi online, ini sudah bisa Anda lakukan dengan mudah. Terlebih banyak pilihan lengkap dengan keterangan fasilitasnya. 

Menentukan tempat terbaik, Anda sebaiknya melihat review mereka di internet, kemudian sesuaikan harga penginapan dengan budget. Memilih penginapan di kawasan pusat kota mungkin akan lebih nyaman, meskipun tarif lebih tinggi biasanya.

Nama seperti De’Tonga Hotel, Swiss-Berlin Medan, Emerald Garden International, Aryaduta Medan, hingga Cambridge Hotel Medan merupakan pilihan dengan kualitas terbaik mendukung wisata Medan Anda, sudah dapat dipesan mulai dari tarif 200 ribuan per malam. 

Jika Anda tidak terlalu memprioritaskan fasilitas dan layanan di penginapan, pilihan seperti guest house akan lebih cocok. Bisa menghemat banyak biaya, sehingga lebih banyak modal untuk belanja oleh-oleh nantinya. 

(Baca Juga: Daftar Makanan Khas Nusantara Ini Andalan di Daerahnya!)

Kuliner dan Membeli Oleh-oleh di Medan

Karena memang kaya budaya dan etnis, wisata Medan juga beragam makanan dan kuliner khasnya sangat wajib untuk dicoba. Kalau makanan hanya bertahan beberapa waktu, maka kalau sedang di Medan jangan lupa membawa buah tangan terkenal di sana. 

Pagi hari kuliner paling enak Medan untuk dinikmati ialah, lontong, mie balap hingga soto dengan cita rasa khasnya. Meskipun namanya umum, tetapi kuliner di Medan terkenal akan kekayaan rempah dan lebih unik rasanya. 

Untuk makan siang atau malam hari, Anda bisa coba lebih banyak menu lagi seperti sate Memeng, mie pangsit, mie sop, laksa, ubi tumbuk, nasi kentut, bihun bebek asie, dan masih banyak kuliner lainnya, Anda pasti tidak akan menolak rasanya. 

Jajanan ringan di sini juga tidak kalah banyak variannya, mulai dari martabak piring, ci cong fan, mie pecel, hingga minuman es pokat, teh susu telur serta berbagai olahan makanan lainnya. Anda bisa berkunjung ke Pagaruyung atau Jalan Semarang untuk wisata kulinernya.

Oleh-oleh paling terkenal saat melakukan wisata Medan adalah, Bika Ambon, Bolu Meranti, Lapis Legit, Roti Ganda, Pancake Durian, hingga Pia Tamiang. Pusat oleh-oleh seperti Y’C Medan, Jalan Kruing, Jalan Mojopahit, dan Dekranasda Kota Medan lengkap buah tangan ini. 

Tidak sah rasanya jika di Medan, khususnya pecinta durian tidak berkunjung ke Durian Ucok. Di sini tersedia durian serta berbagai olahannya, buah duriannya kebanyakan datang dari petani di Sumatera Utara langsung. Bisa bawa pulang juga durian kupas dan olahannya. 

Sementara oleh-oleh khas daerah Sumatera Utara juga cocok jadi tentengan Anda di akhir melakukan wisata Medan. Kacang sihobuk, kopi Sidingkalang, sirup Markisa, Lemang, dan beberapa makanan ringan berupa keripik hingga manisan buah. 

Selain makanan, oleh-oleh lainnya yang unik di Medan ialah kain Ulos. Ini adalah kain Batak yang sekarang sudah banyak dibuat jadi pakaian. Jadi Anda bisa beli kainnya atau pakaian dari bahan Ulos sebagai tanda Anda kunjungan ke Medan. 

Alternatif Wisata Lain di Sekitar Medan 

Kota Medan itu hanya satu kota dan merupakan sebagian kecil dari wilayah Sumatera Utara. Di sekitarnya masih ada ratusan objek wisata untuk dikunjungi serta keindahannya juga tidak akan mengecewakan Anda. 

Jika Anda punya cukup banyak waktu liburan di Medan, maka jangan sampai kelewatan melancong ke daerah dekat sana. Kawasan Danau Toba dan sekitarnya adalah salah satu kawasan wisata alam serta budaya paling terkenal di Sumatera Utara. 

Banyak aktivitas dan objek wisata terkenal selain wisata Medan di sana, karena luas Danau Toba yang sangat besar. Dengan Pulau Samosir di tengahnya serta beberapa kabupaten lainnya yang mengelilingi danau vulkanik dan elegan ini. 

Tujuan paling banyak dikunjungi ialah Parapat, Tomok dan Pulau Samosir, Balige, dan masih banyak spot keren yang menampilkan keindahan Danau Toba sebagai latarnya. Secara umum, liburan di kawasan ini melayani pengunjung dengan keaslian alamnya.

Anda bisa bermain di pantai, piknik, wisata, bersantai, belanja, dan banyak kegiatan menarik lainnya untuk dilakukan. Terlebih bagi orang di luar Sumut, kunjungan ke sini lebih mudah karena bandara Silangit hanya perlu 2 sampai 3 jam perjalan ke Danau Toba. 

Daerah yang lebih dekat wisata Medan untuk alternatif liburan seru lainnya bisa berkunjung ke kawasan Berastagi. Di sini tersedia perkebunan buah-buahan serta hamparan alam nan sejuk. Anda bahkan bisa coba mendaki gunung Sinabung dan Sibayak kalau pecinta gunung.

Di lereng gunung nya juga ada banyak lokasi indah dan sangat layak untuk mampir berlibur di sana. Salah satu yang terkenal ialah Danau Lau Kawar, dengan keindahan airnya serta pemandangan sekitar yang tidak kalah mempesona. 

Masih bertema alam, Anda akan kagum dengan keindahan Air Terjun Sipiso-piso lengkap dengan hamparan pemandangan alam tanah Karo nan cantik. Atau ke Danau Linting yakni danau air panas yang indah dengan warna hijau karena kandungan belerangnya cukup tinggi. 

Sumatera Utara juga berbatasan dengan laut, sehingga berlibur ke pantai dan pulau cantik bisa Anda lakukan di sini. Pulau Nias dan beberapa pulau kecil di daerah Sibolga menyediakan pantai yang layak dikunjungi untuk melengkapi wisata Medan Anda meskipun sedikit jauh.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts