Destinasi Wisata Salatiga yang Memanjakan Mata 

wisata salatiga

Saat berkunjung ke daerah Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencoba berbagai wisata Salatiga yang cukup beragam. Dari mulai pemandangan alamnya sampai tempat-tempat kece yang kini dibangun untuk menarik minat pengunjung dari daerah sampai mancanegara. 

Salatiga merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan memiliki segudang wisata meski dirasa kota ini tidak memiliki ukuran terlalu besar. Bahkan banyak wisata di kota Salatiga yang masih tersembunyi. 

Bahkan belum dijamah oleh orang-orang, hingga pesona tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat sekitar. Di kota Salatiga, Anda akan menemukan banyak sekali spot-spot untuk mengabadikan foto-foto untuk dipasang di media sosial milik kamu. 

Bahkan tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman seru sampai ilmu baru dari wisata bangunan bersejarah yang masih dijaga sampai saat ini oleh pemerintah Kota Salatiga. 

Kota ini memang jarang terdengar untuk menjadi destinasi wisata yang kurang populer. Karena dekat dari kota ini ada Ibu Kota Jawa Tengah yaitu Semarang dengan wisatanya. 

Akan tetapi Anda tidak boleh menyepelekan wisata di Salatiga yang menawarkan cukup banyak pilihan wisata untuk dikunjungi, bahkan rasanya tidak cukup satu hari untuk mengunjunginya. 

Wisata Salatiga yang Bersejarah dan Wajib Dikunjungi 

Indonesia memang dikenal dengan negara yang memiliki sejarah panjang dengan peninggalan sejarahnya juga cukup populer. Bahkan beberapa diantara bangunan tersebut dikenal masyarakat luas. 

Bahkan sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara seperti bangunan candi yang ada di daerah Yogyakarta. Di bawah ini adalah beberapa bangunan dan peninggalan sejarah yang ada di kota Salatiga. 

Prasasti Plumpungan 

wisata salatiga - Prasasti Plumpungan

Prasasti merupakan peninggalan sejarah berbentuk benda padat yang menjadi sebuah penanda bagi para masyarakat sekitar. Wisata Salatiga yang pertama bisa Anda kunjungi adalah Prasasti Plumpungan berlokasi di lereng timur Gunung Merbabu. 

Dengan panjang 170 cm, lebarnya 160 cm, dengan adanya garis lingkar sepanjang 5 meter. Umur dari prasasti ini yaitu sudah mencapai sekitar 1264 tahun, dimana angka tahun pembuatan prasasti ini yaitu 750 Masehi. 

Ada cerita panjang dari prasasti yang ditulis dalam dua bahasa ini yaitu Bahasa Sansekerta dan Bahasa Jawa Kuno mengenai keterangan dari bebas pajak berbentuk tanah perdikan. 

Museum Kereta Api Ambarawa

wisata salatiga - museum kereta api ambarawa

Dari sebuah bangunan bersejarah atau peninggalan sejarah, Anda tidak hanya mendapatkan ilmu baru mengenai sejarah di Indonesia, namun juga Anda bisa mendapatkan foto-foto baru seperti saat mengunjungi salah satu wisata Salatiga yaitu Museum Kereta Api Ambarawa.

Di Museum ini akan menemukan koleksi dari perkeretaapian dari masa Hindia Belanda sampai pada masa pra kemerdekaan RI. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati perjalanan wisata dengan kereta api lokomotif penariknya yaitu jenis uap. 

(Baca Juga: Alasan Jawa Timur Menjadi Pilihan Terbaik untuk Wisata)

Candi Klero 

wisata salatiga - Candi Klero

Kebanyakan candi yang merupakan bangunan bersejarah tidak ditemukan lokasinya dengan mudah, sama seperti Candi Klero. Lokasi dari Candi Klero ini tepatnya yaitu di dusun Ngentak, Desa Klero. 

Candi Klero ini merupakan peninggalan Hindu yang dibuktikan dengan adanya alat upacara keagamaan berupa Yoni dan Arca Siwa. 

Cek Wisata Hits dan Kece di Salatiga Ini

Jika dengan mengunjungi wisata Salatiga dari segi bangunan dan peninggalan bersejarah masih belum cukup puas, maka Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke tempat-tempat hits di zaman sekarang. 

Tentu, tempat ini disukai oleh para pengunjung yang masih berusia muda, akan tetapi tetap masih cocok untuk para orang tua. Salah satu wisata yang hits untuk para anak muda adalah mendapatkan tempat terbaik mengambil gambar. 

Anak muda bisa langsung coba berkunjung ke bundaran jam kota yang ada di Sidorejo dan tidak perlu kesulitan untuk menemukan salah satu ikon dari kota Salatiga ini dengan menggunakan Google Maps. 

Mungkin bagi sebagian dari Anda bingung apa yang menjadi daya tarik dari bundaran jam kota tersebut. Bundaran jam kota merupakan sebuah tugu yang memiliki jam sebagai penanda waktu dengan dibuatnya sebutan untuk persimpangan Eropa sebagai penunjuk dari masing-masing jalan. 

Dimana nama jalan tersebut dibuat dengan nama Eropa. Wisata Salatiga selanjutnya untuk mendapatkan spot foto yaitu Kebun Bunga Bandungan yang letaknya sering membuat masyarakat salah paham. 

Hal tersebut dikarenakan tempat ini dekat daerah Semarang dan juga Salatiga, namun keduanya tidak saling menyalahkan karena hal tersebut kok. Disini Anda bisa mendapatkan banyak sekali spot foto terbaik. 

Seperti bunga-bunga cantik dan gedung yang sengaja dibuat untuk para pengunjung mengabadikan momennya. Harga tiket masuknya juga tidak mahal karena Anda cukup membayar Rp7.500 untuk bisa menikmati keindahan dari taman tersebut. 

Main-main dengan Alam Wisata Salatiga 

Siapa yang tidak suka dengan keindahan alam ciptaan Tuhan? Tentu semua manusia menyukai hal tersebut karena merasa kagum dan takjub. Bagi Anda pecinta alam bisa untuk mengunjungi daerah wisata alam di Kota Salatiga yang tidak kalah menarik dari wisata di atas. 

Pertama ada Tlogo Plantation yang berlokasi di Jalan Raya Tuntang-Beringin Km 2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah. Wisata Salatiga yang satu ini tidak hanya ramai pengunjung di hari libur. 

Bahkan ternyata di hari biasa tempat ini cukup dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai daerah. Ini karena tempat tersebut memiliki sensasi yang tenang dan sejuk untuk membuat tubuh lebih rileks seakan-akan kabur dari berbagai hiruk pikuk kota selama ini. 

Keindahan pesona Tlogo Plantation tidak ada duanya dan Anda juga bisa mendapatkan tour kebun kopi, kegiatan berkebun untuk anak-anak, bahkan juga disediakan resort untuk menginap. 

Kedua ada Gunung Merbabu yang menjadi pilihan tepat untuk para pendaki gunung ketika mampir dan berkunjung ke Kota Salatiga. Meski lokasinya tidak tepat di Kota Salatiga. 

Namun Gunung Merbabu ini memang lebih sering dikenal menjadi salah satu destinasi wisata Salatiga yang ramai pengunjung. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3145 mdpl. 

Sehingga cukup menantang untuk ditanjaki bersama teman-teman untuk mendapatkan pemandangan indah dari atas puncak. Jalur pendakian untuk sampai ke atas puncak dari gunung Merbabu juga cukup banyak yaitu ada sekitar 5 jalur pendakian. 

Bahkan di kaki gunung Merbabu juga terdapat desa wisata Tingkir Lor yang menarik untuk Anda kunjungi karena desa ini sejuk, asri, dan bahkan ada kesenian lokal bernama Drumblek. 

Kesejukan yang datang dari Gunung Merbabu memang memberikan kesan tersendiri bagi para masyarakat lokal maupun pengunjung ketika datang ke tempat ini. 

(Baca Juga: 7 Lokasi Wisata Cirebon ini Cocok untuk Piknik Keluarga)

Wahana Air Jadi Wisata yang Tidak Kalah Keren di Salatiga

Puas dengan merasakan berbagai wisata diatas, maka Anda perlu mencoba wahana air di kota Salatiga untuk melengkapi destinasi wisata Anda. Wahana air yang ada di kota Salatiga juga termasuk popular. 

Serta dijaga oleh masyarakat lokal untuk membuat pengunjung lebih nyaman ketika mampir ke tempat tersebut. Di bawah ini beberapa wisata Salatiga wahana air yang harus masuk daftar wisata saat Anda sedang berlibur.

Kolam Renang Kalitaman 

Kota Salatiga punya kolam renang yang cukup populer yaitu Kolam Renang Kalitaman dengan lokasi di Jl. Kalitaman, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. 

Kolam renang ini menjadi kolam renang paling tua yang ada di Kota Salatiga, namun tetap masih dirawat dengan sangat baik oleh penjaganya dan juga para pengunjung. 

Mata Air Senjoyo 

Tidak hanya wahana air buatan, Anda juga bisa merasakan sensasi bermain air alam di Mata Air Senjoyo. Pengalaman yang Anda dapatkan ketika mencoba tempat ini akan berbeda dibandingkan mandi di kolam air buatan. 

Karena mata air ini cukup sejuk untuk Anda nikmati dan bahkan ada banyak ikan yang akan berenang bersama Anda. Anda tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam untuk membayar harga masuknya. 

Karena dengan membayar parkir maka sudah bisa berenang di kolam mata air tersebut. Lokasi dari Mata Air Senjoyo ini yaitu Jl. Senjoyo IV, Kadipurwo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. 

Setiap lokasi dari destinasi wisata yang ada di Kota Salatiga tersebut tidak harus ditempuh terlalu jauh. Oleh karena itu biasanya para pengunjung dapat mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu hari untuk mendapatkan banyak pengalaman bahkan foto-foto indah dari berbagai destinasi wisata Salatiga tersebut. 

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts