Informasi Penting Seputar Deretan Makanan Penurun Kolesterol

Informasi Seputar Kolesterol - Makanan Penurun Kolesterol

Tak banyak yang tahu bahwasannya kadar kolesterol tinggi dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti Jantung Koroner, Diabetes hingga Stroke. Banyak sekali penyebab yang dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh ini meninggi. Tetapi ada berbagai cara untuk menurunkannya, seperti mengkonsumsi  beberapa makanan. Deretan makanan penurun kolesterol tersebut, akan kami kupas tuntas pada artikel ini.

Agar kadar kolesterol tetap stabil, tentu saja Anda harus mengkonsumsi  secara rutin beberapa makanan yang akan kami bahas di bawah. Terdapat berbagai macam makanan penurun kolesterol mulai dari sayuran, buah-buahan hingga camilan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Ini Dia Beberapa Penyebab Kadar Kolesterol Meningkat

Sebelum kita membahas soal deretan makanan penurun kolesterol, mari kita simak terlebih dahulu penyebab mengapa kolesterol bisa meningkat?. Jika kadar kolesterol dalam darah melampaui batas normal, maka kondisi tersebut sering disebut Hiperkolesterolemia atau lebih dikenal kolesterol tinggi. Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, jika kondisi kolesterol ini dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga : Masukkan Makanan Penambah Darah Ini ke Menu Makanan

Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi dalam organ hati dan lainnya didapatkan dari makanan. Nah salah satu penyebab kolesterol dapat meningkat karena mengkonsumsi  makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Selain itu seseorang yang jarang melakukan olahraga pun menjadi penyebab mengapa kolesterol meningkat. Pemicu kolesterol meningkat lainnya adalah faktor keturunan.

Deretan Makanan Penurun Kolesterol

Berikut akan kami berikan deretan makanan penurun kolesterol yang jarang diketahui oleh orang. Bila kolesterol Anda sedang meningkat, simak baik-baik ulasan di bawah ini:

Alpukat

Makanan Penurun Kolesterol

Deretan Makanan Penurun Kolesterol pertama ada alpukat, dengan mengkonsumsi  buah satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Perlu Anda ketahui jika dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol yakni Low Density Lipoprotein atau LDL, sering disebut kolesterol jahat. Kemudian ada juga High Density Lipoprotein atau HDL, sering kita sebut dengan kolesterol baik.

LDL berperan dalam membawa lemak ke seluruh tubuh, sedangkan HDL berperan mengembalikan kolesterol berlebih ke dalam hati. Nah, deretan makanan penurun kolesterol yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah alpukat. Karena alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, polifenol, dan nutrisi fitosterol. Maka dari itu alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang. 

Sayuran Hijau

Makanan Penurun Kolesterol

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya sayuran hijau itu kaya akan sejuta manfaat. Sayuran hijau seperti bayam, sawi dan kangkung memiliki kandungan antioksidan, serat, serta kalori yang rendah. Kalori yang rendah dapat mengontrol berat badan, sehingga bisa menghindari obesitas. Nah obesitas ini menjadi salah satu faktor penyebab seseorang menderita kolesterol tinggi.

Gandum Utuh atau Oatmeal

Makanan Penurun Kolesterol

Deretan makanan penurun kolesterol berikutnya adalah oatmeal atau gandum utuh. Oatmeal mengandung serat larut jenis beta glucan, yang memiliki peran sebagai penjaga kesehatan metabolisme tubuh. Dengan kata lain oatmeal yang mengandung gandum utuh ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Manfaat lain dari mengkonsumsi  gandum utuh yakni dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Jika Anda rutin mengkonsumsi  oatmeal sebagai menu sarapan pagi hari, bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Tak hanya itu oatmeal ini sering dijadikan pengganti nasi, bagi orang-orang yang menjalankan diet. Karena segudang manfaat inilah membuat oatmeal kini terkenal dikalangan masyarakat.

Dark Chocolate

Deretan Makanan Penurun Kolesterol

Deretan makanan penurun kolesterol berikutnya adalah coklat, terlebih lagi dark coklat. Dengan mengkonsumsi coklat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Karena coklat mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan, yang berkaitan dengan penurunan kolesterol tinggi.

Meskipun dalam hal ini coklat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tetap saja Anda harus mengkonsumsinya dalam batas wajar. Salah satu efek samping terlalu banyak mengkonsumsi  coklat adalah berat badan naik. Karena coklat menjadi salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi.

Ikan Tuna dan Ikan Salmon

Deretan Makanan Penurun Kolesterol

Ikan tuna dan salmon masuk ke dalam deretan makanan penurun kolesterol. Kedua ikan berlemak tersebut, memiliki kandungan omega-3 yang berperan baik dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Manfaat lain dari mengkonsumsi  ikan tuna dan ikan salmon, dapat melindungi kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah. Ternyata kedua ikan itu selain lezat, menyimpan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minyak Zaitun

makanan penurun kolesterol

Sama seperti alpukat, minyak zaitun ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Dimana dapat mengurangi kolesterol tinggi dan dapat mengurangi peradangan atau inflamasi pada arteri. Kandungan polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun, dapat meningkatkan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik dalam darah.

Buah Beri

makanan penurun kolesterol
Deretan makanan penurun kolesterol berikutnya adalah buah beri seperti blackberry, raspberry, dan strawberry. Buah-buahan tersebut dipercaya dapat menurunkan
ligh Density Lipoprotein atau kolesterol jahat. Zat polifenol yang terkandung dalam buah beri ini berperan sebagai antioksidan alami loh.

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, buah beri juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bila Anda memiliki kadar kolesterol dan kadar gula darah yang tinggi, maka tidak ada salahnya mengkonsumsi  buah beri ini. Selain rasanya yang begitu menyegarkan, rupanya buah beri ini kaya akan manfaat ya.

Buah Apel

makanan penurun kolesterol

Deretan makanan penurun kolesterol berikutnya adalah buah apel. Selain buah beri, buah alpukat, ternyata apel juga berperan baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah apel terutama bagian kulitnya mengandung zat pektin, yakni berupa serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Cara kerja serat larut ini dengan menyerap lemak dan kolesterol jahat dalam usus halus. Setelah proses penyerapan, selanjutnya kolesterol dan lemak jahat tersebut dikeluarkan melalui urin atau feses. Bila kolesterol Anda meningkat cobalah untuk mengkonsumsi  buah apel ini.

Baca Juga : Penting Untuk Disimak, Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Bawang

makanan penurun kolesterol

Bawang bombay dan bawang putih masuk ke dalam deretan makanan penurun kolesterol selanjutnya. Bawang bombay mengandung flavonoid yang dikenal sebagai quercetin, yang berperan sebagai zat antioksidan. Sehingga bawang bombay dapat membantu mencegah kolesterol yang menyumbat arteri.

Tidak mau kalah dengan bawang bombay, ternyata bawang putih pun dapat menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya itu bawang putih dapat mencegah penyumbatan di pembuluh darah, mengurangi tekanan darah dan membantu tubuh melawan infeksi. Meskipun banyak orang yang tidak menyukai bawang putih, nyatanya jenis bawang satu ini menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang-Kacangan

makanan penurun kolesterol

Selanjutnya yang masuk ke dalam deretan makanan penurun kolesterol adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti almond dan walnuts, bisa menjadi solusi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Info untuk Anda bahwa kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak sehat tak jenuh tunggal dan ganda.  

Selain itu kacang-kacangan memiliki kandungan lain seperti antioksidan, vitamin, serat, asam lemak dan omega-3. Sekedar info kandungan-kandungan tersebut berperan aktif dalam mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Dengan mengkonsumsi  makanan sehat dan bergizi seperti deretan makanan penurun kolesterol yang disebutkan di atas dengan seimbang. Hal tersebut bisa menjadi salah satu langkah alternatif dalam mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu kandungan lemak dalam makanan pun harus rendah, sebagai salah satu tahap pencegahan. 

Jika selama ini Anda mengkonsumsi  makanan-makanan yang tidak sehat, coba sekarang ubah kebiasaan bila ingin sehat. Selain itu jangan lupa untuk rutin berolahraga, tidak perlu olahraga berat tetapi olahraga ringan pun tak menjadi masalah. Kemudian hindarilah merokok dan juga jaga berat badan Anda agar tidak bertambah, jika perlu berdietlah. 

Langkah yang paling tepat ketika kondisi tubuh terasa tidak baik, segera periksa ke dokter. Memang melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi  makanan penurun kolesterol sangat baik, tetapi Anda juga perlu berkonsultasi kepada dokter. Karena kolesterol tinggi dalam darah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, perlu penanganan cepat karena berakibat fatal. 

Baik itu saja beberapa deretan makanan penurun kolesterol, yang rekomendasi untuk dicoba. Tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi  beberapa makanan yang kami sebutkan di atas, sebagai tahap berusaha. Namun kami tekankan sekali lagi, jika ternyata  kondisi Anda memburuk lebih baik segera hubungi dokter.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts